Manfaat Mendengarkan Musik Pada Bayi

Manfaat Mendengarkan Musik Pada Bayi – Mungkin sudah banyak yang kita dengar bahwa mendengarkan musik memang memiliki manfaat, salah satunya adalah bermanfaat untuk perkembangan bayi yang baru lahir. Mendengarkan musik sebanyak minimal tiga kali sehari yaitu pada waktu pagi saat ia bangun tidur, pengantar tidur siang, sampai sebagai senandung pengantar tidur malamnya.

Manfaat mendengarkan musik bagi bayi tidak hanya untuk kesehatannya saja, tetapi juga untuk kesehatan mentalnya dan juga perkembangan otak atau kognitifnya. Menurut penelitian oleh sejumlah ahli dan telah dibuktikan bahwa mendengarkan musik pada bayi sangat bermanfaat, dan musik yang disarankan adalah musik klasik, jadi tidak sembarangan musik. Dan menurut Dr Brent Logan bahwa mengajak bayi untuk mendengarkan musik akan membuat sang bayi mengenali dentuman dan juga pola musik pada otak mereka, serta musik juga membantu dalam perkembangan detak jantung dan juga fisik bayi.

Berikut beberapa manfaat musik pada bayi, diantaranya :

1. Membantu Bayi Belajar Sejak Dini

Menurut Dr Logan telah menjelaskan bahwa dari nada dan irama yang telah didengarkan pada bayi akan membuat bayi mengenal prinsip persepsi dan juga penalaran dasar seperti pengulangan, pergantian, dan juga perbandingan. Irama musi yang telah terbukti juga mampu untuk menstimulus bayi supaya bayi senang untuk bergerak. Dari musik klasik memang menjadi suatu hal yang penting dalam perkembangan bayi tersebut.

2. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Musik dapat membantu perkembangan otak pada bayi dalam hal untuk menerima informasi. Dari kemampuan ini kelak yang akan mempengaruhi dari keterampilan dalam berkomunikasi.
Menurut Coulter juga memberikan pernyataan bahwa sebuah permainan yang melibatkan musik maka akan lebih cepat untuk meningkatkan keterampilan dalam berbahasa anak, sekaligus untuk menambah secara cepat dalam kosakatanya, dan kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang mampu untuk mengorganisasikan ide serta cepat dalam memecahkan masalah.

3. Memiliki Pencernaan lebih Baik

Pada bayi yang terekspos musik alan mempunyai pencernaan yang lebih baik, dikarenakan adanya rasa rileks yang telah diterima. Dan berdampak efisiensi metabolisme meningkat dan akhirnya berat badannya pun akan lebih meningkat.

4. Meningkatkan Kemampuan Matematika

Menurut hasil dari penelitian psikolog Fran Rauscher dan Gordon Shar bahwa ada kaitan cukup erat dengan bermusik yang penguasaan level matematikanya yang tinggi.

Itulah manfaat dari mendengarkan musik pada bayi. Untuk itu dengan mendengarkan musik pada bayi maka akan terhindar dari suatu tekanan. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - March 3, 2017
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

Dijawab Oleh : Fitriyan Tng
Diskusi Dari:
Disa Khaerunisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

usg belum terlihat kantung janin

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban