Mempercantik Penampilan Vagina dengan Operasi Labioplasty

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb

  • Minggu lalu kita sempat membahas mengenai operasi vaginoplasty yang berfungsi untuk mengencangkan lubang vagina sehingga hubungan seksual semakin bergairah, menggigit dan penuh sensasi. Selain operasi vaginoplasty adapun operasi labioplasty untuk memperindah dan mepercantik tampilan vagina. Beberapa pasien, terutama yang berusia di bawah 40 tahun, sangat terganggu dengan bibir vagina mereka yang besar dan menggelambir. Beberapa mengeluh sakit pada saat berhubungan seks ketika pasangan berusaha menemukan pintu masuk. Yang lainnya merasa depresi ketika pasangan melihat vulva dan berpaling ke wanita lain.

    Pada dasarnya proses pembedahan labiaplasty adalah memperpendek, atau membentuk kembali bibir vagina. Hal ini, biasanya dilakukan oleh dokter kandungan, atau ahli bedah plastik. Jaringan yang tidak diinginkan dipotong dengan pisau bedah, atau laser, kemudian dijahit kembali. Ini bisa dilakukan baik menggunakan anestesi umum, atau anestesi lokal. Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 1-2 jam. Penjahitan dilakukan dengan rapih dan ini akan hilang dalam waktu seminggu.

    Alasan dilakukan Operasi Labioplasty

    1. Alasan kosmetik

    Beberapa merasa tidak bahagia dan malu saat berhubungan seksual yang mempengaruhi kepercayaan dirinya. Ada beberapa wanita yang hanya menginginkanadanya perubahan pada organ seksual luar seperti mons pubis (daerah lemak di bawah rambut organ genetalia) atau labia (bibir vagina). Kebanyakan pasien menjalani labioplasty untuk mengurangi panjang bibir vaginanya.

    2. Alasan medis

    Karna menyebabkan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual, rasa tidak nyaman saat beraktivitas dan kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknormalan bentuk labia (Bibir vagina) seperti wanita tidak memiliki saluran vagina, wanita dengan karakteristik pria (interseksualitas/kelamin ganda), trauma/cedera pada labia, labia minora (bibir vagina dalam) robek akibat melahirkan, operasi kelamin dll.

    Efek Samping yang Bisa Ditimbulkan pada operasi Labioplasty

    1. Luka permanen

    2. Pendarahan

    3. Infeksi

    4. Kulit labia yang tidak simetris

    5. Tertundanya penyembuhan luka

    6. Membuat lapisan dalam labia minora berubah ke arah luar

    7. Iritasi kulit daerah genital

    8. Penumpukan darah luar

    9. Kerusakan saraf yang dapat menambah/mengurangi sensitivitas genital

    10. Mengganggu kepekaan dan kepuasan seksual

    11. Sulit menahan air kecil saat batuk.

    Kontraindikasi Labiaplasty

    Pada beberapa kondisi, prosedur labiaplasty tidak dapat dilakukan jika:

    1. Wanita dengan penyakit menular seksual

    2. Wanita dengan penyakit infeksi atau keganasan (tumor/kanker)

    3. Wanita perokok berat dan tidakingin berhenti (karena dapat mempengaruhi kemampuan penyembuhan luka)

    4.  Wanita hamil

    5. Tidak dilakukan saat haid/mestruasi untuk mengurangi risiko infeksi.

     

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - July 18, 2018
    Diskusi Dari:
    Riza

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan