×

Meskipun Tidak Kerja Kantoran, Bunda Perlu Melakukan Pumping!

Bagikan Artikel :

Meskipun Tidak Kerja Kantoran, Bunda Perlu Melakukan Pumping!

Apakah perlu bunda yang sedang menyusui melakukan pumping meskipun selalu stay di rumah merawat si Kecil? Bukannya pumping hanya untuk ibu yang bekerja kantoran ya? perlu diketahui bun, meskipun bunda tidak bekerja kantoran dan selalu stay di rumah sebaiknya melakukan pumping juga.

Related Posts :

    Bunda bisa melakukan pumping setelah si Kecil kenyang. Kondisi seperti ini akan memberikan si Kecil kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan hindmilk. Hindmilk adalah ASI yang ada di bagian belakang sel, disebut juga ASI belakang. Hindmilk akan didapatkan di saat sesi menyusui akan berakhir alias saat payudara hampir kosong. Teksturnya kental dan mengandung banyak lemak yang akan membuat si Kecil kenyang.

    Selain itu, kondisi ini juga bisa menghindari si Kecil tersedak karena banyaknya foremilk yang dihasilkan di awal yang terkadang bisa membuat si Kecil menolak ASI.

    Bunda juga bisa pumping saat baru saja selesai menyusui si Kecil. Kebalikannya, kondisi ini akan memberikan si Kecil banyak foremilk. Foremilk adalah ASI pertama atau ASI depan yang keluar saat dihisap. Teksturnya terlihat encer dan berwarna jernih. Foremilk kaya karbohidrat, vitamin, dan protein serta tinggi laktosa, yang berguna untuk membantu perkembangan otak bayi, memberi energi, dan mengatasi rasa haus. Selain itu foremilk juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

    Jangan salah bunda juga bisa memilih untuk melakukan kedua-duanya sekaligus. Menyusui sambil pumping. Satu payudara untuk menyusui, satu payudara lagi dipompa. Yang perlu kita ingat adalah bayi memiliki kemampuan stimulasi yang sangat baik. Kemampuan ini melebihi kemampuan alat pompa merek apa pun. Tentunya stimulasi ini juga akan meningkatkan produksi ASI.

    Manfaat Pumping Lainnya

    1. Pumping dapat menghindarkan Moms dari payudara yang tersumbat
      Beberapa bunda yang memiliki produksi ASI yang kelewat lancar tak luput dari masalah yang satu ini. Saluran ASI tersumbat dikarenakan saat penuh tidak langsung disusui ke si kecil. Ada yang karena si kecil masih tertidur, atau karena si kecil baru saja menyusu. Nah oleh karena hal itu, supaya saluran ASI tidak tersumbat, Moms sangat disarankan untuk pumping. Payudara yang mengalami penyumbatan itu cukup sakit lho Moms.
    2. Bagi ibu bekerja, Memerah ASI itu penting!Membuat stok ASI bukanlah hal yang baru bagi setiap bunda yang bekerja. Mereka melakukannya hanya semata supaya si kecil tidak kekurangan ASI ketika bunda harus pergi bekerja dan meninggalkannya beberapa jam. Dengan menyimpan ASI, bunda sudah pasti bisa mencukupi kebutuhan si kecil. Jika stok ASI sudah ada, no worry kan jadinya!
    3. Pumping bikin stok ASI bertambah ya
      Apalagi ini cukup meringankan bagi bunda yang punya mobilitas tinggi. Jika sering pumpingmaka stok ASI otomatis akan bertambah, dan bila bunda terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan harus meninggalkan si kecil sebentar, bunda sudah punya stok ASI untuk si kecil. Cukup beritahukan bagaimana cara mengolah ASI beku supaya siap diminum si kecil kepada orang terdekat yang turut serta membantu bunda dalam mengasuhnya, maka bunda pun tetap bisa beraktifitas dengan tenang.
    4. Beberapa bayi ada yang menolak menyusu lho
      Ada banyak faktor mengapa bayi menolak menyusu. Pertama, mungkin saja saat ia menangis itu bukanlah pertanda bahwa ia lapar, bisa jadi karena popoknya sudah penuh sehingga tidak nyaman. Kedua, posisi menyusui yang itu-itu saja dan mengakibatkan si kecil bosan, atau hal lainnya. Ketiga, mungkin si kecil sedang tidak enak badan sehingga harus rewel. Nah, pumping ini cukup berguna karena saat kondisi seperti ini bunda tetap dapat memberikan ASI untuk si kecil dengan menggunakan feeding cup atau sejenisnya.
    5. Untuk Moms yang produksi ASI-nya ngga banyak, pumpingcukup memberi manfaat!
      Salah satu tips jitu dari para pakar laktasi bila produksi ASI tidak lancara adalah dengan tidak patah semangat terus memberikan ASI kepada si kecil. Pumping ini termasuk metode yang memicu produksi ASI supaya tetap keluar. Dari yang keluarnya sedikit, hingga bisa jadi ASI yang keluar melimpah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Sakit punggung saat hamil apakah normal?

  • Oleh : Gek Anik
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya Widiyono ingin bertanya apakah sakit punggung saat hamil itu normal? Atau jangan-jangan ada masalah lain yang terjadi pada istri saya? Mohon dijawab ya bu, saya tunggu. Terima kasih sebelumnya

    Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Cara mengatasi bau pada kemaluan anak

  • Oleh : herry sinaga
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

    Pemberian Susu Formula

  • Oleh : Princess mikha
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Tanya Bidan