×

Ini Lho Caranya Agar Si Kecil Tidak Menggigit Puting Saat Menyusu

Bagikan Artikel :

Ini Lho Caranya Agar Si Kecil Tidak Menggigit Puting Saat Menyusu

Proses mengasihi adalah masa-masa yang menyenangkan dan harus disyukuri. Hal ini karena tidak semua ibu bisa menyusui anaknya. Selain itu ASI adalah satu-satunya susu terbaik untuk buah hati.

Related Posts :

    Tapi disisi lain ketia menyusui si kecil kadang suka menggigit putting, sehingga membuat ibu malas menyusui. Memang tidak semua bayi menggigit saat sedang menyusu, tetapi ini membuat ibu kaget dan sakit. Bayi cenderung menggigit putting karena bayi sedang tumbuh gigi.

    Nah pada artikel kali ini, Bidan Citra akan share beberapa tips agar si Kecil tidak menggigit putting payudara saat menyusu.

    Tips Mencegah Bayi Menggigit Puting

    1. Masukkan Jari Sebagai Pembatas
      Mengawasi bayi selama menyusu dengan seksama akan membuat ibu mengetahui kapan dia akan menggigit puting. Biasanya bayi menggigit puting menjelang selesai menyusu atau di tengah-tengah proses menyusui ketika rasa haus atau lapar yang dirasakannya sudah berkurang. Bersiaplah untuk segera mengakhiri aktivitas menyusui setelah ibu melihat tanda-tanda kenyang pada Si Kecil. Jangan ragu untuk meletakkan jari ibu di sudut mulut bayi dan menarik puting keluar dari mulutnya.
    2. Pastikan Bayi Sedekat Mungkin dengan Payudara
      Jangan sampai wajah dan tubuh Si Kecil posisinya terlalu jauh dari payudara ibu, selama menyusui. Posisi yang terlalu jauh membuatnya kesulitan untuk mencapai puting dan mengisap ASI, sehingga dia sangat mungkin menggigit puting ibu. Apabila ia sudah terlanjur menggigit karena posisi wajahnya yang terlalu jauh dari payudara, jangan langsung menarik Si Kecil menjauh dari payudara secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkannyamenggigit lebih keras dan membuat payudara ibu lebih sakit.
    3. Membantu Memicu Aliran ASI
      Bayi yang menggigit puting payudara di awal menyusu dapat disebabkan oleh letdown reflex yang tidak benar. Akibatnya, bayi yang lapar cenderung menggigit puting dengan harapan akan ada banyak ASI yang keluar.
      Untuk mencegah terjadinya hal ini, sesaat sebelum menyusui, pijatlah payudara dan pilinlah puting beberapa kali untuk membantu memulai letdown sebelum bayi melekat ke payudara. Selain itu, ibu dapat mencoba mengompres payudara saat buah hati sedang menyusu untuk membantunya mendapatkan lebih banyak ASI untuk memuaskan rasa lapar atau hausnya.
    4. Posisi Menyusu yang Nyaman
      Posisi yang baik memainkan peran penting dalam aktivitas menyusui yang sehat. Cari tahu posisi yang nyaman bagi ibu dan Si Kecil. Pertahankan posisi tersebut setiap kali menyusui. Ini juga dapat mencegah bayi menggigit puting saat menyusu.
    5. Menyusui Saat Bayi Lapar
      Ibu mungkin ingin memastikan buah hati makan tepat waktu dan tidak kelaparan. Tetapi, pastikan untuk hanya menyusuinya jika dia sudah benar-benar lapar. Fokuslah untuk mulai menyapih bayi dari ASI secara perlahan sejak dia tumbuh gigi.
    6. Ajarkan dan Peringatkan Si Kecil untuk Tidak Menggigit
      ibu dapat memperingatkan dan mengajari bayi bahwa dia tidak boleh menggigit saat menyusu. Caranya adalah dengan berhenti menyusui dan biarkan dia tetap berbaring di tempatnya. Tetap awasi buah hati, tetapi biarkan dia berpikir bahwa ibu tidak memperhatikannya.
      Jika Si Kecil menggigit hanya demi mencari perhatian, dia tidak akan mengulanginya lagi. Jika masih diulangi, maka ulangi lagi peringatannnya. Bayi cukup pintar untuk membaca isyarat, jadi dengan hukuman semacam ini mereka biasanya berhenti menggigit.
    7. Berikan Teether Setelah Menyusu
      Biasakan untuk memberikan teether setelah menyusu jika bayi sedang tumbuh gigi. Dengan begitu dia akan menemukan alternatif benda untuk digigit. Hentikan aktivitas menyusui jika bayi mengigit payudara untuk mencegah puting terluka. Jika Si Kecil menggigit karena pilek atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai apa yang harus Moms lakukan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Sakit perut saat hamil berbahaya kah?

  • Oleh : Tika
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Tanya Bidan