Manfaat Main Bersama Bagi Tumbuh Kembang Anak

Periode emas atau golden age yaitu usia anak dibawah 5 tahun dan merupakan sebuah proses anak mengalami perkembangan otak mencapai 80% dan terjadi satu kali seumur hidup anak. Pembinaan yang tepat sangat disarankan untuk mendapatkan perkembangan baik secara emosional, mental, sosial, intelektual dan juga moral. Dengan demikian anak akan memiliki sikap dan pola perilaku seseorang di kemudian hari.

Sebagai orang tua, Anda bisa mendidik anak dengan sebuah mainan, namun alangkah baiknya mainan yang langsung berinteraksi dengan alam dan teman sebayanya. Karena, berikut ini manfaat main bersama bagi tumbuh kembang anak.

Manfaat Main Bersama Bagi Tumbuh Kembang Anak

Membangun imajinasi
Ketika ibu membiarkan anak bermain bersama, maka si anak dapat menuangkan segala imajinasi dan kreativias mereka. Selain itu, akan lebih baik juga jika Anda mengajak anak secara rutin untuk dapat berpartisipasi dalam suatu kelompok bermain. Dalam kelompok bermain, anak-anak dapat saling belajar satu sama lain. Tidak hanya itu, tingkat imajinasi dan kreativitas anak juga akan lebih berkembang jika bermain bersama. Dengan daya imajinasi yang tinggi, maka anak Anda dapat tumbuh menjadi pribadi yang dapat memegang peranan di masyarakat dan memiliki pemikiran yang luas.

Mengembangkan keterampilan sosial
Dengan membiarkan anak bermain bersama, maka buah hati Anda akan menjadi seorang pribadi yang berani tampil dan dapat membangun hubungan di luar keluarga mereka. Keterampilan sosial yang meningkat juga dapat meningkatkan kemampuan komunitas anak. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar untuk bernegosiasi ketika dihadapkan pada suatu masalah yang timbul, memperbaiki masalah tersebut dengan solusi dan berpikir kritis. Keterampilan ini juga dapat membangun anak untuk menjadi seorang pemimpin.

Pertumbuhan fisik
Dengan bermain bersama, hal ini dapat membantu menstimulasi anak sehingga sangat baik untuk pertumbuhan fisiknya. Selain itu, bermain bersama juga dapat membantu melatih keterampilan motorik kasar seperti berlari, melempar, dan mengayuh. Kemudian, ketangkasan anak juga akan berkembang dan akan terbawa ke kehidupannya sehari-hari, sehingga anak Anda menjadi lebih aktif.

Membantu kerja emosi anak
Anak-anak yang belum mampu mengungkapkan perasaan dan emosi lewat kata-kata, maka akan lebih mengungkapkannya melalui gerakan fisik, bercerita, kegiatan seni atau lainnya. Saat bermain bersama, anak Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman, tidak hanya pengalaman menyenangkan, namun juga menyakitkan bahkan sulit untuk dimengerti.

Maka, dengan meninjau pengalaman-pengalaman anak, sehingga dapat membantu mereka untuk mengenali emosi diri mereka sendiri.

Nah, jadi bagi orang tua jangalah mengekang anak dengan cara tidak boleh bermain di luar, atau bermain dengan teman sebanya. Karena, hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat dan bagi Anda yang ingin berkonsultasi, silahkan konsultasikan ke situs kami tanya bidan. Terimakasih

Citra Dewi Amd.Keb - March 2, 2017
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
laceyu4030243

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : laceyu4030243

Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat sore buk,,
saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

Dijawab Oleh :