Mengenal Jenis Ngidam Dan Dampaknya Pada Janin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Kali ini curhat bidan akan menginformasikan mengenal jenis ngidam dan dampaknya pada janin. Menurut penelitian menunjukan sebanyak 76 – 90% wanita hamil mengalami ngidam sedikitnya satu jenis makanan selama hamil dan sekitar 50 – 85% mengalami tidak suka sedikitnya pada satu jenis makanan. Hingga sampai batas tertentu ‘keanehan’ pencernaan ini yang disebabkan oleh perubahan hormon. Hal ini paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan merasakan rasa tidak suksa serta ngidam ketika perubahan hormon sangat besar.

    Jika anda ngidam makanan yang baik tentu saja tidak akan jadi masalah besar, tetapi bila anda ngidam makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi, bisa mencari penggantinya yang dapat memuaskan ngidam anda tanpa merugikan gizi bagi janin. Seperti sepotong coklat daripada permen, keripik dari biji gandum yang utuh dnegan sedikit garam daripada keripik lain yang terlalu banyak garam dan tidak bergizi.

    Apabila makanan pengganti masih belum cukup, anda mungkin perlu melakukan pengalihan perhatian dengan berolahraga ringan, merajut, membaca buku, atau melakukan hobby yang lain. Pada umumnya, rasa tidak suka dan ngidam ini akan hilang dan reda pada ke 4 bulan kehamilan. Jika anda merasakan ngidam lebih lama dari itu mungkin disebabkan oleh kebutuhan emosional seperti kebutuhan untuk mendapatkan perhatian lebih terutama perhatian dari suami.

    Berikut ini jenis ngidam dan dampaknya pada janin yang perlu diperhatikan oleh anda yang sedang hamil:

    1. Ngidam makanan pedas seperti rujak

    Makanan yang pedas mengandung banyak bumbu seperti merica atau cabai terkadang dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan gangguan pada lambung, makanan seperti ini tidak akan bahaya pada janin. Jika mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan pedas, anda harus mengentikan makanan tersebut dan mengatasi diare yang terjadi.

    2. Ngidam durian

    Wanita hamil tidak ada larangan makan durian asal dengan batas tertentu. Durian memang mengandung alkohol tetapi tidak akan membahayakan janin jika dimakan tidak berlebihan. Hanya saja jika anda menderita diabetes harus berhati-hati sebab kandungan gula dalam durian sangat tinggi dan bisa mengakibatkan gula darah makin naik.

    3. Ngidam makanan manis seperti coklat

    Mengkonsumsi coklat selama kehamilan diperbolehkan walaupun coklat mengandung kafein asal dalam porsi kecil. Konsumsilah secukupnya jangan berlebihan dengan memilih coklat yang tidak terlalu manis.

    Jadi kesimpulannya, jenis ngidam dan dampaknya pada janin sebenarnya tidak begitu membahayakan selama bisa dipenuhi asal tidak berlebihan.

    Baca juga artikel lainnya:

    Buah-buahan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil

    Ikuti Gerakan Senam Hamil Untuk Menghindari Bayi Sungsang

    Efek Samping Jika Sering Melakukan USG Saat Hamil

    Kenali 10 Ciri Hamil Kembar

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 24, 2016
    Diskusi Dari:
    Sherly davies

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    Dijawab Oleh : Sherly davies
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik
    Diskusi Dari:
    Siti Rohmah

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Pradita

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Pradita
    Diskusi Dari:
    tickanevianti

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Dijawab Oleh : tickanevianti