Mengenal Jenis Ngidam Dan Dampaknya Pada Janin

Kali ini curhat bidan akan menginformasikan mengenal jenis ngidam dan dampaknya pada janin. Menurut penelitian menunjukan sebanyak 76 – 90% wanita hamil mengalami ngidam sedikitnya satu jenis makanan selama hamil dan sekitar 50 – 85% mengalami tidak suka sedikitnya pada satu jenis makanan. Hingga sampai batas tertentu ‘keanehan’ pencernaan ini yang disebabkan oleh perubahan hormon. Hal ini paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan merasakan rasa tidak suksa serta ngidam ketika perubahan hormon sangat besar.

Jika anda ngidam makanan yang baik tentu saja tidak akan jadi masalah besar, tetapi bila anda ngidam makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi, bisa mencari penggantinya yang dapat memuaskan ngidam anda tanpa merugikan gizi bagi janin. Seperti sepotong coklat daripada permen, keripik dari biji gandum yang utuh dnegan sedikit garam daripada keripik lain yang terlalu banyak garam dan tidak bergizi.

Apabila makanan pengganti masih belum cukup, anda mungkin perlu melakukan pengalihan perhatian dengan berolahraga ringan, merajut, membaca buku, atau melakukan hobby yang lain. Pada umumnya, rasa tidak suka dan ngidam ini akan hilang dan reda pada ke 4 bulan kehamilan. Jika anda merasakan ngidam lebih lama dari itu mungkin disebabkan oleh kebutuhan emosional seperti kebutuhan untuk mendapatkan perhatian lebih terutama perhatian dari suami.

Berikut ini jenis ngidam dan dampaknya pada janin yang perlu diperhatikan oleh anda yang sedang hamil:

1. Ngidam makanan pedas seperti rujak

Makanan yang pedas mengandung banyak bumbu seperti merica atau cabai terkadang dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan gangguan pada lambung, makanan seperti ini tidak akan bahaya pada janin. Jika mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan pedas, anda harus mengentikan makanan tersebut dan mengatasi diare yang terjadi.

2. Ngidam durian

Wanita hamil tidak ada larangan makan durian asal dengan batas tertentu. Durian memang mengandung alkohol tetapi tidak akan membahayakan janin jika dimakan tidak berlebihan. Hanya saja jika anda menderita diabetes harus berhati-hati sebab kandungan gula dalam durian sangat tinggi dan bisa mengakibatkan gula darah makin naik.

3. Ngidam makanan manis seperti coklat

Mengkonsumsi coklat selama kehamilan diperbolehkan walaupun coklat mengandung kafein asal dalam porsi kecil. Konsumsilah secukupnya jangan berlebihan dengan memilih coklat yang tidak terlalu manis.

Jadi kesimpulannya, jenis ngidam dan dampaknya pada janin sebenarnya tidak begitu membahayakan selama bisa dipenuhi asal tidak berlebihan.

Baca juga artikel lainnya:

Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

Ikuti Gerakan Senam Hamil Untuk Menghindari Bayi Sungsang

Efek Samping Jika Sering Melakukan USG Saat Hamil

Kenali 10 Ciri Hamil Kembar

Citra Dewi Amd.Keb - October 24, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu.
Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
Mohon penjelasannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

Dijawab Oleh :