Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Madu merupakan nutrisi dari bahan alam yang sangat baik untuk kesehatan. Madu dihasilkan oleh sejenis hewan yaitu lebah yang menghisap sari makanan dari berbagai jenis tumbuhan. Dari sari makanan tersebut menjadi nektar yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan makanan untuk lebah. Mereka akan mengeluarkan bahan madu sebagai cairan yang mengandung enzim. Khasiat dari madu untuk kesehatan memang sudah sangat terkenal bahkan dapat mengobati berbagai penyakit. Tetapi apabila Anda ingin memberikan madu untuk bayi, maka mulailah saat sang bayi sudah berumur 1 tahun lebih. Karena pada periode inilah usia yang sangat aman untuk bayi menerima madu.

Berikut manfaat madu untuk bayi usia 1 tahun ke atas :

Membantu Tubuh Bayi Menjadi Lebih Berenergi dan Sehat

Bayi yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dapat memiliki aktivitas tubuh yang sangat banyak. Dengan memberikan madu untuk bayi berusia 1 tahun lebih maka dapat membantu energi tubuh supaya tetap terjaga. Madu yang mengandung gula alami sangat mudah untuk diserap oleh tubuh serta dapat dicerna dengan mudah.

Mengobati Batuk Pada Bayi

Bayi yang sedang terkena batuk dapat disembuhkan dengan madu. Memberikan madu akan membuat rongga pernafasan menjadi lebih lega. Selain itu juga dapat menghilangkan cairan dan sumber alergi yang menyebabkan sesak nafas pada bayi. Madu juga dapat membuat iritasi pada saluran pernafasan menjadi leih sehat dan bersih. Maka dari itu bayi yang sedang batuk dapat mencobanya dengan memberikan air hangat yang dicampur dengan madu. Atau Anda bisa memberikan lewat botol supaya si kecil lebih nyaman.

Melindungi Fungsi Hati

Fungsi hati pada bayi akan terus berkembang sesuai dengan usianya. Saat bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendukung ASI maka fungsi hati sang bayi pun akan menjadi lebih banyak bekerja. Madu dapat membuat fungsi hati menjadi lebih sehat karena dapat membantu untuk membuang racun dari dalam tubuh. Namun untuk bayi yang panas, madu juga dapat membersihkan sumber penyebab demam dengan cara alami dari dalam tubuh, karena madu juga bisa membuang racun sebagai efek dari pemberian obat kimia pada bayi.

Membantu Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Apabila bayi terluka maka dengan menggunakan madu juga bisa membantu dalam pembangunan jaringan yang lebih cepat pada luka. Karena hal ini terjadi madu yang berusaha memperbaiki jaringan dan sel yang telah rusak serta terluka. Sangat efektif jika madu dioleskan secara langsung pada bagian yang lukanya.

Membantu Melawan Alergi

Madu dapat melawan sumber penyebab alergi yaitu histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Madu bisa melawan peradangan yang menyebabkan alergi seperti yang membuat bayi mengalami eksim, biduran, gatal, bengkak pada wajah dan mata, serta penyakit saluran pernafasan.

Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Bagi bayi yang mengalami masalah pada tidurnya akibat merasa tidak nyaman, dapat diatasi dengan mengkonsumsi madu. Karena madu mengandung senyawa khusus yang akan membuat bayi lebih tidur nyenyak. Bahkan juga sangat efektif untuk orang dewasa. Madu bisa dijadikan sebagai minuman pengganti susu menjelang tidur, tapi juga jangan berlebihan.

Mengapa madu tidak aman untuk bayi baru lahir atau kurang dari 1 tahun?

Menurut berbagai ahli medis, madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi baru lahir atau kurang dari 1 tahun karena :

  • Disebabkan karena madu mengandung endospora aktif yang bisa menyebarkan pertumbuhan bakteri clostridium botulisme, yang dapat menyebabkan keracunan dan masalah pencernaan yang sangat buruk pada bayi. Infeksi tersebut sangat berbahaya untuk bayi bahkan dapat menyebabkan kematian. Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun ke atas, mereka sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik serta saluran pencernaan yang lebih sempurna. Untuk itu harus berhati-hati dalam pemberian madu pada bayi.
  • Bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dapat mengalami masalah alergi pollen dari madu. Pada kondisi ini juga dapat menjadi lebih buruk apabila bayi sudah bersifat alergi sejak lahir.

Untuk jenis madu yang aman pada bayi yaitu madu organik, karena madu tersebut benar-benar dikemas secra aman. Jangan berikan amdu yang baru saja dipanen karena dapat menyebabkan sakit akibat pengaruh bakteri pada bayi. Untuk madu yang dikemas didalam botol kaca akan lebih baik dibandingkan dengan kemasan botol plastik. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - May 19, 2017
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Selamat pagi,
Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

Dijawab Oleh : Siti Rohmah
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Marini Sjola Manoppo

Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

Perlu Jawaban