×

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagikan Artikel :

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Bikin Bayi Kembung?

Bagi ibu menyusui, apa yang dimakan dan diminum pasti dipikirkan terlebih dahulu. Karena takut akan mempengaruhi ASI untuk si Kecil. Salah satu minuman yang membuat bingung ibu menyusui adalah soda.

Banyak yang mengklaim Ibu menyusui tidak boleh minum soda karena dikhawatirkan bayi bakal kembung. Benarkah demikian? Memang ibu menyusui perlu menerapkan diet seimbang. Tujuannya, agar ibu cepat pulih setelah melahirkan dan produksi ASI. Enggak cuma itu, makan asupan bergizi seimbang juga meningkatkan energi dan sistem imun ibu menyusui. Lantas, gimana dengan soda?

Amankah Soda Untuk Ibu Menyusui ?

Makanan dan minuman, termasuk soda yang terdiri dari pemanis yang disetujui Food and Drug Adminsitration (FDA) seperti aspartame, cesulfame potassium, dan sucralose aman ketika dikonsumsi dalam jumlah tak berlebihan. Pada dasarnya soda seperti soft drink mengandung kafein. Nah, bagi ibu menyusui, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, bayinya bisa rewel dan mengalami masalah pencernaan. Disarankan, Bunda maksimal minum soda dua cangkir sehari. Tapi ingat juga bahwa soda bisa mengandung pemanis tambahan. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes melitus tipe 2 bahkan obesitas.

Benarkah Ibu Menyusui Minum Soda Membuat Bayi Kembung?

Menurut pakar laktasi Kelly Bonyata, tak ada makanan yang mesti dipantang ibu menyusui kecuali setelah ibu makan makanan tertentu, timbul reaksi jelas pada bayi. Perut kembung umum terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka belum matang. Ketika bayi teralu banyak menghirup udara saat menyusu, dia juga bisa kembung, Bun.

Beberapa hal yang bisa bikin bayi kembung adalah menghirup udara ketika dia menangis. Menyusu pakai dot, sehingga aliran susu yang masuk lebih lambat dan ada kesempatan udara masuk. Bahkan, mengisap botol susu yang sudah habis bisa bikin bayi kembung karena dia mengisap udara.

Related Posts :

    Terlalu banyak menyusu juga bisa bikin bayi kembung, selain muntah. Perut bayi kembung juga bisa terjadi ketika dia sensitif pada beberapa bahan makanan yang dikonsumsi ibu. Atau, bisa juga perut bayi kembung karena ibu menyusui sedang mengonsumsi vitamin, herba, atau obat yang sensitif buat anak.Jika kembung anak tak kunjung hilang, baiknya konsul ke dokter ya, Bunda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan payudara

  • Oleh : Sasta Tarigan
  • 3 minggu, 6 hari yang lalu

    Buk saya wanita berumur 21 tahun, saya mau bertanya di payudara sebelah kanan saya ada benjolan tetapi jika di sentuh tidak sakit itu knp ya buk? Mohon penjelasan nya ya buk saya kwatir.

  • Oleh : Sasta Tarigan
  • Masa subur

  • Oleh : Yul
  • 10 bulan yang lalu

    Siang dok. Mau tanya dok jika melakukan hubungan di akhir masa haid apakah terjadi kehamilan? Saya haid tgl 5 maret tgl 10 maret saya melakukan hubungan. Siklus haid saya selama 6bln selama 26-30 hari

  • Oleh : Yul
  • Tentang payudara

  • Oleh : Monica Sindi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bidan..
    Saya mau bertanya..
    Saya terkejut karena ada benjolan di payudara saya ,selama ini saya tidak menyadari bahwa ada benjolan..
    Namun benjolan nya tidak terasa sakit..
    Namun saya search digoogle ciri2 kanker payudara..
    Kan ada tuh putingnya dicubit keluar air atau tidak..
    Nah ini gak ..
    Hanya saja ada benjolan namun tidak terasa sakit..

    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya 🙏🏻

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Tanya Bidan