Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Melihat anak tumbuh kembang dengan baik dan terhindar dari penyakit adalah harapan semua orang tua, ada begitu banyak penyakit yang dapat menyerang sistem pernafasan, pencernaan dan kulit anak. Salah satu penyakit yang menyerang kulit anak-anak adalah ruam kulit. Kulit merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kita merasakan sentuhan. Karena begitu pentingnya fungsi kulit, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit anak. 

Ruam kulit merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit dan menyebabkan perubahan warna atau tekstur kulit. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam.

Penyebab ruam kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya iritasi, reaksi dari obat, infeksi ataupun alergi. Beberapa jenis ruam yang muncul dibagian kulit dapat menunjukan adanya masalah serius, bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini akan dapat mengancam jiwa anak. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk menegtahui jenis ruam apa saja yang bisa menyerang kulit.

  • Ruam Popok

Ruam di Kulit Anak yang pertama adalah Ruam popok atau diaper rush biasa terjadi pada bayi,

Yaitu kulit pantat dan selangkangan merah-merah.

  • Biang Keringat

Yaitu sumbatan saluran kelenjar keringat miliara karena aktifitas bakteri kulit. Biasanya, ada bintik-bintik merah dan terasa gatal.

Biang keringat sering terjadi di daerah yang berudara panas.

  • Eksim

Eksim adalah salah satu istilah yang umum menggambarkan kondisi kulit yang meradang, kering, gatal dan timbul kemerahan. Kondisi penyakit eksim ini adalah penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini biasa disebut dengan dermatitis.

  • Granuloma Annulare

Granuloma annulare atau granuloma anular adalah sebuah kondisi gangguan kulit kronis yang terdiri dari timbulnya ruam melingkar yang berbentuk benjolan kemerahan (papula).Daerah tubuh yang biasa diserang adalah bagian tangan, kaki, siku dan juga bagian lutut.

  • Biduran

Biduran/urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit berupa ruam kemerahan dan gatal. Ukurannya bervariasi. Biduran dapat terjadi di semua kulit tubuh baik anak kecil maupun dewasa, sering tejadi pada bagian bibir, tangan dan kelopak mata. Bisa terjadi karena alergi makanan. minuman, hawa dingin dan kontak dengan sesuatu hal yang menyebabkan alergi.

  • Ruam Susu

Ruam susu/milk eczema sering kita jumpai pada bayi.  Tanda-tandanya adalah disekitar pipi bayi terdapat ruam putih seperti panu dan terasa gatal.

Itulah informasi menganai penyakit ruam pada anak-anak, untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan kulit anak. Mengingat ada begitu banyak penyakit yang bisa menyerang kulit anak. Semoga bermanfaat

Citra Dewi Amd.Keb - February 27, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ririn

Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
mohon penjelassannnya

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo