Manfaat Penyangga Perut Atau Maternity Belt Untuk Ibu Hamil

Manfaat Penyangga Perut Atau Maternity Belt Untuk Ibu HamilBidan Online,- Selama masa kehamilan tidak hanya nutrisi makanan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil nyatanya ada berbagai perlengkapan kehamilan yang wajib anda miliki. Memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga tentunya ukuran perut ibu hamil semakin membesar dan salah satu perlengkapan ibu hamil yang wajib di miliki yaitu penyangga perut atau lebih dikenal dengan maternity belt. Maternity belt ini merupakan sabuk perut bagi ibu hamil yang di desain secara khusus. Fungsi utama dari maternity belt ini yaitu untuk membantu menyangga perut ibu hamil saat memasusi trimester kedua dan ketiga. Lalu apa lagi manfaat penyangga perut untuk ibu hamil ini simak ulasan berikut ini.

Penyangga perut ibu hamil banyak digunakan karena memberikan rasa nyaman saat hamil. Terlebih lagi dengan beban perut yang semakin berat maka penyangga perut ini sangat di butuhkan. Penyangga perut yang digunakan ibu hamil saat memasuki trimester kedua dan ketiga ini dapat membantu memberikan kenyamanan dalam beraktifitas sehari-hari terlebih lagi mengurangi rasa sakit pada punggung, panggul, dan pinggul.

Penyangga perut ibu hamil memang memberikan manfaat bagi ibu hamil. Namun juga ingat penyangga perut ini tidak disarankan untuk digunakan setiap saat hanya sesekali saja. Para ibu hamil dapat menggunakan penyangga perut saat bepergian jauh menggunakan kendaraan ataupun saat melakukan kegiatan yang cukup padat. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat penyangga perut atau maternity belt bagi ibu hamil:

  • Membantu punggung dan panggul ibu hamil terbebas dari rasa pegal dan nyeri karena beban tubuh tidak sepenuhna tertunpu pada pinggang dan panggul
  • Menjaga postur tubuh ibu hamil agar tidak menjadi bungkuk
  • Menjaga posisi kepala janin di dalam kandungan agar tetap di bagian bawah perut
  • Membuat ibu hamil merasa nyaman saat beraktifitas

Penyangga perut untuk ibu hamil nyatanya memiliki jenis yang berbeda-beda tentunya itu disesuiakan dengan usia kehamilan. Berikut ini beberapa jenis penyangga perut ibu hamil:

  • Belly Belt merupakan penyangga perut ibu hamil yang sangat cocok digunakan pada saat usia kehamilan memasuki trimester pertama.
  • Maternity Belt merupakan penyangga perut ibu hamil yang sangat cocok di gunakan saat memasuki trimester kedua. Bentuknya menyerupai ikat pinggang dengan bantalan di bagian depan. Dibuat menggunakan bahan yang elasrtis sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran perut yang semakin membesar.
  • Prenatal cradle merupakan penyangga perut yang sangat cocok digunakan ibu hamil trimester kedua dan ketiga. Namun desainnya memang berbeda dengan penyangga belly belt dan Maternity Belt bentuknya tidak seperti ikat pinggang namun dibuat seperti celana.
  • Support Harness merupakan penyangga perut yang di desain tidak hanya dapat menyangga perut saja namun juga pinggul dan panggul. Dan tentunya jenis ini lebih banyak di minati ibu hamil karena memberikan rasa nyaman.

Penyangga perut akan sangat membantu bagi ibu hamil dengan kondisi seperti saat hamil kembar, ibu hamil yang sering nyeri punggung, ibu hamil yang sering mengalami rasa sakit di bagian tulang belakang yang menyebabkan kram hingga kesemutan, juga ibu hamil yang aktif bekerja pada trimester kedua dan ketiga.  Adapun beberapa hal yang harus di perhatikan ibu hamil. Dalam memilih penyangga perut ibu hamil tentunya tidak boleh sembarangan, berikut ini beberapa tips memilih dan menggunakan penyangga perut ibu hamil yang benar.

  • Pilihlah penyangga perut dengan bahan yang elastis, menyerap keringat, juga tidak membuat panas
  • Tidak di sarankan untuk menggunakan penyangga perut setiap saat karena dapat berakibat pada otot perut
  • Hanya gunakan penyangga perut saat ibu hamil merasa pegal, nyeri, saat terasa lelah, juga saat bepergian jauh

Itulah beberapa manfaat sabuk pengaman bagi ibu hamil, tentunya dengan mengetahui lebih jauh mengenai maternity belt dapat membantu para ibu hamil merasa nyaman apalagi memasuki usia kehamilan yang semakin tua.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Cara Mencegah Stretch Mark Dan Selulit Saat Hamil
Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil
Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin

Citra Dewi Amd.Keb - May 12, 2017

Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Bang Andre

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Asti Anisa

Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

Dijawab Oleh : Asti Anisa
Diskusi Dari:
wastini

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

Dijawab Oleh : wastini
Diskusi Dari:
Henny Diastara

Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

Perlu Jawaban