Mengetahui Ciri Kehamilan Anak Laki-Laki atau Perempuan Tanpa USG

Tanya Bidan | Saat sedang hamil, tidak jarang ada teman atau saudara yang bilang jika anak yang dikandungnya adalah laki-laki atau perempuan. Dimana mereka menduga hal tersebut dari bentuk perut maupun kebiasaan dari si ibu hamil.

Memang untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit, dimana anda bisa menggunakan teknologi Ultra Sonografi (USG) yang lebih modern untuk mengetahui jenis kelamin, panjang dan berat tubuh janin, kelainan pada janin, gerakan dan detak jantung janin, usia kehamilan bahkan sampai pada prediksi tanggal kelahiran. Dan USG ini 85% bisa dikatakan akurat apalagi sekarang sudah berkembang USG 4 Dimensi yang dapat menampilkan janin kedalam bentuk yang lebih nyata dan real.

Selain melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang ada didalam kandungan, kita juga bisa melihatnya melalui ciri-ciri yang terjadi pada ibu hamil. Jika anda selama ini belum sempat melakukan USG, beberapa hal berikut ini bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui jenis kelamin calon buah hati.

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki

Pertama, kita bisa melihatnya melalui posisi perut ibu hamil, anak laki-laki biasanya berada pada perut bagian atas. Selain itu jika dilihat dari fisik, orang yang sedang hamil anak laki-laki cenderung lebih berjerawat dibandingkan mereka yang mengandung anak perempuan yang disebabkan oleh hormon tertentu.

Kedua, orang biasanya melihat melalui ukuran payudara. Ibu yang sedang hamil tentu ditandai dengan ukuran payudara yang menjadi lebih besar. Anak laki-laki biasanya memiliki payudara bagian kanan yang lebih besar dibandingkan dengan kiri.

Ibu yang sedang hamil anak laki-laki cenderung memiliki suhu kaki yang lebih dingin dari biasanya. Ciri lainnya bisa melihat melalui denyut nadi dalam waktu satu menit, anak laki-laki biasanya memiliki denyut nadi kurang dari 140 dalam satu menit.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan

Sedangkan untuk ciri-ciri mengandung anak perempuan, beberapa ciri yang terjadi berlawanan dengan ciri anak laki-laki. Jika anak laki-laki posisi perut berada dibagian atas, maka untuk calon anak perempuan cenderung berada pada bagian bawah.

Selanjutnya seorang ibu yang mengandung calon anak perempuan juga memiliki detak nadi lebih banyak daripada yang mengandung anak laki-laki.

Beberapa hal lain yang belum kami sebutkan yaitu mengenai bentuk perut pada ibu hamil. Calon anak laki-laki biasanya memiliki bentuk yang cenderung lebih lancip. Sedangkan untuk calon anak perempuan, umumnya memiliki perut yang berbentuk lebih bulat seperti semangka.

Ibu yang mengandung anak perempuan biasanya juga menjadi lebih rajin dalam merawat diri, berbeda dengan calon anak laki-laki yang biasanya lebih malas untuk merawat tubuh.

Kondisi mood terhadap makanan juga bisa kita lihat untuk mengetahui jenis kelamin calon buah hati, ibu yang mengandung anak perempuan biasanya menyukai makanan manis seperti susu, coklat, keju sedangkan untuk calon anak laki-laki lebih ke makanan pedas, asin, dan juga asam.

Demikianlah ciri-ciri yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui jenis kelamin buah hati anda. Semoga bermanfaat!

Citra Dewi Amd.Keb - August 8, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat siang dok…
Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Khansa Adeline