Alasan Mengapa Setelah Persalinan Ibu Perlu Rawat Inap

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Persalinan merupakan salah satu kondisi yang memang bisa menyita waktu yang banyak dimana persalinan ini bisa menyita waktu setidaknya 8 hingga 18 jam yang sering kali membuat para wanita kelelahan saat proses persalinan ini terjadi. Terkadang, proses peralinan ini juga bisa berlangsung hingga 18 jam lebih. Hal ini biasanya dirsakan oleh mereka para ibu yang melahirkan dengan cara yang normal. Berbeda dengan cara yang normal, mereka yang justru melahirkan secara sesar lebih mengeluarkan waktu yang singkat bahkan 10 hingga 15 menit saja. Namun, meski proses persalinan terbilang sangat singkat, mereka perlu membutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk menjahit luka jahitan bekas operasi caesar yang dilakukan untuk menutup kembali luka robekan untuk mengeluarkan bayi ini.

    Berbeda dengan proses penyembuhan persalinan normal yang terbilang lebih cepat sembuh, justru persalinan caesar ini membutuhkan proses penyembuhan yang terbilang cukup lama dibandingkan dengan proses penyembuhan luka yang biasanya ini. Biasnya, para wanita yang melahirkan secara normal setelah beberapa jam proses persalinan langsung bisa berjalan, berdiri dan juga duduk. Namun mereka yang melahirkan secara caesar justru bisa melakukan hal hal tersebut setelah satu hari proses persalinan ini dilakukan atau setalah tubuh mulai terasa enakan. Seangkan penyembuhan bekas luka caesar ini bisa hingga dengan menyita waktu yang cukup banyak setidaknya 6 atau bahkan 4 minggu setelah proses persalinan, sehingga selama belum sembuh anda tidak di izin kan untuk melakukan hal hal yang membahayakan atau menimbulkan robekan.

    Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa setelah persalinan ibu perlu rawat inap. Salah satu alasan yang tepat adalah untuk memulihkan stamina setelah mengeluarkan banyak tenaga setelah proses persalinan tiba. Biasanya, proses perawatan inap ini berbeda beda tergantung proses persalinan yang dilakukan. Jika pada orang yang telah melakukan proses persalinan normal memerlukan 1 atau bahkan 3 hari perawatan, mereka yang melahirkan secara caesar justru memiliki waktu yang lebih banyak setidaknya 3 sampai 5 hari perawatan, untuk memulihkan stamina yang kemungkinan banyak hilang saat proses operasi di lakukan. Cara untuk mempercepat pemulihan paska persalinan ini sebenarnya cukup mudah hanya membutuhkan keberanian diri untuk bangun dari tempat tidur agar proses penyembuhan ini semakin cepat dilakukan.

    Banyak sekali manfaat yang memang bisa didapatkan saat anda melakukan rawat inap setelah proses perasalinan bagi kesehatan anak dan juga ibu. Perawatan ini dilakukan untuk mendeteksi, memeriksa atau mencegah adanya masalah masalah kesehatan komplikasi yang membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh agar tidak masuk dan tidak membahayakan kesehatan anda ini. Memang, untuk ibu yang baru melahirkan dan untuk anak yang baru dilahirkan, sangat banyak sekali komplikasi yang bisa muncul akibat bakteri bakteri yang memang sangat perlu diwaspadi pada tubuh anda ini. Dengan perawatan, setidaknya anda bisa mencegah datangnya berbagai jenis masalah kesehatan tersebut pada tubuh anda ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang sangat disarankan agar tidak membahayakan kesehatan dan kebugaran pada tubuh anda ini.

                Baca Juga : Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 23, 2016
    Diskusi Dari:
    jasperdoolan1

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : jasperdoolan1
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    adrienne1132

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Dijawab Oleh : adrienne1132
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

    Perlu Jawaban