Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Kualitas Menyusui

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Perhatikan Manakan Yang Dikonsumsi Untuk Kualitan Menyusui

    Jumlah ASI yang diproduksi oleh tubuh Anda dipengaruhi oleh seberapa sering bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak pula ASI yang dihasilkan tubuh Anda. Selain itu makanan yang bergizi sangat dibutuhkan ibu menyusui karena bisa memengaruhi jumlah produksi ASI.

    Jika diet Anda buruk maka akan memengaruhi gizi dan kesehatan ibu. Hal ini terjadi karena jika nutrisi dari makanan ibu kurang memenuhi kualitas ASI yang dibuat, maka tubuh akan mengambil nutrisi tersebut dari tubuh ibu.

    Misalnya asupan kalsium ibu yang diperoleh dari makanan kurang dapat memenuhi kualitas ASI yang dibuat oleh tubuh, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang ada di tubuh ibu. Hal ini tentunya merugikan untuk kesehatan ibu. Oleh karena itu, jika Anda sedang menyusui maka harus memperhatikan asupan nutrisinya, paling baik adalah menerapkan diet gizi seimbang.

    Cara Meningkatkan Kualitas ASI

    Meski telah tahu bahwa tubuh Anda pasti menjamin kualitas ASI diproduksi, mungkin Anda akan tetap merasa khawatir. Tenang, pastikan jika Anda melakukan hal-hal berikut untuk bisa memproduksi ASI dengan kualitas yang lebih baik lagi:

    a. Memastikan menerapkan diet gizi seimbang

    Walaupun ASI sudah pasti mengandung zat gizi yang lengkap, namun penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Misalnya saja, memilih makanan yang mengandung lemak baik dan hindari konsumsi lemak trans. Pasalnya, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, diketahui bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi banyak lemak trans dalam sehari, cenderung membuat bayinya juga memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi.

    b. Mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori

    Kebutuhan kalori yang Anda butuhkan saat menyusui tentu lebih banyak ketika Anda sedang tidak menyusui. Dengan memenuhi kebutuhan kalori, maka tubuh Anda akan lebih mudah untuk memproduksi ASI yang memiliki kualitas lebih baik.
    Jadi, jika Anda telah menerapkan gizi seimbang dan melakukan pola hidup yang sehat, jangan khawatir akan kualitas serta kuantitas ASI Anda. bila memang si kecil mengalami gangguan pertumbuhan atau suatu gejala tertentu, sebaiknya Anda segera periksakan bayi ke pelayanan kesehatan terdekat.

    Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Kualitas ASI

    1. Pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.

    2. Beragam sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam.

    3. Beragam sumber protein, misalnya ayam, telur dan ikan.

    4. Selama menyusui, mungkin Bunda akan sering merasakan haus. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Minumlah lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

    5. Sangat dianjurkan untuk mencuci bersih setiap buah dan sayuran yang akan dikonsumsi.

    Makanan Yang Kurang Baik Bagi Ibu Menyusui

    1. Makanan dengan bumbu pedas yang mungkin mengakibatkan perut kembung atau masalah pencernaan pada Ibu dan bayi.

    2. Kafein yang dapat menyebabkan Ibu dan bayi sulit tidur. Waspadai juga kafein yang terkandung pada teh, soft drink, dan coklat.

    3. Minuman beralkohol

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 7, 2018
    Diskusi Dari:
    samanthabarrient

    Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

    Dijawab Oleh : samanthabarrient
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aini Muti

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Dijawab Oleh : Aini Muti
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Asti Anisa

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Dijawab Oleh : Asti Anisa