×

Cara Membuat Dan Menyimpan Kaldu Untuk MPASI

Bagikan Artikel :

Cara Membuat Dan Menyimpan Kaldu Untuk MPASI

Bunda pernah gak sih stress karena MPASI yang bunda buat tidak di makan si Kecil? Padahal bunda sudah susah payah membuatnya. Tapi si Kecil selalu tutup mulut kalaupun dimakan pasti di lepeh lagi. Nah bunda jangan khawatir cobain tips dari bidan Citra ya, yaitu dengan cara memnambahkan kaldu ayam pada MPASI si Kecil.

Related Posts :

    Memang kaldu ayam ini bisa dibeli bisa membeli supermarket atau warung kecil yang tinggal diseduh. Tapi, alangkah lebih baik jika membuatnya sendiri. Gimana caranya. Yuk simak penjelasan di bawah!

    Bahan –bahan Yang Dibutuhkan

    1. Ayam utuh atau tulang ayam
    2. 2 buah wortel, potong menjadi 3-4 bagian
    3. 2 buah bawang bombay, potong menjadi dua bagian
    4. 2 batang seledri
    5. Daun salam

    Cara Membuat Kaldu Ayam MPASI

    1. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci. Tambahkan air hingga seluruh bahan terendam.
    2. Panaskan dengan api besar hingga mendidih. Setelah itu, gunakan api kecil untuk memasak selama 4-5 jam. Buang sisa lemak yang mengapung.
    3. Saring kaldu hingga jernih. Kaldu ayam siap digunakan.

    Tips Menyimpan Kaldu

    1. Anda bisa membekukan kaldu ayam di cetakan es balok kecil. Setelah beku, Moms bisa mengeluarkan kaldu dari cetakan dan menyimpannya dalam plastik ziplock agar tidak memakan tempat. Tempatkan beberapa balok sesuai dengan kebutuhan masak. Lalu kembali simpan kaldu dalam freezer.
    2. Terkadang, beberapa resep membutuhkan kaldu yang lebih banyak. Bunda juga bisa menaruhnya dalam wadah berukuran lebih besar. Setelah beku, bunda bisa menaruh di plastik ziplock.
    3. Jangan lupa menuliskan tanggal pembuatan kaldu ayam, ya. seperti ASI perah lho Bun.
    4. Kaldu ayam beku dalam freezer khusus bisa tahan hingga 12 bulan. Sedangkan saat disimpan di freezer lemari es, kaldu ayam bisa tahan hingga 6 bulan. Jika disimpan dalam lemari es, kaldu ayam bisa tahan selama 4 hari.

    Tips Menambahkan Kaldu Dengan MPASI

    Nah Bunda jika bunda mau membuat MPASI, bunda bisa ambil satu plastic ziplock kemudian campurkan dengan bahan-bahan MPASI. Banyak bunda yang berhasil memberikan MPASI yang sampai habis dengan menambahkan kaldu ayam. Selamat mencoba yah Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 18, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    evidence base

  • Oleh : katjawilfred9
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    Punya saudara kandung ABK

  • Oleh : Samsul Arifin
  • 1 minggu, 6 hari yang lalu

    Apakah jika memiliki saudara kandung ABK dapat berpeluang memiliki keturunan ABK juga ? Berapa presentase nya dan apa bisa di di hilangkan gen tsb?

  • Oleh : Samsul Arifin
  • Tanya Bidan