Mengenal Gangguan Kesehatan Celebral Palsy Pada Anak-Anak

Penyakit Cerebral palsy. Anda mungkin masih merasa asing dengan nama penyakit ini, perlu bunda ketahui bahwa penyakit celebral palsy adalah salah satu penyakit yang bisa di alami oleh anak-anak. Penyakit celebral palsy adalah suatu keadaan yang ditandai oleh buruknya pengendalian kekakuan, otot, kelumpuhan serta gangguan fungsi saraf lainnya. Hal ini terkait dengan cedera otak atau masalah dengan perkembangan otak anak. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari kecactan yang terjadi pada anak-anak.

Gangguan saraf yang dapat ditemukan pada celebral palsy tidak hanya gerakan tubuh yang mengakibatkan terbatasnya dalam melakukan aktivitas normal, namun juga gangguan adalam melakukan proses berpikir, berkomunikasi, gangguan tingkah laku dab bahkan hingga gejala kejang.

Apa yang menjadi penyebab dari celebral palsy ini?

Penyebab utamanya adalah adanya kerusakan, gangguan atau adanya kelainan yang terjadi pada otak anak.

Penyebab lainnya dari celebral palsy

  • Gangguan pada saraf di tulang belakang.
  • Penyakit yang berasal dari gangguan pada otot.
  • Infeksi kuman.
  • Keracunan zat berbahaya.
  • Beberapa masalah dari orangtua ke anak (kondisi genetik) yang mempengaruhi perkembangan otak.
  • Kelahiran prematur.
  • Cedera di kepala yang serius.

Beberapa gejala dan tanda apabila Anak Bunda terkena penyakit celebral palsy ialah:

  • Anak terlihat terus-menerus mengeluar air liur.
  • Mengalami hambatan dalam bicara.
  • Mengalami masalah pada koordinasi otot.
  • Terdapat otot kaku dengan refleks normal atau hiperrefleks.
  • Otot yang sangat kaku atau sangat lunglai.
  • Kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh
  • Gaya berjalannya yang tidak sama seperti orang normal.
  • Mengalami tremor.
  • Anak Mengalami keseulitan untuk makan atau menelan.

Itu adalah beberapa gejala dan tanda dari celebral palsy. Apabila Anda merasa anak Anda mengalami gangguan dalam perkembangan dan pertumbuhannya, apalagi jika terdapat gejala seperti diatas, maka segeralah temui dokter Anda untuk membantu Anda mengetahui masalah apa yang sedang dialami oleh anak Anda, sehingga pengobatan yang tepat bisa segera di berikan dan masalah yang Anak alami dapat segera teratasi dengan baik.

Citra Dewi Amd.Keb - April 15, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

Dijawab Oleh : Reny Anggra
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Mbak aty

Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

Dijawab Oleh : Mbak aty