Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan Pria Wanita

Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan Pria, WanitaBidan Online,- Tentunya banyak usaha yang dilakukan setiap pasangan agar cepat mempunyai keturunan. Ya tidak semua pasangan di anugrahi memiliki momongan dengan cepat, sebagian pasangan harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan anak. Tentunya kesulitan memiliki keturunan erat hubungannya dengan kesuburan baik pria maupun wanita. Tingkat kesuburan yang baik tentunya dapat membuka peluang besar agar cepat mempunyai anak.

Jangan berkecil hati dan lantas bingung sendiri, banyak hal yang bisa anda lakukan dan pasangan untuk meningkatkan kesuburan. Meningkatkan kesuburan baik secara medis dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, melakukan terapi, mengubah gaya hidup yang sehat, maupun dengan cara alami memang menjadi usaha yang sangat tepat. Selain dengan melakukan hal-hal tersebut yang sangat berpengaruh penting untuk meningkatkan kesuburan yaitu asupan makanan. Lalu asupan makanan seperti apakah yang bisa mendongkrak kesuburan?

Pentingnya menjaga asupan makanan sehat memang tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja namun juga sangat memberikan manfaat bagi kesuburan anda. Jika anda tahu ada beberapa makanan yang dapat mendongkrak kesuburan salah satunya yaitu makanan yang mengandung omega 3.

Omega 3 sendiri merupakan asam lemak tidak jenuh yang memiliki peranan penting bagi kesehatan, bahkan kandungan omega 3 ini sangat di perlukan oleh tubuh. Didalam kandungan omega itu sendiri terbentuk dari 3 zat yaitu DHA, EPA, juga LNA. Tentunya beberapa zat tersebut memiliki manfaat yang begitu baik untuk tubuh. Namun sayangnya kandungan omega 3 tidak di produksi secara alami di didalam tubuh, maka untuk mendapatkannya bisa melalui asupan makanan. Omega 3 sendiri sangat mudah di temukan pada ikan-ikanan seperti ikan salmon, tuna, makerel, sarden, tenggiri, hering, juga ikan air atawar. Tidak hanya pada jenis ikan-ikanan saja, omega 3 bisa anda dapatkan dari berbagai tumbuhan hijau seperti brokoli, bayam, buah alpukat, juga jenis kacang-kacangan seperti kacang walnuts, kenari, juga kacang kedelai.

Para peneliti menyebutkan jika mengkonsumi ikan secara rutin dapat membantu meningkatkan kesuburan karena kandungan lemak yang terdapat pada ikan khususnya ikan salmon. Bahkan hal tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan di University of Colorado yang menyebutkan jika kandungan lemak pada ikan dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Meskipun penelitian tersebut dilakukan melalui beberapa tikus namun tentunya hal tersebut membawa kabar baik bukan.

Meskipun harus dilakukan lagi beberapa penelitian lanjutan apakah omega 3 dapat mengatasi infertilitas, namun tetap saja seorang dokter ahli kandungan Dr. Dr. Malgorzata Skaznik-Wikiel melakukan riset pada tikus yang memiliki rasioa asam lemak omega 3 yang baik. Didapatkan hasil jika tikus dengan kadar asam lemak omega 3 yang lebih tinggi memiliki prekursor lebih banyak yang sangat berpengaruh pada sel-sel telur. Sel telur yang lebih besar juga sehat akan sangat berkemabnag baik jika terjadi pembuahan dan akan memperbesar kemungkinan untuk berkembang menjadi janin. Bahkan ditemukan jika tikus dengan kadar asam omega 3 yang tinggi membuat ovarium lebih berkualitas. Tentunya hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan tikus yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang rendah. Bisa di simpulkan dalam sebuah penelitian tersebut jika omega 3 dapat berpotensi meningkatkan kesuburan. Ya meskipun masih diperlukan penelitian yang di aplikasikan pada manusia namun tidak ada salahnya bukan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega 3. Para ahli gizi menyarankan untuk memenuhi asupan omega 3 setiap harinya yaitu 300 mg. Jangan lupa juga imbangi dengan olahraga yang rutin baca jenis olahraga untuk meningkatkan kesuburan

Tidak hanya itu mengkonsumsi ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mulai dari melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, juga mengurangi peradangan. Tidak hanya itu kandungan asam lemak omega 3 juga sangat berperan penting bagi perkembangan otak janin di dalam kandungan. 

Baca juga:

Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif

Daftar Makanan Yang Dapat Menurunkan Kesuburan

Citra Dewi Amd.Keb - November 5, 2016
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rennym

Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

Dijawab Oleh : Rennym