×

Tips Menyusui Ketika Si Kecil Sedang Pilek

Bagikan Artikel :

Tips Menyusui Ketika Si Kecil Sedang Pilek

Ada kalanya bayi terkena pilek akibat satu dan lain hal, sehingga proses menyusui mengalami hambatan.

Melihat si Kecil menyusu dari payudara, pasti bunda akan merasa terharu, bahagia, bangga dan bersyukur. Meski menyusui banyak dramanya namun jika dilalui dengan iklas akan menyenangkan.

Related Posts :

    Tapi menyusui bisa menjadi hal yang tidak nyaman bagi si Kecil saat ia sedang flu Bun, karena ia akan kesulitan bernafas. Meski buah hati sedang terkena pilek, proses menyusui sebaiknya diusahakan untuk tetap terlaksana. Ini karena ASI dapat berfungsi sebagai antibodi untuk bayi, yang nantinya bertugas untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar si Kecil tidak mudah terserang penyakit di kemudian hari.

    Tips menyusui bayi pilek

    1. Sesuaikan posisi bayi
      Posisikan bayi agak ke atas ketika menyusui, atau gunakan posisi down under. Ini adalah posisi ibu tiduran dan sang bayi berada di atasnya, di mana perut bayi dan perut ibu saling bertemu. Ketika tidur, usahakan posisi bayi sedikit agak tinggi. Untuk ini, Anda bisa memberikan bantal tambahan pada kepala bayi.
    2. Susui sesering mungkin
      Berikan ASI pada bayi sesering mungkin. Tujuannya agar ia bisa mendapatkan antibodi yang memadai untuk melawan penyakitnya, dalam hal ini pilek.
      Jadi, meski bayi hanya mengisap sedikit ASI, Anda tetap bisa menyiasatinya dengan meningkatkan frekuensi menyusui. Dengan ini, pasokan ASI yang si Kecil dapatkan tidak akan jauh berbeda dengan hari-hari saat ia sehat.
    3. Bersihkan hidung bayi sebelum menyusu
      Sebelum menyusui, bersihkan lendir dari hidung bayi dengan mengisapnya secara perlahan. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan air salin atau ASI untuk membersihkan hidung si Kecil. Hal ini dilakukan agar bayi merasa nyaman sehingga proses menyusui menjadi lebih lancar.
    4. Gunakan alat humidifier
      Alat humidifier berfungsi mengatur tingkat kelembapan ruangan. Letakkan alat ini di ruangan tempat bayi tidur guna mengencerkan lendir (ingus) dari hidung si Kecil.
      Jika tidak memiliki humidifier, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan semangkuk air panas yang dicampur dengan minyak hangat, seperti minyak kayu putih. Aromanya akan menyebar ke udara dan dapat melegakan hidung tersumbat, baik pada orang dewasa maupun bayi.
      Jangan menyerah untuk terus memberikan ASI meski sang buah hati sedang terserang pilek. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan pompa ASI secara berkala agar payudara Anda tidak penuh dan mengalami gejala yang mengganggu proses menyusui.
      Apabila cara-cara di atas masih membuat bayi yang pilek kesulitan untuk menyusui, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau konsultan laktasi. Hal ini dilakukan agar si Kecil tetap bisa mendapatkan pasokan ASI yang memadai, sehingga kebutuhan gizinya terus terpenuhi setiap hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

  • Oleh : teenasuttor096
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    Kehamilan

  • Oleh : Nahda nisa
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya
    HPHT saya 10 februari 2021 Dan sekarang sdah tanggal 18 maret 2021 tp belum haid apa saya Hamil……?
    Dan klau hamil usia kandungan saya berapa minggu……?

    Terimakasihh

  • Oleh : Nahda nisa
  • Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Penyebab menstruasi hanya 2 hari

  • Oleh : Nani Mulyaningsih
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

    Tanya Bidan