×

Bayi Usia 4 Bulan Boleh Kok Diberikan MPASI, Asalkan….

Bagikan Artikel :

Bayi Usia 4 Bulan Boleh Kok Diberikan MPASI, Asalkan....

Makanan pendamping ASI memang idealnya diberikan saat anak sudah berusia 6 bulan. Karena saat usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu saluran pencernaan bayi juga sudah siap untuk mencerna makanan.

Tapi ada kondisi yang membuat pemberian MPASI tidak harus diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Salah satunya yaitu karena kenaikan berat badan bayi kurang. Dan bayi sudah berusia di atas 4 bulan, MPASI boleh saja diberikan.

Tanda-Tanda Bayi Siap Makan

Sebelum Bunda mengetahui makanan bayi 4 bulan yang bisa dikonsumsi, perlu diperhatikan pula faktor kesiapan bayi untuk menerima makanan padat.
Beberapa tanda bayi siap diberi makan antara lain bayi sudah bisa duduk dalam waktu yang lama, bisa menyangga kepala, bisa membawa makanan dari ujung mulut ke tenggorokan dan tertarik pada makanan orang dewasa.

Related Posts :

    Makanan Padat yang Aman untuk Bayi 4 Bulan

    1. Puree buah
      Makanan bayi 4 bulan yang pertama bisa bunda coba adalah puree buah. Sebagai awalan dalam memberikan MPASI 4 bulan, berikan bayi bunda dengan satu bahan makanan untuk mengenalkan rasa.
      Bunda bisa memberikan pisang dengan cara dikerok, atau air jeruk dan puree apel. Beberapa buah yang bisa bunda berikan dalam bentuk puree adalah Apel, Pisang dan Alpukat.
    2. Sereal bayi
      Makanan bayi 4 bulan berikutnya adalah sereal bayi. Sereal bayi merupakan salah satu pilihan menu makanan bayi pertama yang direkomendasikan.
      Sereal juga umumnya tidak mengandung pencetus alergi sehingga aman bagi bayi. Berikan dengan tekstur yang lembut sesuai petunjuk penggunaan untuk menghindari bayi sembelit.
    3. Puree sayur
      Selain puree buah makanan bayi 4 bulan, bunda juga dapat memberikan bayi puree sayur seperti puree dari Ubi jalar, Wortel atau Labu. Semakin besar usia bayi, bunda bisa memberikan makanan bayi yang lebih beragam dengan jumlah porsi makanan yang semakin meningkat.

    Porsi Makanan Bayi 4 Bulan

    Hal yang harus bunda tahu, untuk awal pemberian MPASI bisa sedikit atau beberapa sendok teh makanan dan hanya satu kali per hari. Cobalah untuk memberikan jenis makanan berbeda tiap hari.
    Bayi tidak harus selalu makan tiga kali sehari. Lebih baik bayi makan dalam porsi kecil, tapi lebih sering dibandingkan jika dalam porsi banyak, tapi hanya sesekali.
    Karena, perut bayi hanya seukuran kepalan tangannya, maka dari itu bayi mungkin hanya akan makan ½ sendok makan untuk pertama kalinya.
    Tak perlu terburu-buru memaksa bayi untuk menghabiskan makanan sekaligus.
    Adapun porsi akan meningkat seiring pertambahan usia.
    Sajikan satu makanan kepada bayi selama empat hari berturut-turut. Ini akan membantu bunda melihat bayi suka makanan atau tidak, alergi makanan tersebut atau tidak. Bagaimana aturan MPASI bayi 4 bulan,

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 25, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Sembelit Saat Hamil Usia 3 Bulan

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    manfaat berenang bagi ibu hamil?

  • Oleh : wkjchu56042488
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Tanya Bidan