×

Ini Alasannya Ibu Nifas Dan Menyusui Dianjurkan Mengonsumsi Buah Pisang!

Bagikan Artikel :

Ini Alasannya Ibu Nifas Dan Menyusui Dianjurkan Mengonsumi Buah Pisang!

Dari awal kehamilan hingga masa nifas, dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang. Buah pisang ini memiliki banyak manfaat untuk ibu dan sang buah hati.

Buah pisang memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Di dalam buah pisang terdapat komposisi 68% air, 25% gula, 2% protein 1% lemak dan mineral serta 1% sisanya adalah serat selulosa. Dimana dalam pisang tersebut juga memiliki kandungan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, provitamin A, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, asam tanin, seng dan lain sebagainya. Nah, untuk kali ini kita akan membahas manfaat pisang untuk ibu menyusui.

  1. Sebagai Sumber Vitamin C
    Dalam buah pisang tentunya mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh manusia untuk menyerap zat besi dari sumber makanan lain. Maka dari itu ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi buah pisang dapat membantunya dalam penyerapan zat besi. Apabila ibu nifas anemia karena terhambatnya penerapan zat besi maka produksi ASI pun akan terhambat.
  2. Sebagai Tambahan Kalori
    Bahwasanya ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori sekitar 400-500 kalori per hari, dimana tambahan kalori tersebut digunakan untuk menjaga stabilitas energi dalam ibu menyusui. Buah pisang inilah yang bisa digunakan sebagai penambah kalori dalam tubuh ibu menyusui.
  3. Sebagai Penambah Energi
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah pisang ini memiliki banyak sekali nutrisi. Terlebih pada dasarnya wanita membutuhkan banyak energi ketika merawat sang bayi dan juga ketika ia sedang menyusui. Ketika asupan energi tidak tercukupi, maka tubuhnya akan merasa lemas. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi mereka khususnya ibu menyusui untuk rutin mengkonsumsi pisang minimal sehari sekali agar kondisinya tetap terjaga.
  4. Sebagai Sumber Potasium yang Baik
    Dalam buah pisang setidaknya memiliki kandungan 500 miligram Potasium yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi sel dalam tubuh.
  5. Sebagai Sumber Kalsium
    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa di dalam satu buah pisang juga terdapat kalsium yang berguna untuk membantu pertumbuhan bayi Anda serta menjaga kondisi tulang Anda. Dimana ibu menyusui diharuskan menkonsumsi sebanyak 1.200 mg kalsium setiap harinya.
  6. Sebagai Sumber Karbohidrat
    Setiap hari pastinya seseorang membutuhkan asupan karbohidrat yang seimbang sesuai kebutuhannya masing-masing. Begitu juga dengan ibu menyusui yang membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak ketimbang ketika ia sudah tak lagi menyusui. Buah pisang inilah yang dapat dijadikan alternatif sebagai menambah karbohidrat di dalam tubuh selain nasi. Konsumsilah buah pisang setiap hari agar kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tetap tercukupi.
  7. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh
    Secara alami buah pisang ini bisa dikatakan bebas dari lemak dan kolestrol, dimana manfaatnya adalah dapat membantu tubuh untuk mengontrol kolestrol dalam darah. Selain itu buah pisang ini dapat membantu ibu menyusui untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  8. Mengecilkan Perut Setelah Masa Kehamilan
    Setelah masa kehamilan tentunya perut sang ibu masih terlihat sedikit buncit, oleh karena itu makan buah pisang dapat dijadikan alternatif untuk mengecilkan perut atau bisa juga membantu program diet.

Yang Perlu Diperhatikan

jika Anda memiliki alergi apabila memakan pisang kemudian mengalami demam, mual dan lain-lain lebih baik tidak perlu dikonsumsi. Karena jika tetap dilanjutkan akan berdampak pula pada kesehatan ibu dan sang bayi.

Mitos Ibu Nifas Jangan Makan Pisang

Banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa ibu nifas atau ibu yang menyusui dilarang makan buah pisang karena bisa membuat bayi diare saat disusui, dan vagina menjadi lembek.

Related Posts :

    Perlu diketahui hal tersebut hanya mitos belaka. Ibu pada pascapersalinan, sah-sah saja bila ingin makan pisang justru dianjurkan karena banyak kalium. Kandungan kalium yang ada di dalam pisang justru baik untuk menambah tenaga dan melancarkan pencernaan. Ibu nifas biasanya mengalami semebelit, dan bisa diredakan oleh pisang.

    Tidak hanya aman dikonsumsi setelah melahirkan, pisang juga baik untuk ibu selama menyusui karena dapat menjaga aliran ASI dengan baik. Pisang juga kaya folat yang bermanfaat bagi perkembangan bayi baru lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 30, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 2 tahun yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Keputihan

  • Oleh : Nela Nurlaela
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Nama saya nela nurlaela umur saya 19th saya mau tanya bu. Saya sedang keputihan tetapi warna aga kuning keijoan sedikit bentuknya encer ga terlalu kental banget terasa gatal juga dan saya juga baru habis menstruasi sekitar semingguan dari tanggal 19-25 dan sekarang lagi keputihan. Gimana cara mengatasinya ya bu. Terimakasih mohon jawaban nya😊

    Tanya Bidan