×

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagikan Artikel :

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagi ibu menyusui, apa yang dimakan dan diminum pasti dipikirkan terlebih dahulu. Karena takut akan mempengaruhi ASI untuk si Kecil. Salah satu minuman yang membuat bingung ibu menyusui adalah soda.

Banyak yang mengklaim Ibu menyusui tidak boleh minum soda karena dikhawatirkan bayi bakal kembung. Benarkah demikian? Memang ibu menyusui perlu menerapkan diet seimbang. Tujuannya, agar ibu cepat pulih setelah melahirkan dan produksi ASI. Enggak cuma itu, makan asupan bergizi seimbang juga meningkatkan energi dan sistem imun ibu menyusui. Lantas, gimana dengan soda?

Related Posts :

    Amankah Soda Untuk Ibu Menyusui ?

    Makanan dan minuman, termasuk soda yang terdiri dari pemanis yang disetujui Food and Drug Adminsitration (FDA) seperti aspartame, cesulfame potassium, dan sucralose aman ketika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan. Pada dasarnya soda seperti soft drink mengandung kafein. Nah, bagi ibu menyusui, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, bayinya bisa rewel dan mengalami masalah pencernaan. Disarankan, Bunda maksimal minum soda dua cangkir sehari. Tapi ingat juga bahwa soda bisa mengandung pemanis tambahan. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2 bahkan obesitas.

    Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Membuat Bayi Kembung?

    Menurut pakar laktasi Kelly Bonyata, tak ada makanan yang mesti dipantang ibu menyusui kecuali setelah ibu makan makanan tertentu, timbul reaksi jelas pada bayi. Perut kembung umum terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka belum matang. Ketika bayi teralu banyak menghirup udara saat menyusu, dia juga bisa kembung, Bun.

    Beberapa hal yang bisa bikin bayi kembung adalah menghirup udara ketika dia menangis. Menyusu pakai dot, sehingga aliran susu yang masuk lebih lambat dan ada kesempatan udara masuk. Bahkan, mengisap botol susu yang sudah habis bisa bikin bayi kembung karena dia mengisap udara.

    Terlalu banyak menyusu juga bisa bikin bayi kembung, selain muntah. Perut bayi kembung juga bisa terjadi ketika dia sensitif pada beberapa bahan makanan yang dikonsumsi ibu. Atau, bisa juga perut bayi kembung karena ibu menyusui sedang mengonsumsi vitamin, herba, atau obat yang sensitif buat anak.Jika kembung anak tak kunjung hilang, baiknya konsul ke dokter ya, Bunda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan saputri
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Nama Saya Rismawati Umur 20 Tahun, Saya Keputihan Mulai Bulan 8 Thn Kemarin Dok, sampai Sekarang Belum Sembuh, Padahal Udah minum BanyaK Obat, Jamu, udah pake Daun Sirih juga tapi gak ada perubahan, Keputihan Saya Gatal, Bau Amis, warnanya agak kuning, Terus Kental, kalau berhubungan Nyeri, Panas, terus ada benjolan juga Dok.. Mohon Solusinya Dok, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Udah Nikah 1 tahun Lebih….

    Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    Tanya Bidan