×

Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi Untuk Kualitas Menyusui

Bagikan Artikel :

Perhatikan Manakan Yang Dikonsumsi Untuk Kualitan Menyusui

Jumlah ASI yang diproduksi oleh tubuh Anda dipengaruhi oleh seberapa sering bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak pula ASI yang dihasilkan tubuh Anda. Selain itu makanan yang bergizi sangat dibutuhkan ibu menyusui karena bisa memengaruhi jumlah produksi ASI.

Jika diet Anda buruk maka akan memengaruhi gizi dan kesehatan ibu. Hal ini terjadi karena jika nutrisi dari makanan ibu kurang memenuhi kualitas ASI yang dibuat, maka tubuh akan mengambil nutrisi tersebut dari tubuh ibu.

Misalnya asupan kalsium ibu yang diperoleh dari makanan kurang dapat memenuhi kualitas ASI yang dibuat oleh tubuh, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang ada di tubuh ibu. Hal ini tentunya merugikan untuk kesehatan ibu. Oleh karena itu, jika Anda sedang menyusui maka harus memperhatikan asupan nutrisinya, paling baik adalah menerapkan diet gizi seimbang.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Meski telah tahu bahwa tubuh Anda pasti menjamin kualitas ASI diproduksi, mungkin Anda akan tetap merasa khawatir. Tenang, pastikan jika Anda melakukan hal-hal berikut untuk bisa memproduksi ASI dengan kualitas yang lebih baik lagi:

a. Memastikan menerapkan diet gizi seimbang

Walaupun ASI sudah pasti mengandung zat gizi yang lengkap, namun penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Misalnya saja, memilih makanan yang mengandung lemak baik dan hindari konsumsi lemak trans. Pasalnya, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, diketahui bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi banyak lemak trans dalam sehari, cenderung membuat bayinya juga memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi.

b. Mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori

Kebutuhan kalori yang Anda butuhkan saat menyusui tentu lebih banyak ketika Anda sedang tidak menyusui. Dengan memenuhi kebutuhan kalori, maka tubuh Anda akan lebih mudah untuk memproduksi ASI yang memiliki kualitas lebih baik.
Jadi, jika Anda telah menerapkan gizi seimbang dan melakukan pola hidup yang sehat, jangan khawatir akan kualitas serta kuantitas ASI Anda. bila memang si kecil mengalami gangguan pertumbuhan atau suatu gejala tertentu, sebaiknya Anda segera periksakan bayi ke pelayanan kesehatan terdekat.

Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Kualitas ASI

1. Pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.

2. Beragam sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam.

3. Beragam sumber protein, misalnya ayam, telur dan ikan.

4. Selama menyusui, mungkin Bunda akan sering merasakan haus. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Minumlah lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

5. Sangat dianjurkan untuk mencuci bersih setiap buah dan sayuran yang akan dikonsumsi.

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Ibu Menyusui

1. Makanan dengan bumbu pedas yang mungkin mengakibatkan perut kembung atau masalah pencernaan pada Ibu dan bayi.

Related Posts :

    2. Kafein yang dapat menyebabkan Ibu dan bayi sulit tidur. Waspadai juga kafein yang terkandung pada teh, soft drink, dan coklat.

    3. Minuman beralkohol

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 7, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya sekarang usia 5 buln tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • Stunting

  • Oleh : Agustina Agustina
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu, anak saya umur 18 bulan. BB 7,5 tinggi 70. Apakah anak saya stunting? Makannya memang susah, suka yang gurih2, tidak suka manis. Apakah masih bisa normal? Bagaimana caranya?

  • Oleh : Agustina Agustina
  • cara gunakan pil kb

  • Oleh : siti siti
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya punya sodara nih dia ngga mau hamil dulu apa boleh setelah berhubungan intim minum pil kb?berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Tentang kehamilan

  • Oleh : My Future
  • 2 tahun yang lalu

    Kaka saya telat mens dok dan dia belum pernah sama sekali berhubungan badan,akan tetapi dia melihat channel dokter tentang keputihan yang ada bercak darah dok,dia udah telat dan hanya sekali keputihan dan ada bercak darahnya dok,apa itu hamil dok??

  • Oleh : My Future
  • Tanya Bidan