Mewaspadai Penyebab Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil

Tidak sedikit wanita yang takut ketika mengalami kenaikan berat badan. Perubahan fisik menjadi lebih gemuk merupakan hal yang dihindari ketikan naik berat badan. Namun, kenaikan berat badan ketika hamil merupakan salah satu ukuran kesehatan janin dalam kandungan.

Normalnya ketika hamil berat badan seorang wanita akan semakin meningkat atau naik disebabkan karena kehadiran janin dan juga plasenta. Namun, pada beberapa kasus ada juga ibu hamil yang tidak mengalami kenaikan berat badan atau justru malah berkurang.

Pada kondisi normal, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12-16 kg selama masa kehamilan. Sedangakn untuk ibu hamil yang mengawali kehamilan dengan berat badan yang berlebih, diusahakan untuk mengalami kenaikan berat badan sekitar 5-7 kg.

Mewaspadai Penyebab Berat Badan Tidak Naik Saat Hamil

Sebenarnya, masa kehamilan dengan kenaikan berat badan seroang calon ibu datang secara bersamaan. Namun, kenaikan berat badan yang terjadi pada setiap ibu sangat mungkin untuk berbeda, ada yang kenaikannya dalam jumlah besar, ada juga yang sedikit sekali beratambahnya. Dan bahkan sebagiannya justru tidak mengalami kenaikan berat badan atau malah berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab berat badan tidak naik saat hamil yang sering terjadi yaitu mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya cukup parah, sehingga sangat sedikit sekali makanan dannutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja bisa membuat berat badan ibu tidak naik.

Penyebab lainnya yaitu jika ibu mengidap diabetes atau terkena diabetes kehamilan (gestasional), sehingga harus selalu mengontrol jumlah makanannya. Ibu yang terlalu sibuk memperhatikan kadar gula menjadikan berat badan sang ibu justru malah terabaikan. Jadi, intinya, seorang ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan yang sesuai dengan yang diperlukan. Jika makanan yang dikonsumsi kurang, maka kenaikan berat badan ibu hamil tidak bisa tercapai.

Maka dari itu, ibu hamil harus selalu mewaspadai penyebab berat badan tidak naik saat hamil dengan melakukan pemeriksaan berat badan secara rutin untuk mengetahui berat badan ideal selama kehamilan. Karena ibu hamil yang tidak memenuhi berat badan ideal selama kehamilan dikhawatirkan akan mengalami persalinan yang sulit dan juga lama. Selain itu juga akan mengalami persalinan yang lebih awal atau prematur. Bahkan pada beberapa kasus ditemukan ibu hamil yang mengalami pendarahan setelah melahirkan dan terjadinya kemungkinan persalinan setelah operasi.

Tidak hanya itu, kurangnya berat badan selama kehamilan jugabisa menyebabkan kesehatan dan kondisi janin terganggu. Kurangnya berat badan pada trimester 1 akan mengakibatkan janin lahir prematur dan mengalami kelainan sistem saraf pusat. Sedangkan kurangnya berat badan pada trimester ke 2 menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat. Ada beberapa kondisi yang dikhawatirkan terjadi disebabkan karena berat badan ibu hamil yang tidak ideal saat hamil, seperti bayi meninggal sesaat setelah dilahirkan, mengalami cacat bawaan atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Bagi ibu yang mengalami kesulitan kenaikan berta badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti karbohidrat dan protein. Ibu hamil juga disarankan untuk banyak mengonsumsi ikan, daging, es krim, dan cake. Sedangkan bagi ibu yang seringkali mengeluhkan mual dan muntah sebaiknya makan dalam porsi kecil.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan sulit mengalami kenaikan berat badan, sehingga bisa mendapatkan solusi yang terbaik untuk kesehatan ibu dan janin.

Bagi ibu yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai informasi tersebut, ibu bisa menggunakan layanan tanya bidan untuk berkonsultasi seputar persalinan.

Citra Dewi Amd.Keb - August 31, 2016
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :