Mengenal Manfaat Dan Jenis Cemilan Sehat Bagi Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tak terasa kini bayi mungil anda telah memasuki usia balita dan sebentar lagi akan memasuki sekolah taman kanak-kanak. Pada usia tersebut, biasanya aktivitas yang mereka lakukan semakin meningkat. Bahkan si kecil sudah mulai beraktivitas di luar rumah dan mulai mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya hingga bermain dengan mainanan anak atau benda favoritnya. Tentu saja hal tersebut sangat menguras energi yang mereka miliki. Sehingga bagi bunda yang cerdas sangatlah perlu untuk menyediakan pasokan energi anak yang lebih melalui asupan pilihan makanan sehat yang di berikan kepada si kecil.

    Makanan yang sehat sendiri tidak hanya di dapatkan dari makanan pokok yang mereka konsumsi saat sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Melainkan makananan sehat sendiri bisa bunda lengkapi dengan memberinya berbagai cemilan. Tidak setiap cemilan merupakan kebiasaan jelek kok bun, Bahkan terdapat berbagai manfaat di dalamnya. Beberapa manfaat cemilan sehat tersebut seperti halnya menjadi makanan selingan yang dapat menekan rasa lapar anak di tingkat minimum, menjadi sumber alternatif bagi anak hingga menjaga kesehatannya.

    Yang terpenting kita tidak salah untuk memilih asupan dalam cemilan tersebut. Seperti bunda tidak memilih cemilan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan, MSG berlebih dan bahan pengawet makanan. Sehingga cemilan yang bunda pilih dapat membentuk pola makan yang menjaga kesehatan si kecil. Bunda bisa memberikan cemilan sehat tersebut di sela antara setelah sarapan pagi ke makan siang, ataupun setelah makan siang ke makan malam.

    Lalu apa saja cemilan sehat yang baik untuk anak balita? jika bunda masih ada yang belum tahu, pada kesempatan kali ini tim bidan online akan menginformasikan beberapa jenis cemilan sehat bagi anak anda.

    Berbagai macam dan jenis cemilan sehat bagi anak

    1. Sereal dan biskuit gandum
    Salah satu cemilan sehat yang dapat bunda berikan kepada si kecil adalah sereal dan biskuit yang erbuat dari gandum. Bagimana tidak, cemilan yang satu ini sangat baik untuk perkembangan otak dan perkembangan motorik anak. Hal tersebut di karenakan pada gandum sendiri terkandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin B, serta kalium yang cukup tinggi yang dapat mengoptimalkan fungsi kerja otaknya. Sementara kandungan seratnya sangat mampu memberikan energi penuh bagi si kecil.

    2. Kacang-kacangan
    Bunda tak perlu khawatir jika si kecil tidak menyukai cemilan yang satu ini, karena rasanya yang nikmat juga jenisnya pun sangat bervariasi mulai dari kacang tanah hingga kacang almond semuanya penuh dengan nutrisi. Terlebih cemilan sehat yang satu ini sangat kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang memiliki peranan penting sebagai pelindung sel-sel otak anak terhadap radikal bebas. Bahkan tak hanya baik untuk kemampuan berpikir anak, kandungan vitamin E dan thiamin pada kacang-kacanganpun sangat bermanfaat untuk mengubah glukosa menjadi energi. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kacang-kacanganpun mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

    3. Yogurt dan keju
    Produk olahan susu seperti yogurt dan keju telah terkenal dengan kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi. Protein dan vitamin B yang terdapat dalam produk olahan susu ini memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan enzim dan otak. Bahkan tak hanya itu, cemilan sehat yang satu ini pun mengandung vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan otot serta saraf tubuh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

    4. Buah berry
    Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, rasp berry dan lainnya di kenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki nutrisi yang baik dalam mendukung perkembangan otak dan motorik anak. Bahkan tak hanya itu, jenis buah tersebut juga dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi ingat otak. Selain itu, kandungan antioksidan serta vitamin C juga terdapat dalam jenis buah tersebut.

    5. Telur
    Anak-anak mungkin menyukai cemilan yang satu ini, terlebih bunda mengolahnya menjadi aneka makanan menarik. Seperti meyulap telur menjadi omlet, telur dadar, martabak ataupun dadar gulung yang di kombinasikan dengan cincangan daging dan sayur. Selain rasanya yang lezat, telur juga nyatanya memiliki kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan protein anak. Kuning telur juga mengandung zat kolin yang memiiki perananan penting dalam perkembangan otak anak, terlebih fungsi daya konsentrasi dan ingat yang membuat anak menjadi tidak mudah lelah. Namun bunda juga harus memberikannya pada porsi yang pas dan tidak berlebihan. Hal itu mengingat kuning telur juga mengandung kolesterol, yang mana jika kandungan kolesterol terlalu tinggi pada anak maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anak.

    6. Agar-agar
    Dari pada membelikan jajanan yang belum tentu sehat bagi kesehatan si kecil, lebih baik bunda membuatkan agar-agar di rumah untuknya. Kandungan seratnya yang cukup tinggi membuat agar-agar juga dapat di klasifikasikan sebagai cemilan sehat untuk si kecil. Bunda bisa menambahkan buah-buahan segar dan mencetaknya pada certakan-cetakan lucu untuk menarik si kecil. Selain sehat, agar-agar juga dapat membuat anak lebih kenyang tahan lama, sehingga ia tidak akan merengek untuk di belikan cemilan yang tidak sehat.

    Selain dari pada itu, masih banyak lagi jenis cemilah sehat lainnya bagi anak. Seperti halnya bunda membuat smoothie dari berbagai jenis buah atau sayur seperti kiwi, pisangm, bayam yang di kombinasikan dengan yogurt rendah lemak.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - December 6, 2016
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Lia Rachma

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Dijawab Oleh : Lia Rachma
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana