Mengenal Ciri-Ciri Anak Indigo Secara Fisik Dan Psikologis

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Memiliki suatu keistimewaan merupakan bukan suatu keinginan setiap individu. Akan tetapi, hal tersebut menjadi sebab pilihan  yang telah menjadi takdir. Tidak selamanya keistimewaan tersebut dapat di terima oleh setiap individu terlebih bagi anak-anak  yang memiliki keistimewaan panca indera atau yang sering kita kenal dengan istilah anak indigo. Kesulitan adaptasi yang di milikinya, sering kali menjadi suatu kesulitan bagi para orang tua untuk mengatasinya.

    Anak indigo merupakan suatu istilah yang di gunakan untuk mendeskripsikan anak yang di yakini memiliki kemampuan ataupun sifat yang istimewa, tidak biasa, bahkan supranatural. Ciri-ciri anak indigo sendiri dapat muncul sejak lahir,  saat bayi ataupun saat mereka telah memasuki usia kana-kanak dan remaja. Bahkan, sempat di temukan dalam beberapa kasus  anak yang tumbuh di keluarga dengan menggunakan bahasa indonesia, justru dia sangat fasih  dalam menggunakan bahasa asing (bahasa inggris umpamanya) pada awal ia mulai berbicara. Padahal hal tersebut terjadi tanpa ada yang memberikan pengajaran secara khusus.  

    Anak indigo sendiri di populerkan oleh penemuan seorang konselor Amerika yang bernama Nancy Ann Tappe. Beliau menemukan adanya warna aura manusia yang di hubungkan dengan kepribadian dalam sebuah buku. Beliau juga menemukan warna indigo atau nila, yang mana warna tersebut merupakan pencampuran antara  antara warna biru dan ungu. Umumnya, warna tersebut sering kali di temukan pada orang dewasa, namun ini malah pada seorang anak. Tidak semua orang mengetahui bahwa anak indigo memberikan ciri-ciri dalam kehidupan setiap harinya.

    Dan bagi anda yang kini belum mengenal cari ataupun tanpa dari pada anak indigo, pada kesempatan kali ini, tim Curhat Bidan akan mengupasnya secara lengkap, hanya untuk anda.

    Tanda Dan ciri-ciri anak indigo secara fisik dan psikologis

    Ada beberapa ciri maupun tanda yang dapat anda kenali, jika seorang anak di kategorikan sebagai anak indigo dari fisik maupun psikologisnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

    Memiliki jiwa yang lebih dewasa di banding usianya

    Ciri pertama yang dapat anda kenali dari anak indigo adalah mereka cenderung memiliki jiwa yang dewasa dibanding dengan usia sebayanya. Sebagian besar kondisi tersebut di alami oleh mereka sejak mereka masih bayi. Beberapa diantaranya yaitu dapat memahami kemampuan berfikir, memahami benda-benda dan karakter orang dewasa. Bahkan perkembangan yang tumbuh cepat mempengaruhi  pertumbuhan fisik seperti  tumbuhnya gigi  serta kemampuan motorik yang lebih cepat di bandingkan dengan anak seusianya.

    Memiliki bentuk kepala yang khas

    Bentuk fisik yang mungkin dapat anda lihat dari seorang indigo adalah kepala yang sedikit besar di banding dengan anak seusianya. Hal tersebut nampak terlihat jelas pada lingkaran kepala, dahi dan kening yang lebih lebar. Mereka memiliki kuantitas otak yang lebih besar di karenakan memiliki kemampuan dalam menganalisis kemampuannya.

    Bentuk daun telinga

    Anak yang memiliki sifat istimewa ini,  dapat di lihat dari daun telinga yang mereka miliki, yang lebih memanjang di bagian ujung atas dan menekuk cuping bagian bawahnya. Hal tersebut di karenakan kepekaan pada pendengarannya di atas normal.

    Memiliki mata yang lebih tajam

    Anak indigo umumnya memiliki tatapan mata yang tajam dan bagian pupil  lebih besar di banding dengan anak lainnya. Dengan matanya yang tajam tersebut, anak indigo memiliki kemampuan supranatural dalam melihat dimensi-dimensi lain yang tidak kasat mata oleh orang biasa.

    Adanya tanda kelahiran

    Ciri-ciri lain yang sering kali di temukan adalah adanya tanda kelahiran pada kulit yang cukup aneh. Pasalnya tanda kelahiran tersebut sering kali di temukan pada dahi atau matanya. Tak hanya itu,  warna tanda kelahiran anak indigo cukup jelas seperti warna lebam, dan bekas pukulan.

    Mengalami bagian tubuh yang sakit

    Dalam beberapa kasus,  anak yang memiliki keistimewaan, di temukan pernah mengalami sakit kepala yang tak tertahankan kemudian lambung yang melemah.  Kondisi tersebut di karenakan adanya stres akibat berfikir yang terlalu keras  yang tidak di kehendaki sehingga memerlukan energi yang cukup besar. Sedangkan, kondisi lambung yang melemah dapat di sebabkan karena produksi asam lambung yang meningkat saat anak indigo mengalami stres.

    Kepribadian yang emosional

    Anak indigo memiliki empati yang sangat sangat tinggi yang di sebabkan adanya kepekaan berlebih terhadap lingkungannya. Mereka juga memiliki rasa marah yang mendesak  sehingga bersemangat dalam memperbaiki keadaannya. Tak jarang mereka juga sering kali mendengar suara di luar batas kemampuannya, yang menjadikan dirinya menjadi pribadi yang berubah-ubah.

    Nah, itulah informasi yang kiranya dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, mengenai mengenal ciri-ciri anak indigo secara fisik dan psikologis yang mereka miliki. Semoga bermanfaat.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - August 9, 2016
    Diskusi Dari:
    Jasmine Putri Mustofah

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Tutut Kartikasari

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

    Perlu Jawaban