Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Pada Bayi

Selamat datang di webiste Bidan Online, situs kesehatan yang mengupas berbagai informasi seputar bayi, balita, ibu hamil dan menyusui. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Manfaat Memberikan ASI Ekslusift Pada Bayi. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

Tidak ada asupan yang lebih baik selain ASI untuk si kecil yang di produksi sendiri karena mengandung nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi seperti protein, vitamin dan lemak. Bentuknya juga lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu formula.


Manfaat Memberikan ASI Ekslusif Pada Bayi

Tidak hanya pada bayi, ASI Ekslusif juga sangat bermanfaat untuk Anda dan berikut di bawah ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh si kecil dengan mengkonsumsi asi ekslusif diantaranya :

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Air susu ibu mengandung zat antibodi yang dapat melawan segala jenis bakteri dan virus sehingga resiko untuk terserang penyakit seperti infeksi telinga, diare, infeksi saluran pernapasan, konstipasi dan berkembang menjadi pengidap diabetes 2 atau lebih dikenal dengan meningitis yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi yangn tidak diberikan ASI ekslusif. Antibodi dari ibu juga mampu melindungi bayi dari serangan asma, eksim dan alergi.

Menambah Kecerdasan Otak

Salah satu cara yang efektif, alami dan sangat mudah yaitu dengan memberikan ASI Ekslusif dimana berdasarkan banyak penelitian para ahli asam lemak yang terdapat pada air susu ibu mengandung peranan yang penting dan sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak bayi. Tidak hanya itu saja, hubungan emosional antara Bunda dan Si Kecil juga bisa terjadi saat proses menyusui.

Menghasilkan Berat Badan Ideal

Dengan memberikan ASI Ekslusif maka memberikan peluang besar lebih banyak. Sudah banyak para ahli yang mengemukan bahwa ASI eksklusif mengandung sedikit insulin dibandingkan dengan susu formula berbeda dengan insulin yang bisa memicu pembentukan lemak. Oleh karena itu, ASI tidak menimbulkan pembentukan lemak. Selain itu juga dengan diberikan ASI eksklusif akan memiliki leptin atau hormon yang berperan penting pada bayi untuk mengatur nafsu makan dan metabolisme.

Menguatkan Tulang Bayi

Manfaat asi eksklusif lainnya yaitu bisa menguatkan tulang pada bayi, karena bayi yang diberikan asi eksklusif selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang leher dan tulang belakang yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberikan ASI kurang dari jangka waktua tiga bulan atau bahkan tidak sama sekali.

Mendapatkan Tambahan Kolesterol

Jika pada orang, kolesterol biasanya menjadi asupan yang tidak baik berbeda dengan bayi. Kolesterol sangat diperlukan untuk bayi agar bisa tumbuh kembang dan zat yang satu ini banyak ditemukan pada ASI.

KB Alami

Jika Anda memberikan ASI Eksklusif maka bisa menghambat Ovulasi dan untuk mendapatkan manfaatnya maka Anda disarankan untuk menyusuinya kapanpun saat si kecil membutuhkannya.

Resiko Terkena Kanker Menurun

Dan yang terakhir manfaat dari memberikan ASI Eksklusif pada bayi yaitu menurunkan resiko kanker. Meksipun hal ini belum di ketahui secara pasti namun dengan menyusui maka bisa mengurangi sejumlah resiko kanker payudara atau ovarium. Bahkan menurut sejumlah penelitian, semakin lama menyusui maka semakin lama terlindung dari penyakit ini dan hal ini yang memungkinkan Anda agar bisa menekan produksi hormon estrogen.

Baca Artikel Lainnya :

Citra Dewi Amd.Keb - November 24, 2017
Diskusi Dari:
Wiwin Kusmawati

Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tivaa Rachmawati Putri

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya