×

Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Bagikan Artikel :

Suplemen Dan Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Nutrisi bagi ibu menyusui harus diperhatikan karena akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. ASI yang banyak dan bagus akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bila perlu ibu menyusui mengonsumsi vitamin dan suplemen yang dijual bebas di apotek. Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui.

Vitamin Untuk Ibu Menyusui

  1. Vitamin A
    Salah satu manfaat vitamin A untuk bayi adalah memperkuat daya tahan tubuh agar lebih kuat melawan infeksi dan menjaga kesehatan mata bayi. Busui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 1000 – 1200 mikrogram (mcg) per hari. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kebutuhan vitamin A saat hamil yang hanya sekitar 700 – 800 mcg per hari.
  2. Vitamin B kompleks
    Vitamin B terdiri atas beragam jenis dan memiliki fungsi yang berbeda pula, yaitu:
    Vitamin B1 dan B2
    Kedua vitamin ini berfungsi untuk membantu Busui memperoleh energi, serta mendukung tumbuh kembang dan perkembangan saraf dan otak Si Kecil. Jumlah asupan vitamin B1 dan B2 yang perlu dipenuhi oleh Busui adalah sebanyak 1 – 1,5 mg per hari.
    Vitamin B3 dan B6
    Vitamin B3 berfungsi untuk untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, sementara vitamin B6 berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Busui perlu memenuhi asupan vitamin B3 sebanyak 10 – 15 mg, sedangkan vitamin B6 sebanyak 1,8 – 2 mg per hari.
    Vitamin B9 dan B12
    Vitamin B9 atau folat dan vitamin B12 juga termasuk vitamin yang penting untuk kesehatan ibu menyusui dan bayinya. Bagi ibu menyusui, vitamin ini dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI serta produksi sel darah merah.
    Sedangkan bagi bayi, kedua jenis vitamin B ini bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan saraf otak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah anemia. Busui disarankan untuk memenuhi asupan folat atau asam folat sebanyak 400 – 500 mcg per hari dan vitamin B12 sebanyak sekitar 3 mcg per hari.
  3. Vitamin C
    Konsumsi vitamin C hingga 1000 mg dipercaya dapat meningkatkan kadar vitamin C dalam ASI serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayi. Kebutuhan vitamin C yang harus dipenuhi ibu menyusui adalah sekitar 100 – 120 mg per hari.
  4. Vitamin D
    Vitamin D berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan ibu menyusui. Dan mendukung pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan tulang dan gigi bayi. Asupan vitamin D bagi ibu menyusui yang direkomendasikan adalah 600 IU atau setara dengan 15 mcg IU per hari.
  5. Vitamin E
    Vitamin E berperan dalam melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata, baik pada bayi maupun ibu menyusui. Selama menyusui, Busui disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin E sebanyak 15 – 20 mg per hari.

Berbagai Jenis Mineral Dan Nutrisi Lain Untuk Mendukung Proses Menyusui

  1. Kalsium
    Kebutuhan kalsium ibu menyusui mencapai 1200 mg per hari. Asupan kalsium yang rendah sebenarnya tidak memengaruhi kadar kalsium dalam ASI, namun dapat memengaruhi kepadatan tulang ibu. Kalsium dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti, susu, keju, yoghurt, ikan teri, kedelai, brokoli, dan tahu.
  2. Zat besi
    Zat besi merupakan bahan utama pembentukan sel darah merah. Dengan mencukupi asupan zat besi, Busui bisa tercegah dari anemia. Asupan zat besi yang dianjurkan bagi ibu menyusui adalah 30 – 35 mg per hari.
  3. Yodium
    Ibu menyusui membutuhkan 200 – 250 mcg yodium per hari. Kebutuhan ini harus dipenuhi untuk mengurangi risiko defisiensi yodium pada ibu dan bayi. Yodium secara alami terdapat pada rumput laut, udang, telur, ikan tuna, produk susu dan turunannya, serta garam beryodium.
  4. Omega-3
    Asam lemak omega-3, termasuk DHA dan EPA, adalah asupan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Kandungan omega-3 pada ASI bisa berkurang jika ibu kekurangan asupan nutrisi ini.
    Oleh karena itu,ibu hamil dan menyusui disarankan memenuhi asupan omega 3 sebanyak 1,5 – 2,5 gram dan DHA sebanyak 300 – 600 mg.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 22, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Masalah pd

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Kakak mau nanya ini kemaren sudah sempet nanya tapi lupa username jadi ini buat lagi, sejak asi full ko pd sering masalah ya ini tak laktasi katanya ada benjolan kecil itu gajih juga bisa ini saluran asi nya menurutnya bidan ini gimana.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • apa pengaruh dari ibu hamil yang sering buang-buang air (maaf) mencret?

  • Oleh : Via
  • 6 tahun yang lalu

    ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

    anak sering mengalami cegukan

  • Oleh : Dewi Isma
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    hai bidan, bebera hari ini anak saya yang berusia 3 tahun sering mengalami cegukan pada saat sore hari, amankah dok kondisi seperti ini ?

    Keputihan

  • Oleh : Habibah Aini
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu Bidan, saya Habibah. Saya umur 21th.
    Saya sudah meninkah selama 7 bulan.. Tapi belum di kasih momongan. Nah, saya keputihan sudah lama, sejak waktu sekolah dulu. Keputihan saya setiap hari Bu Bidan, dan saya juga pernah usg rahim. Hasilnya baik baik saja tidak ada kista. Alhamdulillah sehat. Tapi kok saya keputihan terus gimana ya Bu solusinya.. Tapi seandainya saya habis kencing lalu saya lap sampai kering keputihan tidak pernah keluar, kalau keluar pun pasti cuma sedikit, namun seandainya saya pakai celana ketat atau habis kencing tidak saya lap sampai kering pasti keluar keputihan lumayan sihhh Bu. Mohon respons nya. Terimakasih

  • Oleh : Habibah Aini
  • Tanya Bidan