×

Kondisi ASI Pada Ibu Menyusui Yang Memakan Jengkol

Bagikan Artikel :

Kondisi ASI Pada Ibu Menyusui Yang Memakan Jengkol

Jengkol memang memiliki bau yang khas dan tajam. Banyak orang gemar makan jengkol. Selain enak jengkol memiliki kandungan protein, posfor, zat besi, vitamin dan lainnya sebagainya.

Jengkol ini aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Tapi bolehkah jika ibu menyusui makan jengkol? biasanya Bunda yang sedang menyusi ragu nih. Makan jengkok bakal berefek pada bayi enggak ya?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Jengkol?

Boleh ko ibu menyusui makan jengkol, selama bayi tidak menyunjukkan alergi setelah anda makan jengkol. Yang dipantang makanan yang bikin ibu dan bayinya alergi. Tapi jika bayi anda menunjukkan adanya alergi setelah makan jengkol, maka segera hentikan dan konsultasikan ke dokter spesialis laktasi.

Apakah Bisa Membuat ASI Menjadi Bau Jengkol?

Sebenarnya belum ada penelitian yang meneliti apakah jengkol bisa membuat ASI jadi bau kalau dikonsumsi ibu menyusui. Untuk itu, tidak bisa dikatakan juga, kalau jengkol bisa merugikan atau tidak karena belum ada evidence based-nya.

Apabila bunda mau makan jengkol ya tidak apa-apa, sambil dilihat respons bayi dan aroma ASI. Kalau memang ada perubahan perilaku bayi misalnya dia jadi tidak mau menyusu, ya berarti distop makan jengkolnya.

Tapi, kalau tidak ada perubahan perilaku bayi, menyusunya masih lancar, silakan Bunda melanjutkan makan jengkol. Tapi ingat, jangan berlebihan juga ya, Bunda.

Berapa Jumlah Jengkol Yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui?

Hal ini juga tidak bisa dipastikan seberapa banyaknya, kembali lagi karena tidak ada evidence based-nya. Sewajarnya aja, misal mulai dengan sekeping dua keping aja dulu sambil lihat reaksi bayi dan kesehatan Anda.

Jengkol Yang Dikonsumsi Ibu Menyusui Harus Benar-benar Matang

Saat mengonsumsi jengkol harus memastikan dimasak secara matang agar tidak mengandung bakteri seperti Listeria. Perlu dipastikan terlebih dahulu kematangannya sebelum dikonsumsi. Jika terlalu sering memakan jengkol dalam keadaan mentah atau setengah matang, tentunya dapat menyebabkan keluhan kesehatan seperti keracunan, terbentuknya batu ginjal, dan merusak pembuluh darah pada ginjal,

Related Posts :

    Hal ini harus diperhatikan. Selain untuk kesehatan bunda juga demi kenyamanan dan kesehatan si Kecil yang sedang diberikan ASI secara eksklusif,

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Apakah melakukan hipnosis baik selama proses persalinan?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Memberi MPASI dini

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • 1 tahun yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya ? Anak saya umur 4bln lebih 2minggu , saya memberinya dia MPASI dini karna anak saya sering rewel dan kalau KK nya lagi makan pasti dia ngeliatin nya sampe bibir nya cicip , pas saya kasih MPASI dini anak saya yang tadinya rewel langsung tertidur lelap . Pas bangun tidur selang beberapa menit dia BAB Bun ? Apa itu sudah biasa atau usus nya belum menerima?

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Tanya Bidan