×

Ini Tandanya ASI Yang Mengalir Lancar Dan Normal

Bagikan Artikel :

Ini Tandanya ASI Yang Mengalir Lancar Dan Normal

Bagi pejuang mengASIhi, tentu akan melakukan berbagai cara agar ASI tetap mengalir dengan lancar. Hal ini dilakukan karena para Bunda sudah mengetahui betapa dasyatnya ASI bagi sang buah hati. Ada Bunda yang rutin mengonsumsi ASI booster, ada juga yang rutin pijat laktasi dan lain-lain.

Related Posts :

    Meski demikian, apakah Bunda sudah mengetahui tanda-tanda kelancaran ASI? Kelancaran aliran ASI mungkin agak sulit diketahui apabila tidak muncul let-down reflex. Ya, let-down reflex atau milk-ejection reflex (MER) adalah reaksi alami otomatis yang terjadi di tubuh saat bayi menyusu. Lalu apa tanda ASI mengalir dengan normal dan lancar? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

    Tanda ASI Mengalir Lancar Dan Normal

    1. Kram di sekitar rahim
      Dilansir Kelly Mom, pada minggu pertama atau lebih, ibu menyusui mungkin merasakan kram rahim. Ini normal karena ini salah satu tanda tubuh sedang memproduksi ASI untuk si kecil.
    2. Bayi mengubah pola isapan
      Bayi mengubah pola isapannya dari pendek dan berombak (seperti dot isap) pada awal menyusui menjadi lebih panjang, menarik, dan berirama sekitar satu menit saat menyusu.
    3. Merasa rileks atau mengantuk
      Tubuh Bunda yang sedang bekerja atas produksi ASI membuat Bunda mungkin merasa tenang, rileks. Bunda juga bisa saja mengantuk atau sedikit lelah.
    4. Merasa haus
      Bunda mungkin merasakan sensasi haus yang kuat saat menyusui. Nah, saat haus ini lah Bunda minum banyak air putih agar aliran ASI makin lancar.
    5. Ada sensasi kesemutan pada payudara
      Mengutip Very Well Family, Bunda mungkin merasakan kesemutan, atau sensasi hangat di payudara. Ini berarti aliran ASI Bunda normal dan lancar.
      Saat merasakan salah satu tanda di atas, Bunda bisa bernapas lega ya. Itu tandanya ASI mengalir lancar dan normal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 14, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok terkadang membesar terkadang mengecil dan saat posisi mengecil benjolan tersebut keras dok bagai mana cara mengatasinya dok ? Minta tolong responnya dok🙏

  • Oleh : Amirul Huda
  • Tentang haid

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kak saya mau tanya saya kan sudah haid tapi kok keluar seperti putih telur lendir kak tapi tidak bau apa itu haid atau keputihan kak saya takut terjadi apa-apa

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    Keluar darah setelah berhubungan

  • Oleh : Nurnita
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, dok. Kenapa ya setelah saya berhubungan intim dan ini pertama kali saya berhubungan inti saat berhubungan inti saya keluar darah di area vagina saya, dan setelah berhubungan juga masih keluar dok sampai berharai hari masih keluar darah, dan saat saya basuh terasa peeih

  • Oleh : Nurnita
  • Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Tanya Bidan