×

ASI Berubah Warna Saat Ibu Terinfeksi Virus Corona

Bagikan Artikel :

ASI Berubah Warna Saat Ibu Terinfeksi Virus Corona

Selain adanya perubahan kandungan dan warna ASI pada bayi yang sedang sakit, perubahan ini jugaa terjadi pada ibu saat terinfeksi virus corona. Asi pada ibu yang terinfeksi virus corona akan berwarna kehijauan. Umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari perubahan warna ASI, kecuali merah atau merah muda dari payudara pecah-pecah atau berdarah, dalam hal ini ibu harus menjaga dirinya sendiri, tidak khawatir tentang ASI.

Akhir-akhir ini virus corona varian Omicron terus melonjak. Oleh sebab itu, menjadi penting bagi orang tua untuk merawat bayi dan mengambil tindakan pencegahan khusus. Pertama dan terpenting, sebagai orangtua harus selalu memakai masker dan menjaga jarak aman dengan bayinya. Terutama jika memiliki gejala seperti batuk, tenggorokan gatal, nyeri tubuh, demam dan kelelahan.

Related Posts :

    Penyebab ASI Berubah Warna Menjadi Hijau

    Baru-baru ini, ada seorang ibu mengatakan warna ASI miliknya berubah menjadi hijau setelah dia dan bayinya terinfeksi positif Covid-19. Ia menunjukkan foto ASI berwarna krem yang dia simpan sebelumnya. Kemudian membandingkan ASI dengan kantong yang baru dipompanya dan menghasilkan warna hijau neon.

    Tenang, sebenarnya ASI berwarna kehijauan tidak serta merta menandakan seseorang selalu terinfeksi Covid-19. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Termasuk pengaruh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu.

    Para ahli mengatakan warna hijau bisa disebabkan oleh peningkatan kadar imunoglobulin. Bahkan juga termasuk sel darah putih dan leukosit yang semuanya membantu melawan infeksi. ASI dapat berubah menjadi biru, hijau, kuning, krem, cokelat dan terkadang merah muda.

    Apakah Boleh Menyusui Saat Sang Ibu Terinfeksi Covid-19?

    Belum ada bukti yang tersedia tentang penularan infeksi Covid-19 aktif melalui ASI dan menyusui. Sebenarnya ibu menyusui yang terkonfirmasi positif Covid-19, hal tersebut tidak menularkan virus SARS-CoV-2 melalui ASI.

    Di sisi lain, memberikan ASI antibodi bawaan akan mampu menetralisir virus untuk si Kecil. Artinya, ibu yang terinfeksi Covid 19 tidak boleh dipisahkan dari anaknya yang baru lahir. Sang ibu tetap dianjurkan melakukan pemberian ASI dengan syarat selalu memakai masker dan tidak mencium bayi saat terinfeksi.

    Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir Saat Ibu Terkena Virus Corona

    1. Kenakan masker di sekitar bayi
    2. Sering mencuci tangan
    3. Dapatkan vaksinasi untuk Covid-19. Pertimbangkan juga bahwa bayi mendapatkan suntikan flu
    4. Pastikan nutrisi ibu menyusui terpenuhi agar ASI tetap lancar
    5. Jangan panic, jika terjadi flu dan demam pada bayi segera konsultasi pada dokter dan jangan hentikan menyusui
    6. Jangan membawa bayi ke tempat ramai atau pertemuan sosial apa pun

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Normalkah sering pipis saat hamil

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Kehamilan

  • Oleh : Monica Puspitasari
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidaan…
    Mau tanya dong bu..
    Saya kan terakhir haid tgl 1 maret. Dan sampai tanggal 6 april belum jga datang bulan. Semalam tgl 7 saya berhungan dengan suwami saya. Bangun sahur tdi kok ada keluar bercak darah ya bu .. saya jg belum melakukan tespeck setelah telat datang bulan ini. Kenapa ya bu bisa keluar bercak darah dan apa solusi nya ??? Tolong bantuan nya ya bu bidan
    Trimakasih
    Wasallam wr. wb

  • Oleh : Monica Puspitasari
  • Promil

  • Oleh : rosellagrishin3
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Tanya Bidan