×

Manfaat Minyak Brutu Ayam Untuk Lemak Tambahan MPASI

Bagikan Artikel :

Manfaat Minyak Brutu Ayam Untuk Lemak Tambahan MPASI

Semua bagian ayam lezat untuk disantap baik itu paha, sayap, dada atau kepala. Saking lezatnya sebagian besar anak-anak hampir setiap hari makan ayam. Tapi ada satu bagian yang risih atau bahkan jijik untuk di makan, yaitu bagian brutu atau tungir ayam. Padahal sebenarnya pantat ayam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan terutama pertumbuhan bayi.

Manfaat Brutu Ayam

Pantat atau juga disebut pygostyle adalah bagian ayam yang terletak paling belakang. Bagian tubuh yang juga disebut brutu atau tunggir ini adalah tempat berkumpulnya bulu ekor ayam. Pada bagian ini diketahui terdapat kelenjar yang memproduksi minyak.

Penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Dietary Studies of America menyebutkan pantat ayam mengandung banyak nutrisi, seperti protein, zat besi, dan kalsium. Bahkan kandungan zat besi dan kalsium dalam pantat ayam lebih tinggi dibandingkan dada ayam.

Seperti diketahui, protein adalah komponen yang sangat penting bagi kebugaran tubuh. Pasalnya protein adalah komponen utama atau sumber energi. Bersama karbohidrat dan lemak, protein akan diolah tubuh menjadi tenaga yang digunakan untuk ativitas sebari-hari.

Selain itu protein juga penting untuk perkembangan bayi. Protein bermanfaat bagi pembentukan tulang, otot, kulit, dan darah. Protein juga bermanfaat untuk memproduksi antibodi yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh. Sedangkan kalsium dikenal sebagai zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Di sisi lain, pantat ayam juga memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Hal ini lantaran pada pantat ayam terdapat kelenjar penghasil minyak. Dengan kandungan lemak yang tinggi, maka brutu ayam ini sangat dianjurkan menjadi sumber lemak untuk MPASI sehingga akan menambah berat badan bayi terutama bagi bayi yang berat badannya rendah

Cara Mengolah Minyak Brutu Ayam

Mengambil minyak brutu ayam yaitu dipanggang dengan api kecil. Tunggu hingga brutu benar-benar mengeluarkan minyak. Setelah mengeluarkan minyak. Brutu di buang. Minyak brutu tahan di lemari es hingga 3 minggu di botol beling yang tertutup rapat.. Jika Anda hendak memasak MPASI, ambil minyak brutu ayam dengan menggunakan sendok lalu simpan segera di lemari es untuk menghindari oksidasi yang efeknya bisa terjadi kerusakan pada pembuluh darah..

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 25, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

  • Oleh : mahdi
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Konsul hamil

  • Oleh : Nirwana Tanio
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya ingin hamil tapi asi saya msh bnyak.. Apakah itu klebihan hormon atau gmna yah dok.. Anak saya sdh 3th lbih

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Tanya Bidan