×

Pentingnya Dukungan Suami Saat Proses Menyusui

Bagikan Artikel :

Pentingnya Dukungan Suami Saat Proses Menyusui

Dukungan suami pada ibu menyusui akan memberikan banyak manfaat. Memang hal yang sederhana, tapi jika suami memberikan dukungan emosional akan membuat produksi ASI banyak, dan tumbuh kembang bayi optimal. Selain itu ibu pun akan lebih percaya diri dan pemulihan pasca bersalin akan semakin cepat.

Jenis-jenis Dukungan Suami

Dukungan emosional, spiritual, moral dan fisik adalah jenis dukungan yang Ayah perlu berikan untuk Ibu, peranan Ayah dalam fase ini disebut sebagai “Breastfeeding Father”. Dukungan Breastfeeding Father ini datang saat Ibu memasuki fase menyusui. Ibu akan merasa lebih nyaman dan tentram ketika dukungan ini datang, sehingga produksi ASI akan lancar dan berlimpah.

Salah Satu Bentuk Dukungna Suami

  1. Menemani istri dalam memeroleh informasi yang benar seputar menyusui.
  2. Memberi dukungan kepada ibu agar tetap semangat menyusui.
  3. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama buah hati.
  4. Tidak takut untuk terlibat dan juga belajar dalam proses menyusui.
  5. Memastikan bahwa istri memiliki asupan nutrisi yang cukup saat menyusui.

Pentingnya Dukungan Suami

Peran suami saat ibu menyusui sangat penting terhadap keberhasilan proses pemberian ASI. Ingat, lancarnya produksi ASI juga tak lepas dari peran seorang ayah. Sebagai support system terpenting, dukungan suami dalam membantu tugas-tugas dan tanpa henti menyemangati akan membuat ibu menyusui merasa berharga, akhirnya meningkatkan kadar hormon bahagia, sehingga ASI bisa mengalir deras.

Related Posts :

    Suasana kehangatan dan kebersamaan yang dibangun dari hubungan Ayah dan Ibu ikut mempengaruhi kualitas menyusui. Karena peranan Ayah sangat penting dalam proses menyusui, jadi Ibu tidak akan sendirian saat merawat sang Buah Hati. Proses ini tentu akan menjadi ritual yang seru dan menyenangkan untuk Ibu, Ayah & sang Buah Hati!

    Apabila Dukunan Suami Kurang

    Produksi ASI sangat berkaitan erat dengan kondisi emosional Ibu. Jika Ibu merasa cemas, takut ataupun khawatir, tentu akan mempengaruhi produksi ASI. Asupan ASI yang kurang dapat mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. Susu formula dapat diberikan jika ada indikasi medis tertentu sesuai dengan rekomendasi dokter, namun tetap ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik untuk sang Buah Hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah lepas KB

  • Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  • 1 tahun yang lalu

    Maf sebelum nya saya mau tanya ..saya harus nya KB 3 bulan . Itu bulan Juli .nah gara2 ada pendemi jadi semua Bidan tutup .jadi saya nggk suntik lepas KB .tapi Uda bulan Januari 2011 sekarang saya belum haid juga . Tapi pas di tes nggk hamil . Saya harus gimana Bu ..saya cemas sekali .gimana bisa hed lagi nya

  • Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  • luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    Haid lebih dari 14hari pertama kali terjadi semenjak menggunakan pil KB

  • Oleh : Osin Mantik
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau brtanya, saya seorang wanita yang menikah di usia muda (17tahun) hampir 2bulan yang lalu dikarenakan beberapa faktor pribadi, 2 minggu pertama setelah pernikahan saya dianjurkan untuk menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan,, jalan 2minggu penggunaan pil KB saya mengalami menstruasi dari tanggal 22agustus dan sampai saat ini 6september masih harus menggunakan pembalut karna masih ada darah yang terus keluar, apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus saya lakukan?

  • Oleh : Osin Mantik
  • cara mengatasi kebiasaan anak usia 5 tahun yang masih suka mengompol di tempat tidur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 5 tahun yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Tanya Bidan