×

Rekomendasi Suplemen Untuk Ibu Menyusui

Bagikan Artikel :

Rekomendasi Suplemen Untuk Ibu Menyusui

ASI memang nutrisi yang paling baik untuk bayi. Oleh karena itu bunda perlu mendapatkan nutrisi yang baik dan seimbang. Selain nutrisi yang seimbang ibu menyusui membutuhkan merek vitamin terbaik untuk menjaga kesehatannya dan si Kecil. Namun sebelum itu, pastikan Bunda tidak sembarangan mengonsumsi vitamin yang dijual bebas di pasaran.

Nah kali ini curhat bidan akan memberikan rekomendasi merk vitamin dan suplemen untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini!

Rekomendasi Merk Vitamin Dan Suplemen Ibu Menyusui

  1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
    Suplemen Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah salah satu yang paling populer dipilih oleh ibu hamil dan menyusui. Setiap kapsulnya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu menyusui, seperti omega 3, vitamin B1, B2, B6, E, D3, dan C. Tidak hanya vitamin, Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, hingga zat besi dan potasium. Bunda cukup mengonsumsi 2 tablet sehari setelah makan untuk mendapatkan manfaatnya.
  2. Colostrum dan Spirulina
    Merek vitamin untuk ibu menyusui selanjutnya, terdiri dari dua kapsul yang mengandung spirulina dan juga clostrum. Di mana keduanya ini sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. Colostrum dan Spirulina diketahui mampu mencegah baby blues pada saat Mama menyusui karena mengandung ikan salmon yang cukup tinggi. Kandungan sayurannya seperti brokoli dan beberapa sayuran hijau lainnya juga sangat efektif untuk tumbuh kembang bayi. Colostrum dan Spirulina juga dipercaya mampu menutrisi ibu menyusui dengan teknologi smart detox serta mengandung omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan vitamin dan mineralnya pun mampu meningkatkan kualitas ASI.
  3. Enervon C
    Vitamin C atau Ascorbic Acid memiliki beragam manfaat bagi ibu menyusui, yakni meningkatkan produksi susu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menguatkan gigi dan tulang. Selain itu, mengonsumsi vitamin C bisa membantu menurunkan risiko mastitis atau infeksi pada saluran ASI. Enervon C adalah salah satu suplemen vitamin C yang baik dikonsumsi selama ibu menyusui beraktivitas. Tidak hanya kandungan vitamin C, Enervon C juga mengandung vitamin B yang dapat membuat ibu menyusui lebih bugar dan tidak mudah sakit. Meski tidak dikhususkan untuk ibu menyusui, namun kandungan vitamin B dan C dalam Enervon C tetap tergolong aman dikonsumsi ibu menyusui.
  4. Folamil Genio
    Suplemen Folamil Genio menjadi salah satu yang kami rekomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui selama beraktivitas. Suplemen ini memang biasanya diminum oleh ibu hamil, namun juga baik bagi ibu menyusui karena banyak nutrisi penting terkandung di dalamnya. Folamil Genio mengandung folic acid, betacaroten, vitamin B1, vitamin B2, nicotinamid, vitamin B6, kalsium, vitamin D, vitamin K, biotin, dan masih banyak lagi yang dapat membantu kebugaran dan menjaga staminia ibu menyusui.
  5. Herbs of Gold Breastfeeding Support
    Salah satu faktor banyak atau sedikitnya produksi ASI adalah asupan cairan ke dalam tubuh. Selama beraktivitas, ibu menyusui membutuhkan ASI booster agar produksi air susu melimpah. Salah satu vitamin yang menjadi pilihan adalah Herbs of Gold Breastfeeding Support. Agar lebih optimal, Bunda bisa mengonsumsi 1 tablet dua kali sehari. Herbs of Gold Breastfeeding Support memiliki kandungan tumbuhan herbal blessed thistle dan fenugrek sebagai bahan utama yang sudah dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI.
  6. Holisticare Ester C
    Tidak hanya saat hamil, ibu menyusui juga membutuhkan dosis vitamin C lebih tinggi selama masa menyusui. Jika biasanya perempuan dewasa dalam kondisi tidak hamil atau menyusui membutuhkan minimal 90 miligram vitamin C, pada saat hamil atau menyusui dibutuhkan 120 miligram setiap harinya.
    Oleh karena itu, Bunda perlu minum vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu vitamin C yang direkomendasikan adalah Holisticare Super Ester-C, karena jenis vitamin C ini tidak asam, bahkan mendekati netral. Tingkat keasamannya hanya sekitar 6-7 sehingga tidak menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan.
  7. Naturelo Prenatal Multivitamin
    Vitamin untuk ibu menyusui agar tidak lemas ini mengandung kalsium, magnesium dan besi. Vitamin ini juga tidak mengandung gelatin, bebas ragi, dan juga kedelai. Beberapa nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama setiap hari apalagi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Produk ini juga cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang, pembentukan otak, dan jantung bayi. Naturelo Prenatal Multivitamin mengandung B12 dan vitamin C yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, serta vitamin E yang membantu menyehatkan kulit.
  8. Nature’s Plus Prenatal
    Ibu menyusui membutuhkan multivitamin dan mineral agar tubuh tetap bugar dan kebutuhan anak melalui ASI terpenuhi. Natures Plus Prenatal Complex mampu meningkatkan stamina bagi ibu menyusui. Selain itu, ada juga kandungan Iodine yang diperlukan untuk pertumbuhan kemampuan kognitif bayi serta membantu kelenjar tiroid bekerja optimal sehingga dapat menghasilkan hormon pertumbuhan. Ada juga kandungan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin A yang berfungsi membentuk protein dan meningkatkan imunitas, serta folic acid untuk produksi sel darah merah.
  9. Nature’s Way Fenugreek Seed
    Kandungan fenugreek (Trigonella foenicum-Graecum) dapat membantu meningkatkan produksi ASI Bunda. Fenugreek memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi sebagai pemicu produksi ASI. Bukan hanya produksi ASI yang meningkat, Nature’s Way Fenugreek Seed juga mengandung bahan-bahan alami lain yang dapat membuat ibu menyusui tetap fit selama beraktivitas.
    Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Bunda sebaiknya mengonsumsi Nature’s Way Funegreek Seed 2 kali sehari setelah makan. Satu botol Nature’s Way Fenugreek Seed berisi 100 vitamin sehingga cukup untuk dikonsumsi selama beberapa bulan.
  10. Promavit
    Promavit, vitamin ibu menyusui yang terakhir, memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan berperan dalam melindungi Bunda dari radikal bebas. Vitamin ini juga mengandung mineral dan omega 3 yang membantu perkembangan otak bayi, serta mengandung kalsium sebagai asupan gizi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bagi ibu hamil, produk ini memiliki kandungan zat besi yang berperan mencegah anemia. Sedangkan bagi ibu menyusui kandungan ini bisa berperan dalam menambah darah. Agar lebih optimal, konsumsilah Promavit sebanyak 2 kali sehari setelah makan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 22, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Whana
  • 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum sus, sy mau nanya ni, sy menikah tanggal 25 maret 2020, istri sy terakhir haid itu tanggal 27 april 2020.

    Berapa usia kehamilan istri sy sus.?

  • Oleh : Whana
  • Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 5 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Tanya Bidan