×

Bolehkah Ibu Menyusui Yang Terkena Virus Corona Memberikan ASI Kepada Si Kecil?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Ibu Menyusui Memberikan ASI Kepada Si Kecil?

Semakin hari jumlah orang yang terkena virus corona semakin bertambah. Orang yang terjangkit virus corona tidak memandang usia. Ada pada kalangan bayi di bawah usia satu tahun, balita, usia produktif, lansia hingga ibu menyusui.

Sebagian orang yang terinfeksi virus Corona mengalami gejala ringan menyerupai flu, namun ada pula penderita infeksi virus Corona yang mengalami gejala berat akibat pneumonia. Infeksi virus Corona kini sudah terkonfirmasi ditemukan di Indonesia.

Langkah Penanganan Infeksi Virus Corona Pada Ibu Menyusui

Bila Busui mengalami gejala-gejala virsus corona seperti demam, flu, diare, muntah dan sesak nafas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut disebabkan oleh infeksi virus Corona atau bukan.
Bila hasil pemeriksaan dokter memastikan adanya infeksi virus Corona, Busui perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapat pemantauan dan pengobatan dari dokter.
Namun, jika hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya infeksi virus Corona, Busui dapat beristirahat di rumah dan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter hingga gejala membaik. Selama beristirahat, Busui disarankan untuk tidak bepergian ke luar rumah.

Apakah Bayi Bisa Tertular Virus Corona Melalui ASI?

Sampai saat ini, belum ada penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa infeksi virus Corona dapat menular lewat ASI. Oleh karena itu, ibu menyusui yang terkena infeksi virus Corona masih boleh memberikan ASI atau menyusui bayinya.
Meski demikian, risiko bayi tertular infeksi virus Corona dari ibunya tetap ada. Penularan bisa terjadi ketika ibu menyusui yang terjangkit virus Corona menyentuh bayinya dengan tangan yang belum dicuci, juga ketika ibu menyusui batuk atau bersin di dekat bayinya.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona Dari Ibu Menyusui Ke Bayi

• Mengenakan masker saat berada di dekat bayi dan anak-anak, termasuk ketika sedang memberikan ASI
• Mencuci tangan dan membersihkan puting dan kulit di sekitarnya sebelum dan sesudah menyusui bayi, juga sebelum memerah ASI
• Memerah ASI, baik dengan pompa ASI maupun secara manual (hanya dengan tangan tanpa menggunakan alat), lalu memberikan ASI perah kepada bayi dengan botol susu yang bersih
• Memberikan susu formula kepada bayi sebagai pengganti ASI, jika ibu tidak dapat menyusui

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 11, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok,

    Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
    namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

    salam,

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Apa saja faktor yang dapat menghambat kehamilan

  • Oleh : laceyu4030243
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    Tanya Bidan