Cara Menghitung Masa Subur Wanita setelah Haid

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid – Masa subur seorang wanita setelah haid merupakan fase atau masa yang cukup penting bagi sepasang suami istri, karena jika mereka melakukan hubungan suami istri disaat masa subur dan menginginkan seorang anak, bisa berpeluang besar hamil.

    Tips dan Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

    Pada dasarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghitung kapan seorang wanita mengalami masa subur, salah satu cara mudah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Bisa Anda dapatkan pada aplikasi gadget atau secara online, tapi menentukan masa subur dengan cara manual juga tidak kalah mudah dan rumus yang dipakai tidak begitu sulit.

    Catat Siklusnya

    Adanya presepsi bahwa masa puncak suburnya wanita adalah hari ke-14 dalam masa haidnya itu merupakan fakta yang salah tapi untuk wanita yang memiliki siklus reguler dan tidak terhenti selama 28 hari maka itu pernyataan yang benar. Karena sebenarnya masa masa subur wanita buka 14 hari setelahnya melainkan sebelumnya, jadi jika tanggal menstruasi Anda teratur bisa menghitung masa subur Anda dengan cara mengurangi tanggal tersebut sebanyak 2 minggu dan tanggal seharusnya Anda menstruasi.

    Temperatur Tubuh

    Cara lain menentukan masa subur wanita ialah mencatat temperatur basal body temperature (BBT) yaitu temperatur tubuh dipagi hari sebelum melakukan aktifitas apapun. Sekitar 35-37 derajat celcius suhu normal wanita yang tidak berevolusi. Tapi jika masa subur wanita meningkat setengah derajat dan menetap pada angkat tersebut sebelum dan sesudah haid.

    Monitor Kesuburan

    Apabila siklus menstruasi Anda tidak rutin, bisa menanyakan alat pengecek kesuburan kepada dokter kandungan. Biasanya jika menggunakan alat seperti ini menilai masa subur wanita melalui air urine dan hormon lutein.

    Cek Lendir Serviks

    Cukup dengan melihat cairan serviks atau cervical mucus yang keluar dari rahim Anda tanpa menggunakan alat apapun, umumnya cairan seperti ini menempel pada celana dalam atau tisu toilet yang Anda gunakan setelah membersihkan atau mengeringkan vagina. Anda sedang masa subur wanita ketika cairan itu mulai terlihat licin dan elastis mirip dengan putih telur yang mentah.

    Masa subur wanita dengan siklus teratur :

    • 14 hari sebelum haid atau menstruasi
    • Masa subur wanita dengan siklus menstruasi 30 hari ialah hari ke-16 caranya 30 hari – 14 hari = 16
    • Masa subur wanita dengan siklus menstruasi 27 hari ialah hari ke-13 caranya 17 hari – 14 hari = 13

    Itulah informasi mengenai Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid semoga bermanfaat .

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - May 30, 2016
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel
    Diskusi Dari:
    ardislenehan846

    Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

    Dijawab Oleh : ardislenehan846
    Diskusi Dari:
    Chika ELlo

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Isti Rahmawati

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Dijawab Oleh : Isti Rahmawati