×

Alasan Mengapa Setelah Persalinan Ibu Perlu Rawat Inap

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Persalinan merupakan salah satu kondisi yang memang bisa menyita waktu yang banyak dimana persalinan ini bisa menyita waktu setidaknya 8 hingga 18 jam yang sering kali membuat para wanita kelelahan saat proses persalinan ini terjadi. Terkadang, proses peralinan ini juga bisa berlangsung hingga 18 jam lebih. Hal ini biasanya dirsakan oleh mereka para ibu yang melahirkan dengan cara yang normal. Berbeda dengan cara yang normal, mereka yang justru melahirkan secara sesar lebih mengeluarkan waktu yang singkat bahkan 10 hingga 15 menit saja. Namun, meski proses persalinan terbilang sangat singkat, mereka perlu membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk menjahit luka jahitan bekas operasi caesar yang dilakukan untuk menutup kembali luka robekan untuk mengeluarkan bayi ini.

Berbeda dengan proses penyembuhan persalinan normal yang terbilang lebih cepat sembuh, justru persalinan caesar ini membutuhkan proses penyembuhan yang terbilang cukup lama dibandingkan dengan proses penyembuhan luka yang biasanya ini. Biasnya, para wanita yang melahirkan secara normal setelah beberapa jam proses persalinan langsung bisa berjalan, berdiri dan juga duduk. Namun mereka yang melahirkan secara caesar justru bisa melakukan hal hal tersebut setelah satu hari proses persalinan ini dilakukan atau setalah tubuh mulai terasa enakan. Seangkan penyembuhan bekas luka caesar ini bisa hingga dengan menyita waktu yang cukup banyak setidaknya 6 atau bahkan 4 minggu setelah proses persalinan, sehingga selama belum sembuh anda tidak di izin kan untuk melakukan hal hal yang membahayakan atau menimbulkan robekan.

Related Posts :

    Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa setelah persalinan ibu perlu rawat inap. Salah satu alasan yang tepat adalah untuk memulihkan stamina setelah mengeluarkan banyak tenaga setelah proses persalinan tiba. Biasanya, proses perawatan inap ini berbeda beda tergantung proses persalinan yang dilakukan. Jika pada orang yang telah melakukan proses persalinan normal memerlukan 1 atau bahkan 3 hari perawatan, mereka yang melahirkan secara caesar justru memiliki waktu yang lebih banyak setidaknya 3 sampai 5 hari perawatan, untuk memulihkan stamina yang kemungkinan banyak hilang saat proses operasi di lakukan. Cara untuk mempercepat pemulihan paska persalinan ini sebenarnya cukup mudah hanya membutuhkan keberanian diri untuk bangun dari tempat tidur agar proses penyembuhan ini semakin cepat dilakukan.

    Banyak sekali manfaat yang memang bisa didapatkan saat anda melakukan rawat inap setelah proses perasalinan bagi kesehatan anak dan juga ibu. Perawatan ini dilakukan untuk mendeteksi, memeriksa atau mencegah adanya masalah masalah kesehatan komplikasi yang membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh agar tidak masuk dan tidak membahayakan kesehatan anda ini. Memang, untuk ibu yang baru melahirkan dan untuk anak yang baru dilahirkan, sangat banyak sekali komplikasi yang bisa muncul akibat bakteri bakteri yang memang sangat perlu diwaspadi pada tubuh anda ini. Dengan perawatan, setidaknya anda bisa mencegah datangnya berbagai jenis masalah kesehatan tersebut pada tubuh anda ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang sangat disarankan agar tidak membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh anda ini.

                Baca Juga : Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 23, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    ASI

  • Oleh : erni uli
  • 4 bulan yang lalu

    bu bidan saya saya seorang ibu yg lagi menyusui,anak saya baru berumur 2,5 bulan,waktu lahir asi saya blm keluar sampai hari ke 3 setelah operasi namu anak saya gak mau menyusui langsung,jadi saya harus pumping,sementara dari PD saya setia setengah jam asi sudah menetes,jadi per dua jam saya pumping bisa sampai 500-600 ml
    nah karena saya sdh kerja saya jarang pumping akhirnya sekarang asi saya terjun bebas sekali pumping cuma 60 ml,sedih bu bidan anak saya jadi rewel
    apa yg saya harus lakukam agar asi saya bisa kembali banyak ?
    dan apakah masih mungkin bisa banyak
    Terimakasih sebelumnya

    Biaya Untuk Cek Kesuburan Suami Istri

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

  • Oleh : ii ihah
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

    Masalah bayi

  • Oleh : Anisaapriyanti
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Tanya Bidan