Mempercantik Penampilan Vagina dengan Operasi Labioplasty


Minggu lalu kita sempat membahas mengenai operasi vaginoplasty yang berfungsi untuk mengencangkan lubang vagina sehingga hubungan seksual semakin bergairah, menggigit dan penuh sensasi. Selain operasi vaginoplasty adapun operasi labioplasty untuk memperindah dan mepercantik tampilan vagina. Beberapa pasien, terutama yang berusia di bawah 40 tahun, sangat terganggu dengan bibir vagina mereka yang besar dan menggelambir. Beberapa mengeluh sakit pada saat berhubungan seks ketika pasangan berusaha menemukan pintu masuk. Yang lainnya merasa depresi ketika pasangan melihat vulva dan berpaling ke wanita lain.

Pada dasarnya proses pembedahan labiaplasty adalah memperpendek, atau membentuk kembali bibir vagina. Hal ini, biasanya dilakukan oleh dokter kandungan, atau ahli bedah plastik. Jaringan yang tidak diinginkan dipotong dengan pisau bedah, atau laser, kemudian dijahit kembali. Ini bisa dilakukan baik menggunakan anestesi umum, atau anestesi lokal. Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 1-2 jam. Penjahitan dilakukan dengan rapih dan ini akan hilang dalam waktu seminggu.

Alasan dilakukan Operasi Labioplasty

1. Alasan kosmetik

Beberapa merasa tidak bahagia dan malu saat berhubungan seksual yang mempengaruhi kepercayaan dirinya. Ada beberapa wanita yang hanya menginginkanadanya perubahan pada organ seksual luar seperti mons pubis (daerah lemak di bawah rambut organ genetalia) atau labia (bibir vagina). Kebanyakan pasien menjalani labioplasty untuk mengurangi panjang bibir vaginanya.

2. Alasan medis

Karna menyebabkan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual, rasa tidak nyaman saat beraktivitas dan kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknormalan bentuk labia (Bibir vagina) seperti wanita tidak memiliki saluran vagina, wanita dengan karakteristik pria (interseksualitas/kelamin ganda), trauma/cedera pada labia, labia minora (bibir vagina dalam) robek akibat melahirkan, operasi kelamin dll.

Efek Samping yang Bisa Ditimbulkan pada operasi Labioplasty

1. Luka permanen

2. Pendarahan

3. Infeksi

4. Kulit labia yang tidak simetris

5. Tertundanya penyembuhan luka

6. Membuat lapisan dalam labia minora berubah ke arah luar

7. Iritasi kulit daerah genital

8. Penumpukan darah luar

9. Kerusakan saraf yang dapat menambah/mengurangi sensitivitas genital

10. Mengganggu kepekaan dan kepuasan seksual

11. Sulit menahan air kecil saat batuk.

Kontraindikasi Labiaplasty

Pada beberapa kondisi, prosedur labiaplasty tidak dapat dilakukan jika:

1. Wanita dengan penyakit menular seksual

2. Wanita dengan penyakit infeksi atau keganasan (tumor/kanker)

3. Wanita perokok berat dan tidakingin berhenti (karena dapat mempengaruhi kemampuan penyembuhan luka)

4.  Wanita hamil

5. Tidak dilakukan saat haid/mestruasi untuk mengurangi risiko infeksi.

 

Citra Dewi Amd.Keb - July 18, 2018
Diskusi Dari:
erin dianawati

bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

Dijawab Oleh : erin dianawati
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
emilia

Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

Dijawab Oleh : emilia
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

Dijawab Oleh : Reny Anggra
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay