×

Buah-buahan Yang Membuat Ibu Menyusui Banjir ASI

Bagikan Artikel :

Buah-buahan Yang Membuat Ibu Menyusui Banjir ASI

Selain rasa yang lezat buah memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama bagi ibu menyusui. Sehingga ibu menyusui diwajibkan memakan buah-buahan setiap hari sebanyak 2 porsi dan harus bervariasi.

Related Posts :

    Ada bebera buah yang mampu membuat ibu menyusui banjir ASI. Tentu ASI yang berlimpah adalah keinginan semua ibu menyusui. Yuk simak di bawah ini!

    Buah-buahan Yang Bisa Membuat ASI Banjir

    1. Jeruk
      Buah pelancar ASI yang pertama adalah jeruk. jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang sangat dibutuhkan ibu menyusui, bahkan lebih dari saat Anda hamil. Vitamin C memainkan peran penting dalam menumbuhkan gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi baru lahir.
      Zeitlin mengatakan itu juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Dia juga menambahkan bahwa ibu baru harus mengonsumsi sekitar 120 miligram vitamin C per hari, yang berarti sekitar dua jeruk kecil.
    2. Pepaya Hijau
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah pepaya hijau. Pepaya hijau adalah varietas muda hijau dari pepaya kuning keemasan. Pepaya hijau merupakan salah satu galactagogue terbaik, artinya merupakan agen yang menginduksi laktasi. Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi ASI dan juga memberi Anda vitamin penting seperti Vitamin A, B, C, dan E.
    3. Aprikot
      Buah pelancar ASI lainnya adalah apricot yang manis namun mengemas beberapa fitoestrogen serius, yang meniru aktivitas estrogen dalam tubuh. Fitoestrogen membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi.
      Aprikot juga kaya akan kalsium, kalium, dan vitamin C dan A, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang optimal untuk Moms dan Si Kecil. Aprikot kering adalah camilan yang mudah disimpan di tas Anda untuk santap cepat
    4. Alpukat
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah alpukat. Alpukat merupakan sumber asam lemak esensial yang kaya seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Asam amino ini penting untuk banyak fungsi tubuh dan membantu Moms menghasilkan ASI yang kaya.
      Alpukat sangat bagus untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol. Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa avokad ke dalam salad Moms atau memakannya sebagai camilan cepat.
    5. Blueberry
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blueberry. Manfaat blueberry yang menonjol adalah sifat antioksidannya. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dari buah apa pun.
      Meskipun jumlah yang melewati ASI sebagian besar tidak diketahui, telah dipastikan bahwa antioksidan memang masuk ke bayi, yang dapat membantu mencegah penyakit pada masa bayi menurut sebuah penelitian di Journal of Health, Population and Nutrition.
    6. Stroberi
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah stroberi. Stroberi sangat lezat. Sebagai ibu menyusui, Moms harus memasukkan buah-buahan luar biasa ini ke dalam menu makanan harian. Mereka penuh dengan zat besi dan membanggakan berbagai vitamin seperti Vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.
      Jika Moms alergi terhadap stroberi, atau seseorang dalam keluarga memiliki riwayat alergi stroberi, konsultasikan dengan dokter sebelum Moms memakannya. Alergen juga dapat memengaruhi Si Kecil melalui ASI.
    7. Pisang
      Kalium sangat penting bagi wanita hamil, tetapi mempertahankan kadar kalium yang tinggi tetap penting saat menyusui. Buah pelancar ASI berikutnya adalah pisang.
      Dan sebenarnya, Moms membutuhkan lebih banyak sebagai ibu menyusui, karena akan membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sesuai Baby Center, jumlah potasium yang disarankan adalah 5.100 miligram.
      Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 450 miligram potassium. Tapi, tak berarti Moms harus mengonsumsi dalam jumlah banyak karena mineral penting ditemukan di beberapa makanan, termasuk kentang, yang merupakan pengemas super kalium.
    8. Honeydew Melon
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah honeydew melon. Saat Moms sedang menyusui, tubuh akan membutuhkan aliran vitamin dan mineral penting yang stabil.
      Untuk memenuhi kebutuhan gizi, pertimbangkan untuk mengonsumsi melon kuning. Moms bisa mengemil buah-buahan ini atau menambahkannya ke makanan penutup di salad buah.
    9. Buah Ara
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah buah ara. Buah ara kaya akan banyak mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, zat besi dan kalium. Mereka juga merupakan sumber serat, Vitamin K, dan Vitamin B6 yang bagus.
      Ini pada dasarnya adalah alasan mengapa sejumlah masakan menggunakan buah ara dalam salad mereka dan banyak perusahaan makanan bayi memasukkan buah ara ke dalam makanan bayi.
    10. Mangga
      Mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Buah pelancar ASI ini memiliki kandungan serat dan kalium juga membantu Moms mengisi kembali nutrisinya. Dan tentu saja, mangga matang benar-benar enak serta manis.
    11. Blewah
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah blewah. Blewah kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niacin, thiamin dan folat. Makan buah ini bisa membantu Moms tetap terhidrasi.
      Karena kandungan airnya yang tinggi, buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui dan bahkan sebaliknya.
    12. Sawo
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah sawo. Ini adalah persembahan yang lebih eksotis, tetapi sawo tidak akan mengecewakan dalam hal rasa. Sawo adalah buah berkalori lebih tinggi, menurut perhitungan nutrisi Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), yang baik untuk ibu baru dan ibu menyusui yang perlu mengisi kalori yang mereka bakar melalui menyusui (sekitar 500 kalori dibakar per hari melalui menyusui.)
      Buahnya juga serat super tinggi, yang akan membantu ibu merasa kenyang dan membantu mencegah sembelit.
    13. Kismis
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kismis. Faktanya adalah bahwa untuk mendapatkan cukup ASI, tubuh seorang ibu menyusui membutuhkan banyak karbohidrat yang berguna.
      Itulah mengapa sebagian besar wanita dalam masa menyusui sangat tertarik pada makanan manis dan berkalori tinggi, di antara produk favorit seperti manisan, gula, kue, dan berbagai kue kering yang enak.
      Ini bukan kebetulan, karena diketahui bahwa permen termasuk dalam kelompok karbohidrat cepat. Karbohidrat jenis ini memiliki kemampuan untuk membelah perut manusia dengan cepat.
      Mereka juga meningkatkan kadar glukosa dalam darah wanita. Ini membantu meningkatkan mood emosional, dan produksi energi dalam tubuh ibu menyusui.
      Namun, sayangnya, karbohidrat cepat tidak dapat dianggap sebagai produk yang bermanfaat, dan konsumsinya harus dibatasi. Dalam hal ini, dokter menyarankan untuk mengganti permen biasa dengan buah-buahan kering yang bermanfaat.
      Di antara yang paling bermanfaat, diperkaya dengan vitamin, buah kering, bisa dibedakan kismis. Diketahui bahwa anggur kering terdiri dari gula alami. Manfaat kismis mendukung aktivitas sistem saraf, yang sangat diperlukan bagi wanita setelah melahirkan.
    14. Kurma
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah kurma. Kurma mengandung triptofan. Triptofan adalah salah satu dari 10 asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk membuat protein yang dibutuhkannya.
      Secara khusus, triptofan berfungsi sebagai prekursor serotonin (neurotransmitter perasaan baik kita). Seratonin mendukung kimiawi laktasi.
      Buah yang bagus untuk ibu memnyusui yaitu kurma dengan manfaat membantu tubuh menciptakan hormone prolactin.
      Prolaktin merupakan hormon yang memberitahu tubuh Moms untuk memproduksi ASI berlebih. Manfaat Kurma untuk ibu menyusui juga kaya kalsium, tinggi serat, dan manis alami.
    15. Jeruk Bali
      Buah pelancar ASI selanjutnya adalah jeruk bali. Moms, sama seperti jeruk dan buah citrus lainnya, jeruk bali juga mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti sudah banyak diketahui, vitamin C punya peranan penting untuk tubuh Moms dan Si Kecil. Vitamin C disebut-sebut penting untuk pertumbuhan gigi dan otot Si Kecil.
      Di sisi lain, vitamin C juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui.
      Nah, Moms bisa menjadikan jeruk bali ini sebagai kudapan atau dimakan setelah makanan utama sebagai pencuci mulut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 29, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian Vitamin Pada Bayi

  • Oleh : Indriana Puspa Aliansa
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 2 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, bu saya mau tnya, saya udh minum pil plasebo skali dan harusny malam ini sy minum pil plasebi, krn sy brhbngan intim dengan suami, krn takut hamil sy minum pil aktif lg, apakah sy akan hamil dok, trus besok sbaikny sy mengonsumsi pil plasebo atau aktif?

    Tanya Bidan