×

Cara Membuat Kaldu MPASI

Bagikan Artikel :

Cara Membuat Kaldu MPASI

Tips agar bayi makan lahap adalah dengan menghidangkan MPASI yang lezat. Jangankan bayi, kita saja sebagai orang dewasa memakan makananya yang kurang lezat pasti enggan apalagi bayi. Tapi sayang sekali banyak Bunda yang menyerah memberikan MPASI sehingga nutrisi si Kecil tidak terpenuhi. Nah salah satu cara agar MPASI terasa lezat yaitu dengan menggunakan kaldu alami. ?

Kaldu merupakan campuran bahan masakan yang terbuat dari tulang dan daging hewan. Biasanya yang paling populer adalah kaldu ayam, sapi, atau ikan. Karena terbuat dari bahan hewani yang alami, kandungan nutrisi, mineral, vitamin, kolagen, dan gelatin cukup lengkap pada kaldu. Kandungan ini sangat diperlukan oleh tubuh anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Related Posts :

    Selain Lezat Ini Manfaat Kaldu Ayam

    1. Mudah Dicerna Bayi
      Saat mulai mengkonsumsi MPASI, tentu bayi membutuhkan asupan makanan yang mudah dicerna untuk memberikan kesempatan saluran pencernaan belajar menerima makanan selain ASI. Kaldu ayam mengandung gelatine yang bermanfaat untuk menjaga lapisan mukosa usus dan melindunginya dari kerusakan. Dengan manfaat dari kaldu ayam ini, saluran pencernaan bayi bisa lancar dan terhindar dari diare atau konstipasi.
    2. Memiliki nutrisi yang Dibutuhkan
      Pada umumnya, Bunda akan memberikan MPASI yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Namun buah dan sayur tidak memiliki kandungan protein yang cukup untuk bayi sehingga kaldu ayam adalah salah satu solusi sumber protein hewani yang paling baik dikonsumsi. Kaldu ayam terbuat dari daging dan tulang ayam yang kaya akan protein kolagen dan sangat dibutuhkan oleh bayi dalam masa pertumbuhannya.
    3. Kandungan Probiotik Tinggi
      Mulai usia 6 bulan, bayi sudah memerlukan asupan bakteri baik yang digunakan untuk memperlancar pencernaan dan antibodi untuk melawan penyakit. Bakteri baik atau probiotik ini bisa didapatkan dari kaldu ayam yang berasal dari bahan alami. Sudah teruji bahwa kaldu ayam memiliki kandungan probiotik yang baik untuk tubuh dan sangat diterima oleh pencernaan bayi di usia 6 bulan.
    4. Membantu Pertumbuhan Tulang
      Karena terbuat dari tulang dan daging ayam, maka kaldu ayam juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Semua kandungan mineral ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang bayi Anda.
    5. Menghaluskan Makanan
      Dengan segala kandungan protein dan nutrisi yang kaya dari kaldu ayam, maka bahan makanan ini sangat baik dicampurkan dengan bahan makanan lain seperti buah dan sayur. Bahan makanan yang masih terasa kental bisa ditambahkan kaldu ayam sehingga teksturnya lebih encer dan mudah ditelan oleh bayi. Makanan yang mudah ditelan ini tentu sangat baik untuk saluran pencernaan sehingga tidak sembelit dan mengganggu kinerja usus yang semakin berat.

    Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam MPASI

    1. Siapkan 600 gram tulang ayam atau 6 bagian ceker (kaki ayam).
    2. Rebus 600 gram tulang ayam dengan 1.200 ml air.
    3. Opsional tambahkan 100 gram potongan wortel dan 100 gram bawang bombay.
    4. Masak hingga mendidih dan buang busa yang muncul di permukaan
    5. Setelah busa hilang lalu kecilkan api dan tetap masak hingga 30 menit (airnya berkurang)
    6. Saring kuah kaldu dan biarkan hingga suhu ruang
    7. Tuang kuah kaldu ke cetakan es batu atau kantong plastik kecil (untuk memudahkan penggunaan sekali pakai sesuai keinginan).
    8. Pastikan suhu kaldu dalam keadaan dingin sebelum dibekukan di freezer.

    Tips Saat Membuat Kaldu Ayam MPASI

    1. Gunakan Tulang Sisa
      Selain menyiapkan daging ayam dan tulang untuk membuat kaldu ayam MPASI, ternyata Moms juga bisa mengambil tulang ayam dari masakan sisa sebelumnya. Jika sebelumnya Anda sudah memasak ayam panggang, maka tulang-tulangnya bisa disisihkan untuk dibuat kaldu ayam. Cara ini bisa menghemat pengeluaran untuk berbelanja ayam segar setiap akan membuat kaldu ayam untuk MPASI.
    2. Sayuran Tambahan
      Menambahkan sayuran bisa memperkaya rasa dan meningkatkan kualitas kandungan nutrisi kaldu ayam yang Anda buat. Beberapa sayuran yang cocok ditambahkan dalam kaldu ayam adalah wortel, bawang bombay, atau seledri. Potongan jangan terlalu kecil agar sayuran tidak mudah hancur dan mudah disaring.
    3. Masak dengan Api Kecil
      Memasak dengan api besar bisa membuat lemak pada tulang dan daging melebur sehingga sulit disaring saat sudah matang. Pastikan menggunakan api kecil untuk memasak kaldu ayam untuk MPASI.
    4. Saring Busa
      Saat air mendidih biasanya akan muncul buih atau busa di permukaan dan ini harus dibuang. Saring buih hingga bersih saat memasak kaldu ayam. Masak kaldu ayam selama 6-8 jam dengan api kecil tanpa penutup. Setiap ada busa, langsung hilangkan dengan menggunakan sendok. Tambahkan air untuk membuat daging dan sayur tetap terendam.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 8, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Promil

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau nanya kenapa ya setahun setelah lepas kb mensnya gak teratur

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Telat haid

  • Oleh : Nov As
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan. Sebulan yg lalu saya minum obat promil herbal. Dan bulan ini saya sudah 10 hari telat haid. Dan saya testpack dihari ke 7 hasilnya garis 2 atau positif. Tapi saya tidak merasakan tanda2 kehamilan seperti mual dan muntah. Kira2 saya hamil atau hanya efek dari obat promil yg saya minum?

    Kehamilan

  • Oleh : Nahda nisa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya
    HPHT saya 10 februari 2021 Dan sekarang sdah tanggal 18 maret 2021 tp belum haid apa saya Hamil……?
    Dan klau hamil usia kandungan saya berapa minggu……?

    Terimakasihh

  • Oleh : Nahda nisa
  • Tanya Bidan