Mewaspadai Kemunculan Flek Yang Terjadi Saat Hamil

Gangguan kehamilan lainnya yang sering terjadi pada wanita hamil adalah kemunculan flek. Hal ini bisa saja membuat Anda sebagai wanita hamil merasa risau, apakah flek tersebut berbahaya atau tidak. Nah, pada kesempatan kali ini kami team dari Curhat Bidan akan sedikit menjelaskan mengenai apa penyebab dari flek yang muncul pada wanita hamil dan mengetahui bahaya atau tidaknya kondisi tersebut.

Flek wajarnya muncul pada wanita yang telah menyelesaikan masa menstruasi. Namun jika flek muncul pada wanita dalam masa kehamilan terlebih jika usia kehamilannya masih muda, maka kondisi ini harus menjadi perhatian karena bisa jadi sebuah indikasi berbahaya.

Umumnya penyebab dari flek pendarahan saat hamil dikarenakan proses perlekatan sel telur yang tengah dibuahi pada dinding rahim. Hal tersebut menimbulkan bercak darah ringan selama kurun waktu beberapa jam bahkan beberapa hari, namun tidak sebanyak pendarahan menstruasi biasa. Penyebab lainnya terjadi akibat infeksi, setelah berhubungan intim, kelainan genetik, dan perubahan hormon.

  1. Kehamilan yang normal seharusnya tidak disertai dengan kemunculan flek. Munculnya flek tersebut bisa datang dari plasenta (ari-ari) yang mengalami masalah dan terjadi pada kandungan usia muda yang membuat plasenta masih bisa lepas seutuhnya.
  2. Jika flek yang terjadi pada wanita hamil disebabkan oleh kelainan genetik, hal ini bisa terjadi karena adanya kelainan kromosom pada bayi yang menyebabkan tubuh ibu menganggap bayi di dalam kandungan sebagai benda asing. Dengan kondisi seperti itu malah membuat tubuh ibu secara lami berusaha untuk mengeluarkan janin sebagai salah satu mekanisme membuat proteksi sehingga terjadi perdarahan.
  3. Flek yang terjadi saat kehamilan diakibatkan infeksi yang terjadi karena bakteri, virus, dan faktor asupan nutrisi yang salah, yang mana makanan dan minuman yang dikonsumsi justru membuat ibu hamil beresiko terhadap serangan penyakit lain.
  4. Dalam perubahan hormon seperti kurangnya hormon progesterone, sekitar 25 sampai 30%nya akan meninggalkan flek.

Penting untuk Anda ketahui ketika jumlah flek atau pendarahan yang tidak kunjung berhenti dan terjadi dalam waktu yang cukup lama serta keluar dalam jumlah yang semakin banyak. Bahkan tidak sedikit dari para ahli kesehatan seperti dokter ahli kandungan yang berpendapat jika wanita hamil yang mengalami flek sebaiknya berhati-hati dikarenakan hal demikian bisa jadi adalah sebuah tanda hamil di luar kandungan, ancaman melahirkan janin lebih cepat (lahir sebelum waktunya), keguguran hingga hamil anggur.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi flek pada wanita hamil?

Jika flek serius terjadi, Anda harus sigap dan pastikan untuk langsung pergi ke rumah sakit dan masuk unit gawat darurat jika tanda-tanda flek sudah menjadi seperti :

  • Pendarahan yang sangat banyak, menyebabkan sakit di perut dan terjadi kontraksi yang hebat.
  • Keluarnya flek tersebut sudah lebih dari 24 jam.
  • Membuat ibu hamil pusing, lemas hingga tidak sadarkan diri.
  • Pendarahan yang terjadi juga disertai demam diatas 38,5 derajat celcius.

Pertanyaan lainnya, bisa tidak ya untuk mencegah terjadinya flek saat kehamilan? Jawaban para ahli juga menegaskan dengan sangat bahwa “ya, kondisi ini sebenarnya bisa dicegah”. Pencegahan keluar flek saat kehamilan ini bisa dimulai dari rajin melakukan kontrol kehamilan pada bidan atau dokter yang Anda percayai. Menghindari kebiasaan merokok jika ibu hamil seorang perokok demi kesehatan ibu dan janin. Menghindari narkoba, dan semestinya melakukan kebiasaan sehat dan aman untuk menjaga agar ibu dan bayi yang dikandungannya  selalu dalam keadaan sehat dan normal sampai waktu kelahiran tiba.

Tidak ada salahnya untuk Anda Mewaspadai Kemunculan Flek Yang Terjadi Saat Hamil. Malah hal ini harus jadi perhatian penting untuk Anda sebab seperti penjelasan artikel diatas, flek yang terjadi pada kehamilan dapat berdampak langsung pada janin bayi serta terganggunya kesehatan ibu hamil. Semoga bermanfaat, salam!

Citra Dewi Amd.Keb - September 28, 2016
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gomez

Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

terima kasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman