Menelan Sperma Bisa Menyebabkan Kehamilan ?

Mnelean Sperma Bisa Menyebabkan Kehamilan ?

Oral seks saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan dalam aktivitas seksual dalam upaya menambah sensasi. Tidak jarang banyak sekali pasangan yang tidak sengaja menelas sperma saat oral seks. Ada beberapa pasangan oral sek yang khawatir mendapatkan kehamilan saat sperma tertelan karena belum siap memiliki anak. Padalah menelan sperma sama sekali tidak akan menyebabkan kehamilan.

Secara normal, kehamilan akan terjadi apabila adanya pertemuan sel telur yang matang dengan sel sperma melalui penetrasi penis ke dalam vagina.

Sperma Yang Tertelan Tidak Akan Sampai di Organ Reproduksi

Sperma tidak bisa mencapai sel telur jika masuk ke dalam lambung. Lambung dan rahim wanita adalah organ yang terpisah secara fungsional. Selain itu, saluran pencernaan dan rahim dihubungkan oleh aliran pembuluh darah, dan sperma tidak dapat berjalan maupun hidup lama di dalam aliran darah.

Setelah masuk ke dalam tubuh, sperma akan turun ke saluran pencernaan melewati organ lambung. Lambung memiliki kadar pH sebesar 1,3–3,5 yang sifatnya asam. Sementara sperma tidak mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang asam.

Sperma Yang Tertelah Tidak Akan Bertahan Lama

Spermatozoa yang terkandung pada cairan sperma adalah sel hidup yang dapat mati pada lingkungan yang kurang sesuai. Di udara, Sperma bertahan hidup rata- rata hanya 3 menit, kecuali jika dikeluarkan dalam lendir vagina wanita/berada didalam vagina dan apalagi bila wanita tersebut dalam masa subur maka masa hidup sperma menjadi lebih panjang hingga mencapai 5 hari.

Proses Terjadinya Kehamilan

Proses terjadinya kehamilan adalah jika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Tetapi jika sperma dan sel telur tidak bertemu maka tidak akan terjadi pembuahan dan tidak akan terjadi kehamilan. Jika sperma tertelan melalui mulut maka sperma akan memasuki saluran cerna, bukan saluran reproduksi. Saluran pencernaan dan organ reproduksi merupakan organ yang berbeda.

Gunakan Kondom Saat Orak Seks Meskipun Tidak Menyebabkan Kehamilan

Saat melakukan oral seks, pasangan yang menerima oral seks disebut sebagai pasangan insertif. Sementara itu, pasangan yang melakukan oral seks menggunakan mulut, lidah, atau bibir disebut sebagai pasangan reseptif.

Melakukan oral seks tidak menyebabkan kehamilan. Namun, bagi individu yang berganti-gantipasangan, tetap disarankan untuk menggunakan kondom saat melakukan oral seks karena berpotensi untuk menularkan infeksi. Tapi jika Anda dan pasangan Anda tidak berganti pasangan maka oras seks tanpa kondom dan menelan sperma tidak akan menjadi masalah.

Citra Dewi Amd.Keb - August 29, 2018
Diskusi Dari:
Riza

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Iphunk Charger

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
richamayati

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : richamayati
Diskusi Dari:
Theresia Tina

Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

Dijawab Oleh : Theresia Tina