×

Bayi Usia 4 Bulan Boleh Kok Diberikan MPASI, Asalkan….

Bagikan Artikel :

Bayi Usia 4 Bulan Boleh Kok Diberikan MPASI, Asalkan....

Makanan pendamping ASI memang idealnya diberikan saat anak sudah berusia 6 bulan. Karena saat usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu saluran pencernaan bayi juga sudah siap untuk mencerna makanan.

Tapi ada kondisi yang membuat pemberian MPASI tidak harus diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Salah satunya yaitu karena kenaikan berat badan bayi kurang. Dan bayi sudah berusia di atas 4 bulan, MPASI boleh saja diberikan.

Tanda-Tanda Bayi Siap Makan

Sebelum Bunda mengetahui makanan bayi 4 bulan yang bisa dikonsumsi, perlu diperhatikan pula faktor kesiapan bayi untuk menerima makanan padat.
Beberapa tanda bayi siap diberi makan antara lain bayi sudah bisa duduk dalam waktu yang lama, bisa menyangga kepala, bisa membawa makanan dari ujung mulut ke tenggorokan dan tertarik pada makanan orang dewasa.

Related Posts :

    Makanan Padat yang Aman untuk Bayi 4 Bulan

    1. Puree buah
      Makanan bayi 4 bulan yang pertama bisa bunda coba adalah puree buah. Sebagai awalan dalam memberikan MPASI 4 bulan, berikan bayi bunda dengan satu bahan makanan untuk mengenalkan rasa.
      Bunda bisa memberikan pisang dengan cara dikerok, atau air jeruk dan puree apel. Beberapa buah yang bisa bunda berikan dalam bentuk puree adalah Apel, Pisang dan Alpukat.
    2. Sereal bayi
      Makanan bayi 4 bulan berikutnya adalah sereal bayi. Sereal bayi merupakan salah satu pilihan menu makanan bayi pertama yang direkomendasikan.
      Sereal juga umumnya tidak mengandung pencetus alergi sehingga aman bagi bayi. Berikan dengan tekstur yang lembut sesuai petunjuk penggunaan untuk menghindari bayi sembelit.
    3. Puree sayur
      Selain puree buah makanan bayi 4 bulan, bunda juga dapat memberikan bayi puree sayur seperti puree dari Ubi jalar, Wortel atau Labu. Semakin besar usia bayi, bunda bisa memberikan makanan bayi yang lebih beragam dengan jumlah porsi makanan yang semakin meningkat.

    Porsi Makanan Bayi 4 Bulan

    Hal yang harus bunda tahu, untuk awal pemberian MPASI bisa sedikit atau beberapa sendok teh makanan dan hanya satu kali per hari. Cobalah untuk memberikan jenis makanan berbeda tiap hari.
    Bayi tidak harus selalu makan tiga kali sehari. Lebih baik bayi makan dalam porsi kecil, tapi lebih sering dibandingkan jika dalam porsi banyak, tapi hanya sesekali.
    Karena, perut bayi hanya seukuran kepalan tangannya, maka dari itu bayi mungkin hanya akan makan ½ sendok makan untuk pertama kalinya.
    Tak perlu terburu-buru memaksa bayi untuk menghabiskan makanan sekaligus.
    Adapun porsi akan meningkat seiring pertambahan usia.
    Sajikan satu makanan kepada bayi selama empat hari berturut-turut. Ini akan membantu bunda melihat bayi suka makanan atau tidak, alergi makanan tersebut atau tidak. Bagaimana aturan MPASI bayi 4 bulan,

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 25, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kelenjar Getah Bening

  • Oleh : Riri
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • keputihan

  • Oleh : titah swara
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    konsumsi pil keputihan pasca operasi cesar baik atau tidak

  • Oleh : titah swara
  • Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Tanya Bidan