Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu HamilBidan Online,- Menginjak trimester kedua dan ketiga tentunya menjadi momen membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Namun dibalik itu sering kali ibu hamil merasakan berbagai keluhan salah satunya yaitu kondisi kaki yang bengkak. Ya pembengkakan kaki pada ibu hamil memang bukan hal yang baru lagi. Diketahui banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil seperti faktor hormon, aliran darah yang terhambat akibat pembesaran perut, hingga adanya kelebihan cairan pada tubuh ibu hamil.

Akibat dari kondisi ini tentunya para ibu hamil biasanya akan merasakan ketidaknyamanan saat berjalan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? apakah dengan merendam kaki di air hangat dapat membantu meringankan gejalanya? simak ulasan lengkapnya disini.

Saat hamil tentunya penggunaan produk obat hingga produk perawatan kulit haruslah di lakukan dengan sangat selektif. Maka dari itu ibu hamil lebih di sarankan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti pembengkakan kaki secara alami. Nah merendam kaki dengan air hangat nyatanya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Bukan hanya isapan jempol semata bahkan banyak para ahli menyarankan ibu hamil untuk rutin merendam kaki dengan air hangat. Nyatanya meredam kaki tidak hanya dapat mengatasi kaki bengkak saja namun juga membuat ibu hamil lebih rileks dan santai. Merendam kaki dengan air hangat tentunya bukan kegiatan berat yang harus di lakukan di klinik-klinik kecantikan. Anda hanya tinggal melakukannya di rumah pada saat waktu senggang.

Rendam kaki secara rutin menggunakan air hangat yang di campur dengan bahan alami lainnya seperti garam, minyak jojoba, perasan air jeruk, juga jahe. Ramuan alami tersebut tentunya akan sangat membantu dalam mengatasi pembengkakan kaki pada saat hamil. Tidak hanya itu nyatanya merendam kaki dengan air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah karena salah satu penyebab terjadinya pembengkakan kaki pada ibu hamil yaitu aliran darah yang terganggu karena perut yang semakin membesar. Pastikan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat karena garam dengan kandungan tersebut efektif meredakan rasa nyeri juga mengatasi memar.

Selain itu untuk mengatasi keluhan pembengkakan kaki pada ibu hamil ada baiknya juga ibu hamil memenuhi asupan cairan dengan minum air putih 10 gelas per hari. Untuk mencegah pembengkakan kaki pada ibu hamil tentunya mengurangi asupan garam menjadi salah satu tips lainnya.

Nah selain dapat meredakan pembengkakan kaki pada ibu hamil adapaun manfaat merendam kaki dengan air hangat yaitu:

  • Menghilangkan bau kaki
  • Menjaga kebersiahan dan kesehatan kuku
  • Mengatasi masalah tumit pecah-pecah
  • Mengurangi nyeri pada kaki juga kuku yang tumbuh kedalam
  • Mengatasi infeksi jamur kaki

Itulah manfaat merendam kaki bagi ibu hamil yang wajib diketahui. Tentunya jika di lakukan secara rutin maka dapat mengatasi beberapa keluhan pada kaki yang sering di alami ibu hamil dan pastinya dapat membantu ibu hamil merasa lebih nyaman juga rileks.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang Aman

Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang Tepat

Citra Dewi Amd.Keb - June 7, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

Dijawab Oleh :