×

Manfaat MPASI Buah Naga

Bagikan Artikel :

Manfaat MPASI Buah Naga

Tidak hanya orang dewasa, bayi pun sangat senang memakan buah-buahan. Tapi untuk MPASI bayi bunda harus memilih karena tidak semua buah aman diberikan pada bayi. Salah satu buah yang aman dijadikan MPASI adalah buah naga.

Buah naga ini memiliki banyak manfaat buah naga untuk bayi termasuk melawan batuk dan flu. Bunda tau kan kalau bai mudah sekali terkena flu. Untuk lebih lengkapnya cek di bawah ini ya!

Related Posts :

    Manfaat Buah Naga untuk Bayi

    1. Antioksidan
      Manfaat buah naga untuk bayi yang pertama adalah menangkal radikal bebas. Buah naga mengandung antioksidan tinggi yang dikenal dengan fenol. Antioksidan ini berguna melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas. Antioksidan dari buah naga juga mampu melindunginya dari serangan penyakit umum.
    2. Melindungi Jantung
      MPASI buah naga berdampak baik pada kesehatan jantung Si Kecil, ini bisa menjadi manfaat buah naga untuk bayi selanjutnya.
      Kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya melindungi dan memperkuat jantung. Jika buah hati bunda bukan termasuk anak yang aktif, jantungnya mungkin akan beresiko mengalami gangguan. Mengonsumsi buah naga membantu memastikan jantungnya tetap sehat.
    3. Kaya Vitamin C
      Vitamin C dibutuhkan dalam perkembangan tulang, otot dan gigi. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah Si Kecil yang sedang tumbuh.
      Ditambah lagi, vitamin C di dalam buah naga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tentunya ini merupakan manfaat buah naga untuk bayi yang penting.
    4. Tinggi Serat
      Serat yang terkandung di dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu Si Kecil memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.
      Manfaat buah naga untuk bayi yaitu mengandung serat yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.
    5. Membangun Tulang yang Kuat
      Buah naga kaya kandungan mineral seperti halnya potasium. Potasium bersama senyawa flavanoid dan fenolik lainnya membantu Si Kecil untuk membangun tulang yang kuat. Karenanya, ini merupakan manfaat buah naga untuk bayi yang termasuk melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depan.
    6. Mengandung Vitamin A
      Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah naga sangatlah tinggi. Hal ini menjadi manfaat buah naga untuk bayi yang akan membantu kulit Si Kecil tetap sehat. Vitamin A juga bagus untuk kesehatan mata sekaligus membantu anak terhindar dari berbagai macam serangan infeksi.
    7. Menjaga Kesehatan Ginjal
      Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki buah naga membantu terhindar dari serangan berbagai jenis racun. Manfaatnya yakni menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan menjaga saluran kemih tetap sehat. Tentunya, ini merupakan manfaat buah naga untuk bayi yang patut diketahui.
    8. Menenangkan Saraf
      Manfaat buah naga untuk bayi selanjutnya adalah menenangkan saraf. Buah naga yang kaya kandungan potasium bermanfaat menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf anak. Dalam masa pertumbuhan, sangat penting menjaga kesehatan tubuh Si Kecil dan terbebas dari lemak.
    9. Melancarkan Pencernaan
      Dalam sebuah studi dari Electronic Journal of Biotechnology, disebutkan kalau buah naga adalah salah satu sumber prebiotik alami. Prebiotik ini penting untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus serta melancarkan pencernaan. Buah yang termasuk dalam golongan kaktus ini juga mengandung cukup banyak serat, sehingga bisa mencegah sembelit pada balita. Tentunya ini menjadi manfaat buah naga untuk bayi.
    10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
      Manfaat buah naga untuk bayi yang selanjutnya datang dari kandungan vitamin C dan karotenoid. Keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu artinya sering makan buah naga bisa membantu melindungi Si Kecil dari flu, demam, juga kondisi peradangan seperti artritis atau nyeri sendi.
    11. Mencegah Anemia
      Anemia pada anak sering terjadi karena tubuhnya kesulitan menyerap zat besi atau tidak mendapatkan cukup asupan zat besi dari pola makan. Nah, manfaat buah naga untuk bayi juga bisa didapatkan dari kombinasi kandungan zat besi dan vitamin C.
      Keduanya bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian sekaligus meningkatkan penyerapan zat besi sehingga Si Kecil terlindungi dari anemia.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 24, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah melakukan hipnosis baik selama proses persalinan?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Ririn
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

  • Oleh : Ririn
  • Sperma Kosong, Apakah Normal ?

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

  • Oleh : Wiwin Kusmawati
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

  • Oleh : Wiwin Kusmawati
  • Tanya Bidan