Mitos Atau Fakta Mencukur Rambut Bayi Akan Membuat Lebih Tebal

www.curhatbidan.com – Sebagian orang tua khawatir dengan pertumbuhan rambut si kecil yang tipis. Bahkan sebagian orang tua juga percaya jika mencukur habis si kecil akan membuat rambut menjadi tumbuh lebih tebal. Apakah anggapan tersebut hanya mitos?

Pada umumnya, rambut bayi akan mengalami perubahan hingga usia satu tahun. Saat lahir mungkin saja akan memiliki rambut yang lebat dan tebat, tetapi pada beberapa bulan kemudian rambut tersebut akan rontok dan bahkan menjadi tipis. Hal itu dikarenakan oleh adanya faktor hormonal. Tetapi ada juga faktor lain yang dapat mempengaruhi yaitu posisi bayi yang lebih banyak telentang sehingga bisa menyebabkan gesekan kepala dengan kasus yang mengakibatkan kerontokan di area kepala bagian belakang.

Terjadinya rontok tersebut akan berkurang dengan sendirinya saat usia bayi bertambah dan banyak aktivitas yang dilakukan. Dan biasanya rambut akan tumbuh kembali sekitar usia enam bulan, meskipun pada sebagian bayi baru akan tumbuh rambut lebih tebal saat usia tiga tahun atau lebih.

Sampai saat sekarang, banyak orang tua masih mempercayai anggapan rambut bayi yang akan tumbuh tebal setelah dicukur habis. Maka perlu diketahui bahwa anggapan seperti itu hanya merupakan mitos belaka dan tidak benar, dikarenakan hingga saat ini masih belum ada bukti yang kuat yang mendukung akan hal tersebut. Perlu diketahui juga bahwa pada warna, tekstir, dan pola pertumbuhan rambut bayi tidak tergantung dari proses pencukuran rambutnya. Tetapi jenis rambut yang dimiliki oleh si kecil tergantung dari faktor genetik, etnis, dan juga hormon.

Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Bayi

Untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang pertama yaitu memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif dengan pola makan yang sehat dan seimbang bagi ibu. Setelah bayi memperoleh makanan pendamping ASI, pastikan juga untuk banyak yang mengandung vitamin dan mineral. Karena hal itu akan bermanfaat bagi pertumbuhan rambut, serta akan mendukung tumbuh kembang secara keseluruhan.

Dengan memijat kulit kepala juga dapat dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Caranya, pijat kepala secara lembut dan perlahan dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Karena pijatan dapat merangsang sirkulasi darah dibagian kulit kepala guna untuk memberikan nutrisi pada akar rambut.

Lalu bagaimana cara memelihara kesehatan rambut bayi?

Apapun jenis rambut yang dimiliki oleh si kecil, maka hal terpenting yaitu memperhatikan kebersihan dan kesehatan rambutnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah rambut bayi supaya tidak kering dan rusak, antara lain :

  • Keramas sesuai kebutuhan

Biasanya untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan, belum mengeluarkan banyak minyak pada kulit kepalanya sehingga tidak perlu melakukan keramas setiap hari, cukup satu minggu sekali. Ketika usianya sudah bertambah, lakukan keramas lebih sering lagi sesuai dengan kebutuhan atau pada saat rambutnya berminyak.

Bagi si kecil yang rambutnya belum tumbuh, sangat disarankan untuk mengeramasinya dengan menggunakan sampo untuk menghindari kulit kepala bayi yang berminyak dan juga muncul kerak kepala (cradle cap). Tetapi juga jangan terlalu sering mengeramasi bayi supaya kulit kepala tidak terlalu kering dan merasa gatal.

  • Mencegah rambut kusut

Biasanya pada rambut yang lebat dan ikal, cenderung akan mudah kusut. Untuk menghindarinya, maka setelah keramas dapat diberikan kondisioner dengan formulasi yang baik untuk bayi.

  • Hindari aksesoris yang berlebihan

Biasanya bunda akan gemas jika melihat rambut perempuan yang dihiasi dengan berbagai aksesoris. Namun perlu diketahui dan harus berhati-hati dala menggunakan aksesoris tersebut, seperti jepit rambut yang mungkin tajam atau berpoteinsi melukai bayi ketika dikenakan. Selain itu, hindari untuk menguncir rambut si kecil karena jika kunciran terlalu erat maka dapat membuat rambut rontok. Hal tersebut sebaiknya dilakukan setelah menginjak usia balita.

Bunda, apapun jenis rambut si kecil tidak usah khaawtir denga ketebalan rambut. Tetapi hal yang terpenting yaitu untuk memperhatikan kebersihan serta kesehatan rambut si kecil. Semoga bermanfaat !

Citra Dewi Amd.Keb - December 29, 2017
Diskusi Dari:
ANGGUN

Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Himawan

Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat siang dok…
Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

Perlu Jawaban