Mengenal Kepribadian Anak Untuk Mengembangkan Potensinya

Kesuksesan seorang anak merupakan salah satu hal yang paling di harapkan oleh anda sebagai orang tua. Namun tahukah anda? kesuksesan tersebut tak luput dari potensi dalam diri yang di miliki sang anak. Potensi tersebut dapat meliputi kondisi rumah, sekolah dan juga lingkungannya. Sehingga, sangat penting bagi anda sebagai orang tua dalam menjalin hubungan ataupun komunikasi yang harmonis. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan keselarasan dalam mewadahi potensi anak agar dapat berkembang. Dan kunci utama dari hal tersebut adalah anda harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan kepriabadian yang di milikinya.

Dan pada kesempatan kali ini, tim bidan online akan memaparkan secara lengkap, bagaimana cara untuk mengenal pribadi sang anak mulai sejak dini, untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Cara mengenal kepribadian anak sejak dini untuk mengembangkan potensinya

Ada beberapa cara untuk mengenal pribadi anak, agar anda dapat mengembangkan potensi bakat yahng ada di dalam dirinya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Kepribadian sanguinis populer

Anak dengan kepribadian sanguinis populer, cenderung memiliki ciri ataupun kepribadian sebagai berikut:
Memiliki energi besar

  • Suka bermain dengan sebayanya dan lebih supel.
  • Lebih mencari perhatian, dukungan, kasih sayang,  dan ingin mendapatkan penghargaan dari orang sekitar.
  • Mereka sering membawa diorinya bergembira dalam situasi apapun.
  • Lebih senang menjadi siorotan dan memberi motivasi kepada orang lain.
  • Memiliki kemampuan untuk menghidupkan komunikasi di komunitasnya sangat besar.
  • Memiliki banyak teman
  • Memiliki sifat emosional dan hipersensitif.

Jika anak anda memiliki kepribadian demikian, anda hanya tinggal memberi kisi-kisinya saja. Karena kekreatifan anak yang berkepribadian sanguinis populer ini dapat menyelesaikan semuanya. Untuk itu, dukung mereka dalam mengikuti kegiatan-kegiatan komunitasnya, sehingga mereka dapat mengembangkan jaringan pertemanan yang memiliki hobi yang sama dengannya.

2. Kepribadian kuat koleris

Dan berikut beberapa ciri ataupun karakter anak yang memiliki kepribadian kuat kolerios, dianataranya adalah:

  • Anak yang secara natural berorientasi pada pada sasaran yang di milikinya.
  • Hidupnya di curahkan untuk berprstasi.
  • Cepat dalam mengorganisasikan ssesuatu hal.
  • Selalu menuntut loyalitas dan penghargaan dari lingkungannya.
  • Lebih menghargai keadilan, logika, terus terang dan kejujuran.

Dalam menghadapi anak yang berkepribadian ini, anda harus melakukan pendekatan komunikasi  sehingga tidak menyinggung perasaannya. Anak yang memiliki kepribdian ini juga tidak memiliki perasaan, sehingga orang tua harus memiliki sifat demonstratif terhadapnya. Dalam mengembangkan kemampuan anak yang memiliki kepribadian seperti ini, sebaiknya anda  langsung memberikan tujuan dari tugas ataupun keinginanan yang anda inginkan. Selain itu, tanyakan pula cara untuk menyelesaikannya. Sehingga anda dapat memprediksi hasil yang akan di capai oleh anak anda dengan kepribadian kuat korelisnya.

3. Kepribadian sempurna melankonis

Anak dengan kepribadian ini memiliki sifat mengejar kesempuurnaan dalam segala hal yang di lakukannya. Sehingga, mereka memiliki ciri maupun kepribadian seperti berikut ini.

  • Mereka sering kali kecewa, karena hasil yang kurang sempurna di mata mereka.
  • Memerlukan kepekaan dan dukungan dari orang lain.
  • Cenderung lebih berorientasi pada tugas yang lebih berhati-hati.
  • Mereka lebih menyukasi keteraturan, dan menyelesaikan masalah tepat waktu.

Dalam menghadapi anak dengan karakter melankolis ini, sebaiknya anda melakukan pendekatan komunikasi  terhadap apa yang telah mereka lakukan secara baik. Hal tersebut di karenakan anak dengan tipe ini sangat tidak kompetitif, dan tidak merespon terhadap beberapa hadiah yang anda tawarkan pada saat mereka menyelesaikan pekerjaannya. Dalam pengembangan kemampuannya, sebaiknya anda dapat menyampaikannya secara lembut dan datar. Dan apabila tugas yang anda berikan tidak selesai ataupun hasilnya tidak memuaskan, anda dapat memberikan saran, yang dapat membuatnya termotivasi untuk mengerjakannya. Hal tersebut sesuai dengan kepribadiannya yang perfeksionis, dan mereka lebih suka untuk mengritik dalam dirinya sendiri, sesuai dengan apa yang mereka temui dalam dirinya.

Nah, itulah bebeberapa cara mengenali kepribadian anak untuk mengembangkan bakat mereka. Untuk itu, dukunglah selalu kreatifitas dan bakat anak sesuai dengan potensi yang ada di dalam dirinya. Karena hal tersebutlah, hal terpenting yang dapat mengantarkan anak anda, menuju gerbang masa depan yang sukses.

Citra Dewi Amd.Keb - June 28, 2016
Diskusi Dari:
Nurul

Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

Dijawab Oleh : Nurul
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Riana

saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

Dijawab Oleh : Riana
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

Dijawab Oleh :