×

Menyusui Bayi Secara Ekslusif Bisa Menunda Kehamilan Lho!

Bagikan Artikel :

Menyusui Bayi Secara Ekslusif Bisa Menunda Kehamilan Lho!

Menyusui ekslusif hingga 6 bulan tanpa tambahan susu formula bisa menjadi metode dalam ber-KB lho. Cara ini desebut dnenga metode amenorea laktasi (MAL) atau disebut juga lactational amenorrhea method (LAM). MAL adalah salah satu metode dalam menunda kehamilan (kontrasepsi) yang bersifat alamiah dan sementara. MAL diterapkan dengan mengandalkan pemberian ASI eksklusif kepada bayi di bawah enam bulan.

Cara Kerja Metode MAL

Cara kerja Metode Kontrasepsi MAL adalah menunda atau menekan terjadinya ovulasi sehingga selama 6 bulan masa menyusui ekslusif ini Anda tidak akan mengalami haid. Pada saat menyusui, hormon yang berperan adalah prolaktin dan oksitosin. Semakin sering menyusui, maka kadar prolaktin meningkat dan hormon gonadotrophin melepaskan hormon penghambat. Hormon penghambat akan mengurangi kadar estrogen, sehingga tidak terjadi ovulasi (pematangan sel telur tidak terjadi).

MAL Efektif Dalam Menunda Kehamilan

Metode kontrasepsi ini memiliki efektivitas tinggi (keberhasilan 98% pada enam bulan pasca persalinan bila ASI menjadi satu-satunya sumber nutrisi pada bayi. MAL ini tidak mengganggu hubungan seksual. Selain itu juga tidak ada efek samping secara sistemik, dan tidak memerlukan pengawasan medis dan tidak memerlukan obat atau alat, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Metode MaL Harus Sering Menyusui Bayi (10-12x Sehari)

Hal ini terjadi karena saat Anda menyusui, hormon yang dilepaskan untuk merangsang produksi ASI dapat mengganggu pelepasan hormon yang diperlukan untuk ovulasi (pelepasan telur). Jadi, semakin sering Anda menyusui bayi Anda, semakin banyak produksi ASI dan hormon yang membantu proses tersebut dilepaskan, sehingga semakin sedikit kesempatan tubuh Anda untuk melepaskan telur.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif (ASI saja dalam waktu 6 bulan) dalam frekuensi terus-menerus sesuai keinginan bayi (ASI on-demand) dan yang belum mulai menstruasi lagi adalah ibu yang sangat tidak mungkin untuk hamil selama 6 bulan pertama setelah melahirkan.

Syarat Jika Ingin Menggunakan MAL Untuk Menunda Kehamilan

1. Ibu harus menyusui bayi secara ekslusif. Eksklusif berarti penuh atau hampir penuh selama 24 jam dalam sehari termasuk malam hari. Ibu harus menyusui bayi selama 8x sehari atau lebih, biasanya sebanyak 10-12x dalam sehari. Hindari jarak antar menyusui lebih dari 4 jam. Selain itu juga bayi harus menghisap payudara ibu secara langsung.

2. Bayi berusia kurang dari 6 bulan. Jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan maka sudah diberikan MPASI dan frekuensi pemberian ASI akan berkurang.

3. Ibu harus dalam masa belum mengalami menstruasi. Jika ibu sudah mengalami menstruasi maka metode ini tidak dapat digunakan lagi karena ovulasi dapat terjadi setelah menstruasi. Pendarahan sebelum 56 hari paska salin belum dianggap sebagai haid. Pada ibu yang menyusui secara eksklusif ovulasi tidak akan terjadi sampai 10 minggu paska persalinan.

Keunggulan Metode MAL Selain Menunda Kehamilan

1. Bagi ibu menyusui secara ekslusif dapat mengurangi kejadian pendarahan setelah persalinan.

2. MAL tidak memiliki efek samping sistemik bagi ibu.

3. Mempercepat pemulihan rahim dan mengecilkan perut

4. Untuk bayi meningkatkan daya tahan tubuh karena ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan oleh bayi.

5. Bayi mendapatkan gizi yang terbaik dari nutrisi yang terdapat pada asi.

6. MAL meningkatkan hubungan psikologis antara ibu dan bayi.

Hambatan-hambatan Metode MAL

1. Kesulitan pada bayi untuk menyusui pada Ibu

2. Infeksi pada payudara ibu

3. Ibu positif terinfeksi HIV

Related Posts :

    4. Puting ibu lecet karena posisi menyusui yang kurang benar

    Selain itu keadaan lain seperti pada ibu yang bekerja atau memiliki aktivitas lain yang menyebabkan ibu tidak dapat menyusui bayi secara langsung selama 10-12x dalam sehari, sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi lain yang aman paska melahirkan, seperti IUD, kondom dll.

    Nah untuk hambatan-hambatan metode MAL ini bisa di atasi dengan mengonsumsi HABBAZA. Dengan meminum HABBAZA, poduksi ASI akan melimpah dan program KB akan berjalan dengan baik.

    habbaza

    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 17, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Bercak darah

  • Oleh : Rara Erlyska
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu. Maaf mau tanya. Saya hari ini keluar bercak darah segar warna kepink”an berair di sertai kram ringan di perut bagian bawah. Sementara saya haid kemarin di tanggal 15-20 november. Apakah itu normal bu? Saat ini saya sedang dalam masa subur. Dan haid yang akan mendatang masih 1 mingguan lebih tepatnya di tanggal 31 desember nanti

  • Oleh : Rara Erlyska
  • Konsul hamil

  • Oleh : Nirwana Tanio
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya ingin hamil tapi asi saya msh bnyak.. Apakah itu klebihan hormon atau gmna yah dok.. Anak saya sdh 3th lbih

    Tanya Bidan