Mengenal Penyakit Kolera Pada Anak-Anak

Bunda, apa bunda tahu apa itu penyakit kolera? penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak, oleh sebab itu bunda harus tahu apa itu penyakit kolera dan apa saja gejala agar bunda bisa melindungi anak dari serang penyakit kolera tersebut.

Tubuh anak memang rentan sekali terserang penyakit apalagi bila anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuhnya, resiko penyakit menyerang tubuhnya akan semakin tinggi. Sistem kekebalan tubuh anak adalah hal yang harus diperhatikan oleh bunda karena bila sistem kekebalan anak baik maka anak tidak akan dengan mudahnya terserang penyakit. Begitupun sebaliknya bila sistem kekebalan tubuh anak lemah maka anak akan sering sakit.

Nah, kali ini mari kita bahas tentang penyakit kolera pada anak. Kolera adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi akibat diare parah. Penularan kolera biasanya terjadi melalui air yang terkontaminasi. Jika tidak segera ditangani, kolera dapat berakibat fatal hanya dalam beberapa jam saja.Penyakit kolera adalah penyakit yang diakibatkan infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae.  Bakteri vibrio ini juga sering mengontaminasi pasokan air massal, es yang terbuat dari sumber air massal, makanan dan minuman yang diproduksi dengan higieni yang buruk, sayuran yang tumbuh dialiri limbah.

Gejala yang akan terjadi pada anak penderita penyakit kolera diantaranya :

  • Diare dengan disertai bintik-bintik putih seukuran beras
  • Muntah Denyut nadi cepat
  • Hilangnya elastisitas kulit
  • Membran mukosa kering
  • Tekanan darah turun
  • Mudah haus
  • Kram otot
  • Mudah gelisah atau lekas marah

Gejala kolera yang terjadi pada anak-anak sering kali lebih berat dibandingkan dengan dewasa. Anak-anak yang terjangkit bakteri kolera lebih rentan terkena hipoglikemia atau gula darah rendah yang bisa mengakibatkan kejang, hilangnya kesadaran dan bahkan koma.

Untuk itu jika Anak bunda mengalami gejala diatas segera temui dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Citra Dewi Amd.Keb - June 17, 2017
Diskusi Dari:
debbyaprilyulia

selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan usg lagi atau tidak?terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
juwita

Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

Dijawab Oleh : Putri Kintamani