Mengenali Setiap Pola BAB dan BAK Si Kecil

https://www.curhatbidan.com/Terima kasih atas kunjungan Anda kembali pada website CurhatBidan.Com. Dalam artikel kali ini saya akan mengulas sedikit mengenali pola BAB (Buang Air Besar), serta BAK (Buang Air Kecil) pada anak.
Pada umumnya, anak terutama yang masih bayi masih memiliki pola buang air yang berbeda terhadap bayi satu dan lainnya. Kondisi ini terjadi berkaitan dengan pola makan diantara bayi yang tentu saja memiliki perbedaan.
Pada bayi usia 3 bulan, mereka cenderung sering untuk buang air kecil, bahkan bisa dilihat jika ada yang sampai 1 jam sekali mengompol.
Namun, seiring bertambahnya perkembangan dan usia bayi, terutama setelah usianya kemudian sampai ke 12 bulan akan terjadi perubahan yaitu bisa 2 atau 3 jam dalam satu kali. Akan tetapi, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini terutama jika bayi mengalami kondisi seperti :
  • Bayi buang air kecil kurang dari 3 kali dalam waktu selama 24 jam.
  • Urin yang dikeluarkan berwarna lebih pucat.
  • Di bagian urin tersebut ditemukan adanya darah.
  • Saat mengalami buang air kecil, si kecil terlihat kesakitan.

Pola saat BAB (Buang Air Besar) pada bayi.

Sama saja pada pola BAB anak, hal ini juga ditentukan sebagaimana asupan makanan yang dikonsumsi. Pada umumnya, bayi akan mulai BAB 4 sampai 10 kali sehari. Memang termasuk cukup banyak, tapi tidak perlu khawatir karena dalam hitungan tersebut, masih termasuk BAB normal pada bayi.
Baru setelah 1 bulan pertama, frekuensi buang air besar akan berkurang dari misalnya 4 kali sehari, menjadi hanya  1 kali dalam sehari. Terlebih jika dipengaruhi makanan tertentu, terkadang bisa BAB hanya 1 kali dalam seminggu. Untuk kasus seperti ini disarankan ibu juga tidak perlu khawatir dengan bentuk pola buang air besar yang satu ini, karena hal tersebut masih terbilang normal.

Mengetahui Warna Serta Konsistensi Dari Feses Anak.

Tentang warna dan konsistensi yang dimiliki oleh feses (tinja), biasanya hal ini ada kaitannya dengan bentuk makanan yang dikonsumsi olehnya. Pada bayi yang masih mendapatkan asupan ASI ekslusif, biasanya konsistensi feses akan lembek, dengan warna kuning agak ketuaan serta beberapa bagian yang terlihat menyerupai biji. Hal ini akan berbeda jika terjadi pada kondisi feses dari bayi yang telah diberikan konsumsi susu formula, yang mana memiliki tekstur padat serta warnanya menjadi lebih kecoklatan.
Beragam kondisi bayi yang mana seperti halnya kesulitan dalam melakukan BAB adalah saat bayi mengejan, dengan wajahnya yang memerah untuk mengeluarkan feses tersebut. Bahkan sebagian dari  beberapa bayi buang air besar dengan disertai tangisan karena rasa sakit yang terjadi.
Lebih dari itu, adalah hal yang wajib untuk hal yang wajib diperhatikan adalah tentang tekstur yang dimilikinya. Apakah padat? jika memang iya, maka bayi tersebut dapat dikategorian mengalami sembelit.

Diare pada si buah hati.

Tidak hanya anak, bahkan bayi pun juga mengalami Diare. Diare pada bayi biasanya diiringi dengan frekuensi yang cukup sering dari waktu biasanya. Kondisi fesesnya pun akan lebih lembek dan berair.

Penting untuk ibu ketahui jika Diare pada bayi dapat menyebabkan dehidrasi

 Dengan mengetahui bagaimana pola dari buang air pada si kecil, akan membuat Anda sebagai orangtua lebih memperhatikan dan waspada jika mengalami kejanggalan saat anak buang air. Agar, nantinya bisa langsung dilakukan penanganan dan tidak terlambat.
 Semoga bermanfaat.
Citra Dewi Amd.Keb - July 25, 2018
Diskusi Dari:
Ramadhan

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
Trims yaa

Dijawab Oleh :