×

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagikan Artikel :

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagi ibu menyusui, apa yang dimakan dan diminum pasti dipikirkan terlebih dahulu. Karena takut akan mempengaruhi ASI untuk si Kecil. Salah satu minuman yang membuat bingung ibu menyusui adalah soda.

Banyak yang mengklaim Ibu menyusui tidak boleh minum soda karena dikhawatirkan bayi bakal kembung. Benarkah demikian? Memang ibu menyusui perlu menerapkan diet seimbang. Tujuannya, agar ibu cepat pulih setelah melahirkan dan produksi ASI. Enggak cuma itu, makan asupan bergizi seimbang juga meningkatkan energi dan sistem imun ibu menyusui. Lantas, gimana dengan soda?

Amankah Soda Untuk Ibu Menyusui ?

Makanan dan minuman, termasuk soda yang terdiri dari pemanis yang disetujui Food and Drug Adminsitration (FDA) seperti aspartame, cesulfame potassium, dan sucralose aman ketika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan. Pada dasarnya soda seperti soft drink mengandung kafein. Nah, bagi ibu menyusui, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, bayinya bisa rewel dan mengalami masalah pencernaan. Disarankan, Bunda maksimal minum soda dua cangkir sehari. Tapi ingat juga bahwa soda bisa mengandung pemanis tambahan. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2 bahkan obesitas.

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Membuat Bayi Kembung?

Menurut pakar laktasi Kelly Bonyata, tak ada makanan yang mesti dipantang ibu menyusui kecuali setelah ibu makan makanan tertentu, timbul reaksi jelas pada bayi. Perut kembung umum terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka belum matang. Ketika bayi teralu banyak menghirup udara saat menyusu, dia juga bisa kembung, Bun.

Beberapa hal yang bisa bikin bayi kembung adalah menghirup udara ketika dia menangis. Menyusu pakai dot, sehingga aliran susu yang masuk lebih lambat dan ada kesempatan udara masuk. Bahkan, mengisap botol susu yang sudah habis bisa bikin bayi kembung karena dia mengisap udara.

Terlalu banyak menyusu juga bisa bikin bayi kembung, selain muntah. Perut bayi kembung juga bisa terjadi ketika dia sensitif pada beberapa bahan makanan yang dikonsumsi ibu. Atau, bisa juga perut bayi kembung karena ibu menyusui sedang mengonsumsi vitamin, herba, atau obat yang sensitif buat anak.Jika kembung anak tak kunjung hilang, baiknya konsul ke dokter ya, Bunda.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Menggunakan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan ,
    Saya dengan Ainy , saya ingin menanyakan masalh kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Payudara

  • Oleh : Nur Isti
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam.. Saya nur istiqomah dari kalimantan.. Saya sudah menonton cara sadari dari awal kangker atau tumor di dalam diri. Setelah saya cek memang ada benjolan. Yang ingin saya tanyakan tentang benjolan yang ada di payudara namun jika di tekan benjolan itu lari lari( tidak menetap) payudara saya juga sering nyeri.. Mohon jawaban nya.. Terima kasih. selamat malam

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Tanya Bidan