×

Luar Biasa, Kandungan ASI Akan Berubah Ketika Bayi Sakit

Bagikan Artikel :

Luar Biasa, Kandungan ASI Akan Berubah Ketika Bayi Sakit

Bunda, kuasa tuhan begitu luar biasa. Kita lihat dari air susu ibu dulu ya. Ada salah satu penelitian yang dilakukan pada ibu yang sedang menyusui. Kebetulan anaknya sedang sakit. Ketika di pumping ASI ketika bayinya sakit berwarna lebih putih. Dan ketika bayinya sehat, hasil pumping menunukkan ASI berwarna kekuningan.

Ternyata ASI yang diproduksi ketika bayi sakit banyak mengandung foremik, terlihat lebih encer dan lebih putih di banding ASI saat bayi sehat.

Bunda perlu diketahui bahwa foremik gudanngya antibody. Pasukan pelawan penyakit yang ada di bagian ASI yang encer ini. ASI di design lebih real time sesuai kebutuhan si bayi (konsumennya. Saat ia sakit kandungan ASI yang diproduksi si ibu pun berbeda. Hebat ya kreatornya ASI?

Sudah terbukti bahwa air susu ibu (ASI) nggak cuma jadi makanan buat bayi tapi juga ‘obat’ saat si kecil sakit.

Mengapa Bisa Demikian ?

Saat bayi menyusu di payudara, mulut dan air liurnya mengenai payudara ibunya dan masuk ke saluran dalam tubuh ibu. Nah, reseptor kelenjar susu menafsirkan dari air liur itu apakah mengandung bakteri dan virus atau tidak. Jika terdeteksi sesuatu yang salah, misalnya bayi sakit atau melawan infeksi, maka tubuh ibu akan mengubah komposisi imunologis di ASI.

Karena itu pula para ilmuwan berhipotesis bahwa menyusui langsung bayinya merupakan cara bagi ibu untuk ‘mengetahui’ kondisi anaknya. Selanjutnya, tubuh ibu akan merespons dengan antibodi dalam ASI untuk membantu melawan infeksi di tubuh bayinya.

Terkadang saat kita sakit, tubuh kita membakar lebih banyak kalori untuk melawan penyakit itu. Jadi kalori susu ibu bisa meningkat untuk memastikan si bayi memiliki energi untuk melakukan pekerjaan melawan virus tersebut.

Komposisi ASI

Komposisi ASI juga diyakini membantu meningkatkan kemampuan imun tubuh untuk menangkal berbagai macam risiko penyakit. Di dalam ASI ada kandungan yang bisa dengan cepat berubah sebagai respons pada infeksi yang dialami bayi.

ASI mengandung sejumlah kecil sel yang merupakan bagian sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, yang disebut juga sebagai leukosit. Ketika bayi atau ibu sakit, jumlah leukosit di ASI juga meningkat.

ASI yang kaya akan leukosit diproduksi di awal-awal menyusui. Namun semakin usia bayi bertambah, leukosit dalam ASI ditengarai berkurang secara alami. Akan tetapi ketika infeksi muncul, leukosit akan meningkat, dan sel-sel yang berjumlah miliaran ini akan ditelan oleh bayi selama masa menyusui, sehingga membantunya melawan infeksi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 18, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak Reterdasi Mental

  • Oleh : Ocha Odang
  • 1 bulan yang lalu

    Untuk anak terkena reterdasi mental sekolahnya di SLB?

  • Oleh : Ocha Odang
  • Cara Untuk Menghilangkan Luka Yang Hitam

  • Oleh : Opik Taufik
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

  • Oleh : Opik Taufik
  • Keram perut

  • Oleh : Kikie Amel
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya positif hamil, mens akhir 29juni tp blm memeriksakan diri ke dokter, yg saaya rasakan perut sakit seperti mau haid.. Saya pernh mengalami keguguran pd bln desember 2019 ktnya janin tdk berkembang, normal kah hamil sy yg sering sakit sperti mau haid ini dok??

  • Oleh : Kikie Amel
  • Tips cara menjemur bayi yang benar

  • Oleh : reinaldo9976
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Tanya Bidan