×

Cara Penyajian MPASI Buah Naga Yang Benar Sesuai Usia Bayi

Bagikan Artikel :

Cara Penyajian MPASI Buah Naga Yang Benar Sesuai Usia Bayi

Bunda memberikan makanan kepada bayi memang harus selektif. Sekalipun buah bunda harus mengolahnya dengan benar sehingga aman dikonsumsi bayi. Seperti halnya buah naga meskipun buah ini lembek tetap harus disajikan sesuai dengan usia dan kemampuan mengunyah bayi.

Related Posts :

    Setiap bayi tumbuh dan berkembang sesuai milestones mereka sendiri. Bunda bisa mengikuti penyajian buah naga untuk bayi berikut. Tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan pakar terlebih dahulu.

    Penyajian Buah Naga Sesuai Usia

    1. Usia 6-12 Bulan
      Jika Si Kecil berusia 6-12 bulan, bunda bisa mendapatkan manfaat buah naga untuk bayi dengan cara menyajikan buah naga, kupas, potong setengah atau seperempat besar. Setelah bayi mengembangkan kemampuan cengkeraman atau menjepit, potong buah naga menjadi potongan-potongan kecil.
    2. Usia 12-18 Bulan
      Agar Si Kecil merasakan manfaat buah naga untuk bayi yang optimal, bunda bisa menawarkan potongan buah naga seukuran gigitan untuk balita. Ini juga saat yang tepat untuk berlatih dengan garpu. Dengan demikian si Kecil akan terstimulasi dengan baik.
    3. Usia 18-24 Bulan
      Pada usia ini, bunda mungkin memerhatikan bahwa Si Kecil dapat menggigit dengan akurat dan menyobek makanan secara efisien. Jika bunda sudah merasa siap, coba perbesar ukuran potongan buah naganya sehingga bisa mendapatkan manfaat buah naga untuk bayi secara maksimal. Hingga saat ini belum ditemukan efek negatif dalam pemberian buah naga untuk bayi (sebagai MPASI).

    Inspirasi Penyajian Buah Naga

    1. Smoothies
      Jika Moms ingin cara baru untuk mengonsumsi buah naga, kenapa tidak coba untuk membuatnya jadi smoothies. Campur beberapa potong buah naga ke dalam smoothie. Selain akan semakin kaya rasa, cara menikmati buah naga ini akan lebih disukai Si Kecil.
      Jika ingin lebih menarik, bunda bisa menambah sayuran hijau untuk menambah nutrisi. Sedangkan jika ingin ditambah rasa manis, bunda bisa tambahkan madu. Rasanya pasti menyegarkan!
    2. Puding
      Makanan manis lainnya yang bisa dibuat dengan buah naga adalah puding. Si Kecil pasti menyukai puding kan, bunda? Cara membuat puding buah naga pun sangat mudah, lho.
      Siapkan bahan-bahannya terlebih dulu, yakni buah naga yang dihaluskan, bubuk agar-agar, susu, dan gula. Lalu, masak bubuk agar-agar dengan air hingga mendidih, lalu masukkan buah naga yang sudah dihaluskan, dan aduk hingga tercampur rata.
      Untuk menambah rasa manisnya, bunda bisa tambahkan sedikit gula dan susu. Setelah matang dan tercampur, tuang adonan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam lemari es.
    3. Sajikan dengan Es Krim
      Cara menikmati buah naga yang terakhir sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup Si Kecil. Bunda bisa menghaluskan buah naga dan masukkan dalam sebuah gelas, lalu taruhlah es krim di atasnya.
      Kombinasi rasa manis dari buah naga dengan es krim akan menyatu dengan sempurna dan begitu meleleh di lidah. Tetapi, ingat agar memberikan es krim jika Si Kecil sudah bisa memakannya, ya. Selain karena kelezatan yang berlipat, menghidangkan buah naga dengan es krim ini sangat mudah dan cepat. Si Kecil juga pasti sangat menyukainya.
      Jangan lupa campurkan buah naga dengan es krim rasa kesukaan Si Kecil, ya. Tekstur dan rasanya menawarkan nutrisi dan sensasi yang mengesankan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 24, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    mengatasi stres

  • Oleh : hayleyfrench7
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Belum siap punya anak

  • Oleh : Muhammad Raihan
  • 1 bulan yang lalu

    Selama pagi bu
    Saya blm siap punya anak kira kira ada solusi apa ya tapi uda positif hamil

  • Oleh : Muhammad Raihan
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    cara gunakan pil kb

  • Oleh : siti siti
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya punya sodara nih dia ngga mau hamil dulu apa boleh setelah berhubungan intim minum pil kb?berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 5 tahun yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Tanya Bidan