Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Mengetahui masa subur wanita setelah melahirkan baik secara normal maupun caesar itu sangat penting dan menjadi salah satu pertanyaan dari banyak pasangan. Perlu Anda ketahui umumnya rahim wanita setelah melahirkan masih mengalami trauma dan sensitif walaupun terlihat sangat baik. Juga wanita yang sedang dalam masa menyusui mungkin mengalami vagina atrophy atau menipisnya jaringan vagina karena kekurangan hormon estrogen.

Menurut beberapa dokter wanita baru bisa merasakan kembali hubungan intim dengan pasangan setelah 6 bulan pasca persalinan, tapi ada juga yang berpendapat dalam kurun waktu 4 minggu wanita bisa melakukan hubungan seksual. Karena dalam jangka waktu 4 minggu cairan yang dihasilkan oleh bibir vagina sudah berhenti dan dapat melakukan hubungan seksual lagi.

Pentingnya Menstruasi Setelah Melahirkan


Masa subur adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan suami istri karena menjadi satu waktu yang tepat untuk pasangan yang ingin menambah keturunan atau menunda kehamilan. Jika masa subur tidak diketahui maka sulit untuk mengatur apabila Anda ingin hamil atau menundanya. Dengan begitu jika wanita sudah mengalami masa menstruasi lagi akan mudah untuk mengetahui masa suburnya.

Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan biasanya ibu akan segera menyusui sang buah hati, hisapan yang dihasilkan oleh bayi akan membuat perubahan hormonal yang menyebabkan terhambatnya pelepasan sel telur. Sehingga apabila sel telur terganggu maka menstruasi juga terganggu, tapi jangan khawatir karena ini merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap ibu dalam kurun waktu 2-24 bulan setelah proses persalinan.

Untuk menghitung masa subur setelah melahirkan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan menghitung rata – rata menstruasi dari itu didapatkan hasil masa subur wanita.

Bagaimana kalau menstruasi tidak teratur

Cara menentukan masa subur setelah melahirkan adalah melakukan perhitungan rata – rata menstruasi setiap bulan selama 3 bulan berturut – turut.

Contoh, pada bulan februari menstruasi terjadi dalam waktu 28 hari, lalu bulan maret 35 hari dan april 28 hari. Maka untuk menghitungnya dengan cara 28+35+28 : 3 = 28hari. Kemungkinan Anda mendapatkan menstruasi pada bulan mei dengan siklus 28 hari. Masa subur seperti biasa pada hari ke 14 plus, minus 2 dihitung di hari pertama menstruasi terakhir.

Banyak dokter yang mengatakan aman melakukan hubungan intim setelah 6 bulan dari pasca melahirkan tapi itu akan mengurangi perhatian Anda terhadap bayi yang baru lahir karena Anda akan fokus untuk merencanakan kehamilan yang selanjutnya. Sebaiknya setelah mengetahui masa subur setelah melahirkan, menunda sedikit waktu untuk kehamilan yang selanjutnya baru setelah bayi Anda berumur satu tahun, agar fokus Anda bisa lebih fokus memperhatikan bayi Anda.

Itulah informasi mengenai masa subur wanita setelah melahirkan, semoga bisa membantu untuk mempertimbangkan mendapat kehamilan atau menunda setelah Anda melahirkan.

Citra Dewi Amd.Keb - June 11, 2016
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
emilia

Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Uchi Susilawati

Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana
Diskusi Dari:
rina

pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

Dijawab Oleh : rina