×

Sayuran Yang Bisa Membuat ASI Banyak

Bagikan Artikel :

Sayuran Yang Bisa Membuat ASI Banyak

Tidak hanya katuk, sayuran yang mampu memperbanyak produksi ASI. Tapi banyak sekali. Nah kali ini bd. Citra akan share beberapa sayuran yang bisa membuat ASI banjir. Simak di bawah ini ya!

  1. Wortel
    Wortel mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI.
    Anda bisa mengolah wortel menjadi segelas jus atau mengolahnya menjadi santapan yang lezat dengan tambahan makanan lainnya. Asyiknya lagi, wortel juga mudah didapat dan harganya yang relatif terjangkau.
  2. Asparagus
    Asparagus adalah makanan berserat tinggi yang kaya akan vitamin A dan K. Kedua vitamin ini dapat menstimulasi hormon yang mendukung produksi ASI. Asparagus juga mudah diolah, lho. Anda bisa mengolahnya menjadi sup asparagus dengan jagung dan telur misalnya. Ingin yang lebih praktis? Kukus asparagus hingga cukup lunak atau tumis dalam wajan dengan sedikit mentega, kemudian makan bersama daging panggang.
  3. Bayam
    Bayam merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Bayam sangat efektif mengembalikan kadar zat besi dalam tubuh, terutama jika anda mengalami perdarahan pasca melahirkan atau kehilangan sejumlah darah selama proses perssalinan.
    Salah satu studi menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan suplai ASI yang rendah. Untuk itu, konsumsi bayam sangat diperlukan karena mengandung zat besi yang ampuh meningkatkan produksi ASI.
  4. Daun kelor
    Tak disangka, ternyata IDAI mengatakan bahwa daun kelor atau Moringa Oleifera bagus untuk melancarkan ASI. Daun ini sangat kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk ibu menyusui.
    Moringa dipercaya efektif untuk menstabilkan tekanan darah, gula darah, mengatasi anemia, dan tepat untuk mengatasi masalah malnutrisi bagi semua usia.
  5. Pare
    Siapa yang menyangka bahwa pare yang dikenal pahit rasanya ini mampu meningkatkan jumlah ASI mama? Ya, pare merupakan sumber folat yang baik dan kaya akan fitonutrien yang mampu meningkatkan ASI. Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia liutein, dan kaya akan antioksidan.
    Untuk mengolahnya, anda dapat membuat smoothies dengan campuran, pare, pisang, susu almond, dan buah lainnya agar rasa pahit pare bisa tersamarkan.
  6. Daun kari
    Daun kari yang biasa ditemukan pada makanan India atau Timur Tengah memang bisa membuat berbagai hidangannya menjadi tambah lezat.
    Namun bukan cuma lezat, daun kari ternyata juga bisa meningkatkan melanin, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah nutrisi, dan kaya akan mineral yang dapat membantu ibu menyusui meningkatkan produksi ASI.
  7. Kale
    Dibandingkan sayuran hijau lainnya, kale dianggap sebagai raja. Sayuran ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu sayuran yang paling menyehatkan.Kale mengandung berbagai nutrisi yang menjadikannya sebagai sayuran untuk memperbanyak ASI, di antaranya zat besi, folat, dan kalsium. Selain itu, sayuran ini juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin yang dianggap ampuh menambah produksi ASI.
  8. Labu
    Labu dan bijinya dianggap sebagai sayuran pelancar ASI yang ampuh. Biji sayuran ini dipercaya dapat merangsang produksi ASI agar lebih lancar. Ditambah lagi, labu juga mengandung protein, zat besi, serat, dan komponen bioaktif yang terbukti menyehatkan.
  9. Collard
    Collard adalah sayuran berdaun hijau sejenis sawi yang baik untuk kesehatan. Sama seperti sayuran hijau lainnya, collard juga mengandung fitoestrogen yang bisa merangsang pasokan ASI.Selain itu, collard juga mengandung nutrisi mikro, serat, dan komponen bioaktif yang dapat membantu proses pemulihan setelah persalinan.
  10. Brokoli
    Masih dari kelompok sayuran berdaun hijau, brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, serat, hingga komponen bioaktif.Selain menyehatkan, brokoli juga dipercaya bisa menjadi sayuran pelancar ASI karena dilengkapi dengan fitoestrogen yang ampuh meningkatkan produksi ASI.
  11. Kemangi
    Sayuran untuk memperbanyak ASI selanjutnya datang dari lalapan, yakni kemangi. Kandungan enzim phytoestrogen dikenal mampu untuk bantu memproduksi ASI dalam jumlah banyak.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 9, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    tumor FAM

  • Oleh : silvi ana azizah
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    halo dok, mau tanya sepertinya saya ada tumor FAM, Ciri-ciri nya payudara sebelah kiri atas ada benjolan ngga sakit bisa digeser, apakah bisa sembuh tanpa operasi dok? posisi saya lagi hamil 6bulan
    mohon bantuannya dok, terimakasih.

  • Oleh : silvi ana azizah
  • Telat Haid

  • Oleh : Sri Sariah
  • 1 tahun yang lalu

    Hai dokter.. dok saya mau tanya, saya telat haid sudah 1 minggu.
    2 hari sebelum jadwal menstruasi saya sudah test dan hasilnya negatif.
    Akan tetapi seharusnya saya sudah haid ternyata belum, lalu apakah masih ada harapan untuk saya test lagi setelah 1 minggu telat haid ini berlalu???

  • Oleh : Sri Sariah
  • Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Tentang keguguran

  • Oleh : Dewi Utary
  • 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Ka,saya habis keguguran sebulan yg lalu keluar daging kaya ati terus keluar darahnya sedikit udh gitu ga keluar lagi darah, sesudah itu saya sering merasa badan lemes suka mual gituu kemungkinan hamilnyaa udh 2 mingguan gmn bu apa rahim saya ga bersih?

  • Oleh : Dewi Utary
  • Tanya Bidan