×

Cara Mengatasi Pembengkakak Payudara Saat Menyapih

Bagikan Artikel :

Cara Mengatasi Pembengkakak Payudara Saat Menyapih

Ketika payudara bengkak karena menyapih Si Kecil, bunda akan merasakan beberapa keluhan yang tidak nyaman seperti demam, nyeri yang hebat, payudara bengkak, nyeri sentuh, dan sakit kepala. Kenapa ya bisa demikian. Karena saat menyapih, ASI tidak otomatis berhenti biasanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu untuk benar-benar tidak diproduksi.

Akibatnya, payudara akan terasa penuh dan tidak nyaman hingga menimbulkan bengkak. Bengkak payudara akan menimbuhlkan rasa nyeri. Kebanyakan wanita akan mengalami rasa nyeri parah saat mulai menyapih dan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

Related Posts :

    Namun, bila rasa nyeri tidak berkurang setelah berhari-hari, Bunda sebaiknya segera mencari bantuan ke dokter atau konsultan laktasi ya. Selain itu, lakukan langkah-langkah yang bisa meredakan payudara bengkak.

    Cara meredakan payudara bengkak

    1. Kompres dingin
      Kompres dingin dapat meredakan peradangan dan payudara bengkak saat menyapih. Kompres dingin juga dapat membantu menurunkan produksi ASI lho.
      Bunda dapat menggunakan daun kubis untuk kompres nih. Daun kubis dapat mengurangi sakit dan payudara bengkak. Daun kubis mengandung senyawa yang memiliki efek anti-nyeri dan anti-inflamasi.
    2. Minum obat pereda nyeri
      Obat pereda nyeri dapat diminum saat payudara bengkak disertai nyeri. Bunda bisa minum parasetamol 500 miligram (mg) setiap 4 jam untuk mengurangi nyeri.
      Meski aman, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter untuk penggunaan obat ya, termasuk dosis dan aturan minum obat.
    3. Minum banyak air
      Minum banyak air sangat disarankan selama menyusui dan menyapih. Selain bisa mencegah payudara bengkak, konsumsi air mineral juga bisa meredakan kondisi ini, Bunda.
      Air dapat menjaga sistem limfatik bekerja secara efisien. Air juga bisa membantu meminimalkan ASI tersumbat selama terjadi pembengkakan di payudara.
      Nah, pilih air mineral untuk konsumsi selama menyusui juga harus tepat ya. Pilih yang jelas mengandung mineral esensial yang penting untuk tubuh seperti Le Minerale. Kemasannya terjamin lebih higienis karena menggunakan galon yang selalu baru, bukan galon bekas yang dicuci ulang.
    4. Pijat laktasi
      Jika payudara bengkak, lalu terdapat beberapa benjoolan akibat sumbatan payudara maka sebaiknya bunda melakukan pijat laktasi. Karena sumbatan ASI ini akan membuat ASI semakin lama diserap kembali oleh tubuh, sedangkan produksi ASI masih tetap berjalan untuk beberapa hari. Dengan demikian pijat laktasi ini akan membuat aliran ASI lancar dan mempercepat untuk meredakan pembengkakan payudara.
    5. Kompres kubis
      Daun kubis tidak hanya menenangkan tetapi juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan payudara dan rasa sakit dengan langsung meletakkan daun dingin kubis di payudara. Jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu daun kubisnya ya bund.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 14, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Ingin hamil anak ke 2 anak pertama sudah umur 6 thn

  • Oleh : Yoke Ceca
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Yoke Ceca
  • Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Kenapa tidak haid

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Permisi Bu.
    Saya mau tanya kan saya melahirkan bulan Juni 2019 nah trus pas anak saya umur 1 bulan saya disuruh KB sama orang tua saya dan saya pakai KB 3 bulan nah itu cuma 2x terus pas anak saya umur 5 bulan saya langsung lepas KB tapi sampe skrg anak saya umur 1 tahun setengah saya belum juga haid knpa ya? Apakah aman? Terimakasih.

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • Tanya Bidan