Manfaat Madu Untuk Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Madu merupakan nutrisi dari bahan alam yang sangat baik untuk kesehatan. Madu dihasilkan oleh sejenis hewan yaitu lebah yang menghisap sari makanan dari berbagai jenis tumbuhan. Dari sari makanan tersebut menjadi nektar yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan makanan untuk lebah. Mereka akan mengeluarkan bahan madu sebagai cairan yang mengandung enzim. Khasiat dari madu untuk kesehatan memang sudah sangat terkenal bahkan dapat mengobati berbagai penyakit. Tetapi apabila Anda ingin memberikan madu untuk bayi, maka mulailah saat sang bayi sudah berumur 1 tahun lebih. Karena pada periode inilah usia yang sangat aman untuk bayi menerima madu.

Berikut manfaat madu untuk bayi usia 1 tahun ke atas :

Membantu Tubuh Bayi Menjadi Lebih Berenergi dan Sehat

Bayi yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dapat memiliki aktivitas tubuh yang sangat banyak. Dengan memberikan madu untuk bayi berusia 1 tahun lebih maka dapat membantu energi tubuh supaya tetap terjaga. Madu yang mengandung gula alami sangat mudah untuk diserap oleh tubuh serta dapat dicerna dengan mudah.

Mengobati Batuk Pada Bayi

Bayi yang sedang terkena batuk dapat disembuhkan dengan madu. Memberikan madu akan membuat rongga pernafasan menjadi lebih lega. Selain itu juga dapat menghilangkan cairan dan sumber alergi yang menyebabkan sesak nafas pada bayi. Madu juga dapat membuat iritasi pada saluran pernafasan menjadi leih sehat dan bersih. Maka dari itu bayi yang sedang batuk dapat mencobanya dengan memberikan air hangat yang dicampur dengan madu. Atau Anda bisa memberikan lewat botol supaya si kecil lebih nyaman.

Melindungi Fungsi Hati

Fungsi hati pada bayi akan terus berkembang sesuai dengan usianya. Saat bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan pendukung ASI maka fungsi hati sang bayi pun akan menjadi lebih banyak bekerja. Madu dapat membuat fungsi hati menjadi lebih sehat karena dapat membantu untuk membuang racun dari dalam tubuh. Namun untuk bayi yang panas, madu juga dapat membersihkan sumber penyebab demam dengan cara alami dari dalam tubuh, karena madu juga bisa membuang racun sebagai efek dari pemberian obat kimia pada bayi.

Membantu Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Apabila bayi terluka maka dengan menggunakan madu juga bisa membantu dalam pembangunan jaringan yang lebih cepat pada luka. Karena hal ini terjadi madu yang berusaha memperbaiki jaringan dan sel yang telah rusak serta terluka. Sangat efektif jika madu dioleskan secara langsung pada bagian yang lukanya.

Membantu Melawan Alergi

Madu dapat melawan sumber penyebab alergi yaitu histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Madu bisa melawan peradangan yang menyebabkan alergi seperti yang membuat bayi mengalami eksim, biduran, gatal, bengkak pada wajah dan mata, serta penyakit saluran pernafasan.

Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Bagi bayi yang mengalami masalah pada tidurnya akibat merasa tidak nyaman, dapat diatasi dengan mengkonsumsi madu. Karena madu mengandung senyawa khusus yang akan membuat bayi lebih tidur nyenyak. Bahkan juga sangat efektif untuk orang dewasa. Madu bisa dijadikan sebagai minuman pengganti susu menjelang tidur, tapi juga jangan berlebihan.

Mengapa madu tidak aman untuk bayi baru lahir atau kurang dari 1 tahun?

Menurut berbagai ahli medis, madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi baru lahir atau kurang dari 1 tahun karena :

  • Disebabkan karena madu mengandung endospora aktif yang bisa menyebarkan pertumbuhan bakteri clostridium botulisme, yang dapat menyebabkan keracunan dan masalah pencernaan yang sangat buruk pada bayi. Infeksi tersebut sangat berbahaya untuk bayi bahkan dapat menyebabkan kematian. Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun ke atas, mereka sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik serta saluran pencernaan yang lebih sempurna. Untuk itu harus berhati-hati dalam pemberian madu pada bayi.
  • Bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dapat mengalami masalah alergi pollen dari madu. Pada kondisi ini juga dapat menjadi lebih buruk apabila bayi sudah bersifat alergi sejak lahir.

Untuk jenis madu yang aman pada bayi yaitu madu organik, karena madu tersebut benar-benar dikemas secra aman. Jangan berikan amdu yang baru saja dipanen karena dapat menyebabkan sakit akibat pengaruh bakteri pada bayi. Untuk madu yang dikemas didalam botol kaca akan lebih baik dibandingkan dengan kemasan botol plastik. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - May 19, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Novita dwi

Halow, saya mau tanya masalah masa subur
Bln desember 2017 haid tgl 15
Bulan januari 2018 haid tgl 8
Tgl 21 januari 2018 menikah
Bulan februari 2018 haid tgl 3
Bulan maret 2018 haid tgl 1

Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
Mohon di jawab terimakasih..

Dijawab Oleh : Novita dwi
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

Dijawab Oleh :