×

Cara Membuat Dan Menyimpan Kaldu Untuk MPASI

Bagikan Artikel :

Cara Membuat Dan Menyimpan Kaldu Untuk MPASI

Bunda pernah gak sih stress karena MPASI yang bunda buat tidak di makan si Kecil? Padahal bunda sudah susah payah membuatnya. Tapi si Kecil selalu tutup mulut kalaupun dimakan pasti di lepeh lagi. Nah bunda jangan khawatir cobain tips dari bidan Citra ya, yaitu dengan cara memnambahkan kaldu ayam pada MPASI si Kecil.

Memang kaldu ayam ini bisa dibeli bisa membeli supermarket atau warung kecil yang tinggal diseduh. Tapi, alangkah lebih baik jika membuatnya sendiri. Gimana caranya. Yuk simak penjelasan di bawah!

Bahan –bahan Yang Dibutuhkan

  1. Ayam utuh atau tulang ayam
  2. 2 buah wortel, potong menjadi 3-4 bagian
  3. 2 buah bawang bombay, potong menjadi dua bagian
  4. 2 batang seledri
  5. Daun salam

Cara Membuat Kaldu Ayam MPASI

  1. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci. Tambahkan air hingga seluruh bahan terendam.
  2. Panaskan dengan api besar hingga mendidih. Setelah itu, gunakan api kecil untuk memasak selama 4-5 jam. Buang sisa lemak yang mengapung.
  3. Saring kaldu hingga jernih. Kaldu ayam siap digunakan.

Tips Menyimpan Kaldu

  1. Anda bisa membekukan kaldu ayam di cetakan es balok kecil. Setelah beku, Moms bisa mengeluarkan kaldu dari cetakan dan menyimpannya dalam plastik ziplock agar tidak memakan tempat. Tempatkan beberapa balok sesuai dengan kebutuhan masak. Lalu kembali simpan kaldu dalam freezer.
  2. Terkadang, beberapa resep membutuhkan kaldu yang lebih banyak. Bunda juga bisa menaruhnya dalam wadah berukuran lebih besar. Setelah beku, bunda bisa menaruh di plastik ziplock.
  3. Jangan lupa menuliskan tanggal pembuatan kaldu ayam, ya. seperti ASI perah lho Bun.
  4. Kaldu ayam beku dalam freezer khusus bisa tahan hingga 12 bulan. Sedangkan saat disimpan di freezer lemari es, kaldu ayam bisa tahan hingga 6 bulan. Jika disimpan dalam lemari es, kaldu ayam bisa tahan selama 4 hari.

Tips Menambahkan Kaldu Dengan MPASI

Nah Bunda jika bunda mau membuat MPASI, bunda bisa ambil satu plastic ziplock kemudian campurkan dengan bahan-bahan MPASI. Banyak bunda yang berhasil memberikan MPASI yang sampai habis dengan menambahkan kaldu ayam. Selamat mencoba yah Bun.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 18, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Puput88
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya sedang telat menstruasi 8 hari tapi di tespeck hasil negatif,kalau di usg apakah sudah bisa terlihat

  • Oleh : Puput88
  • Penting

  • Oleh : Ananda
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Saya Keputihan Mulai Dari Bulan 8 Tahun Kemarin, Udah sering ke dokter, minum Ramuan, pake Daun Sirih, Udah Banyak Obat yang sudah saya minum Dok, Tapi Gak Ada Perubahan, gak sembuh-sembuh, Keputihan Saya Gatal, Warnanya Kuning, Kental, Kalau Berhubungan Nyeri, Panas, Terus Muncul Benjolan… Tolong Dok Solusinya, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Sudah Nikah 1 thn Lebih…..

    HAID

  • Oleh : Ayu Safitri
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya mau nnya, saya kan nikah udh 5bulan, pas nikah saya gak haid selama 3bulan, trs haid tapi dikit2 selama 3hari . Trs gak haid lagi selama 2 bulan . Trs ini haid lagi pas Haid kluar darahnya bnyk bgt dok, sama kluar darah kaya Jeli2 warnanya Merah ati . Udh mau 2minggu blm tiris dok… Itu knp ya dok.. Trmksh

  • Oleh : Ayu Safitri
  • Pemberian Vitamin Pada Bayi

  • Oleh : Indriana Puspa Aliansa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

    Tanya Bidan