×

Manfaat Menambahkan Santan Pada MPASI

Bagikan Artikel :

Manfaat Menambahkan Santan Pada MPASI

Lemak tambahan pada MPASI selain dari minyak jaitun dan minyak kanola bisa juga dari santan. Santan merupakan sumber lemak, protein, vitamin B3, vitamin C, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan selenium yang baik. Berkat nutrisi-nutrisi ini, tak heran jika santan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Santan ternyata memiliki banyak manfaat bagi bayi. Berikut di antara manfaat santan untuk bayi tersebut:

Manfaat Santan Pada MPASI

  1. Meningkatkan perkembangan otak
    Santan mengandung Asam Lemak Omega-3 yang bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan otak bayi. Jika otaknya berkembang dengan baik, maka daya tangkap bayi pun turut meningkat sekaligus membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya.
    Supaya dapat lebih maksimal, berikan MPASI santan yang diimbangi dengan bahan makanan lainnya seperti sayur-sayuran. Dengan begitu asupan gizinya tetap lengkap, sehingga kesehatan bayi pun ikut terjaga.
  2. Sumber lemak alami
    Salah satu kandungan terbanyak dari santan adalah lemak alami yang berfungsi sebagai sumber kalori yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Lemak alami di dalam santan termasuk yang gampang dicerna oleh bayi, sehingga baik sebagai sumber energi bayi. Meski begitu, kandungan alami ini baru bisa diserap secara sempurna saat bayi berusia 9 bulan ke atas.
  3. Melancarkan metabolisme tubuh
    Kandungan lemak alami tadi juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja sistem organ tubuh bayi. Sebagai dampaknya, proses metabolismenya pun menjadi lebih lancar.
  4. Membantu proses penyerapan vitamin
    Manfaat lain dari lemak alami di dalam santan adalah mengoptimalkan penyerapan berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Beberapa vitamin tersebut adalah A, D, E, dan K yang diketahui memiliki banyak fungsi penting yang baik untuk bayi, baik dari segi kesehatan maupun proses tumbuh kembangnya.
  5. Mengoptimalkan sistem organ
    MPASI santan juga dapat membantu pembentukan sistem organ di dalam tubuh mungil bayi. Berbagai organ seperti hati, empedu, ginjal, kelenjar adrenalin, dan plasma darah akan berkembang lebih optimal. Dengan begitu, fungsinya bagi tubuh bayi pun jadi lebih baik.
  6. Meningkatkan nafsu makan
    Manfaat terakhir dari santan yang pasti akan membuat semua ibu merasa senang adalah meningkatkan nafsu makan bayi. Ini dikarenakan adanya kandungan lemak pada santan dapat memberikan rasa lezat pada setiap masakan. Pemberian santan murni pada MPASI bayi akan membuat rasanya lebih gurih, sehingga bayi pun akan makan dengan lahap.
    Namun ingat, Bu, jangan memberikan santan terlalu banyak, karena kandungan lemaknya cukup tinggi dan bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebagai perbandingan, jika Ibu biasanya menambahkan tiga sendok makan ASI ke dalam menu MPASI bayi, Ibu bisa menggantikannya dengan satu sendok makan santan. Pada tahap awal, cara ini bisa Ibu lakukan dua minggu sekali.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Program yg tepat

    luka jahitan lahiran normal

  • Oleh : ena arina
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan… saya sudah ampir 6 bulan setelah melahirkan. luka yang di luar nya sudah kering. gak tau kalo luka yang di dalem. Tp sampe sekarang di CD tuh pasti ada plek warna nya ke coklat coklatan gitu. Saya pernah periksa ke bidan kata nya luka dalam nyainfeksi dan d kasih Obat . Setelah maka obat. Plek nya itu gak ada di CD. Cuman obat nya habis plek nya itu ada lagi. gimana ya solusi terbaik nya

    Testpack positif apakah saya hamil

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok
    Saya vita, ingin bertanya sudah satu bulan ini saya belum haid kemudian saya testpack dan ternyata positif apakah benar saya hamil

    Mohon dijawab ya dok
    Terima kasih

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Tanya Bidan