×

Alasan Mengapa Setelah Persalinan Ibu Perlu Rawat Inap

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Persalinan merupakan salah satu kondisi yang memang bisa menyita waktu yang banyak dimana persalinan ini bisa menyita waktu setidaknya 8 hingga 18 jam yang sering kali membuat para wanita kelelahan saat proses persalinan ini terjadi. Terkadang, proses peralinan ini juga bisa berlangsung hingga 18 jam lebih. Hal ini biasanya dirsakan oleh mereka para ibu yang melahirkan dengan cara yang normal. Berbeda dengan cara yang normal, mereka yang justru melahirkan secara sesar lebih mengeluarkan waktu yang singkat bahkan 10 hingga 15 menit saja. Namun, meski proses persalinan terbilang sangat singkat, mereka perlu membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk menjahit luka jahitan bekas operasi caesar yang dilakukan untuk menutup kembali luka robekan untuk mengeluarkan bayi ini.

Berbeda dengan proses penyembuhan persalinan normal yang terbilang lebih cepat sembuh, justru persalinan caesar ini membutuhkan proses penyembuhan yang terbilang cukup lama dibandingkan dengan proses penyembuhan luka yang biasanya ini. Biasnya, para wanita yang melahirkan secara normal setelah beberapa jam proses persalinan langsung bisa berjalan, berdiri dan juga duduk. Namun mereka yang melahirkan secara caesar justru bisa melakukan hal hal tersebut setelah satu hari proses persalinan ini dilakukan atau setalah tubuh mulai terasa enakan. Seangkan penyembuhan bekas luka caesar ini bisa hingga dengan menyita waktu yang cukup banyak setidaknya 6 atau bahkan 4 minggu setelah proses persalinan, sehingga selama belum sembuh anda tidak di izin kan untuk melakukan hal hal yang membahayakan atau menimbulkan robekan.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa setelah persalinan ibu perlu rawat inap. Salah satu alasan yang tepat adalah untuk memulihkan stamina setelah mengeluarkan banyak tenaga setelah proses persalinan tiba. Biasanya, proses perawatan inap ini berbeda beda tergantung proses persalinan yang dilakukan. Jika pada orang yang telah melakukan proses persalinan normal memerlukan 1 atau bahkan 3 hari perawatan, mereka yang melahirkan secara caesar justru memiliki waktu yang lebih banyak setidaknya 3 sampai 5 hari perawatan, untuk memulihkan stamina yang kemungkinan banyak hilang saat proses operasi di lakukan. Cara untuk mempercepat pemulihan paska persalinan ini sebenarnya cukup mudah hanya membutuhkan keberanian diri untuk bangun dari tempat tidur agar proses penyembuhan ini semakin cepat dilakukan.

Banyak sekali manfaat yang memang bisa didapatkan saat anda melakukan rawat inap setelah proses perasalinan bagi kesehatan anak dan juga ibu. Perawatan ini dilakukan untuk mendeteksi, memeriksa atau mencegah adanya masalah masalah kesehatan komplikasi yang membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh agar tidak masuk dan tidak membahayakan kesehatan anda ini. Memang, untuk ibu yang baru melahirkan dan untuk anak yang baru dilahirkan, sangat banyak sekali komplikasi yang bisa muncul akibat bakteri bakteri yang memang sangat perlu diwaspadi pada tubuh anda ini. Dengan perawatan, setidaknya anda bisa mencegah datangnya berbagai jenis masalah kesehatan tersebut pada tubuh anda ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang sangat disarankan agar tidak membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh anda ini.

            Baca Juga : Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster
    terimakasih

    ???

  • Oleh : Putri 428
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    Apakah saya keguguran

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya hamil 6 minggu keluar gumpalan darah sebesar jempol satu kali habis itu ,keluar darah seperti haid apakah saya keguguran dok ,darah keluar sudah 5 hari dok(?)

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Tanya Bidan