×

Atasi Insomnia Pasca Melahirkan

Bagikan Artikel :

insominia

Setelah melahirkan, sebagai orangtua terutama ibu akan mengalami gangguan tidur karena tangisan bayi di sepanjang malam. Bayi bisa saja menangis karena merasa lapar, popoknya basah, meras dingin dan banyak alasan lainnya. Hal ini akan menyebabkan ibu mengalami postpartum insomnia.

Insomnia pascamelahirkan terjadi saat ibu yang kelelahan dan sangat membutuhkan istirahat, tidak bisa tidur meski bayinya sedang tidur nyenyak. Insomnia dapat berkembang saat tubuh kita mulai mengasosiasikan waktu malam dengan tidak tidur. Gangguan ini sering dikaitkan dengan depresi pascamelahirkan, tetapi juga dapat muncul dengan sendirinya tanpa gejala depresi yang nyata. Sebenarnya secara ilmiah tidak ada kategori khusus untuk wanita yang mengalami kesulitan tidur setelah melahirkan.

Faktor Penyebab Insomnia Pasca Melahirkan

1. Ketidaknyamanan yang terjadi pada ibu baru yang disebabkan gangguan kesehatan seperti ibu mengalami sembelit setelah bersalin.

2. Mengalami restless leg syndrome yaitu kondisi dimana kaki tidak bisa diam meskipun belum diketahui dengan pasti penyebab kaki tidak bisa diam setelah melahirkan ini, banyak yang menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran untuk mendapatkan tambahan suplemen zat besi.

3. Gangguan sulit tidur bagi ibu yang baru melahirkan dapat juga dipicu karena mendengkur dimana kenaikan berat badan setelah melahirkan akan menyebabkan ibu mengalami kebiasaan tidur mendengkur.

4. Kram kaki yang menyebabkan gangguan menjelang tidur.

5. Bayi yang terlalu aktif dan menganggu ibu diwaktu istirahat malam.

Atasi Insomnia Pasca Melahirkan

Ketika bayi baru lahir, ibu berusaha terjaga sepanjang malam meski tidak terbiasa dengan hal itu. Dalam usahanya itu, mereka menghabiskan waktu untuk berpikir atau mencemaskan banyak hal di tempat tidur sehingga semakin lama semakin terbiasa. Hubungan antara tidur dan tempat tidur kemudian melemah. Oleh karena itu jangan biarkan kekhawatiran atau setumpuk pikiran mendekati tempat tidur.

Jika Anda mendapati diri Anda terbangun dan berpikir lebih dari sekitar 15 menit, segera bangun dari tempat tidur. Pergi dan coba duduk dengan tenang di ruangan yang gelap di bagian lain rumah. Duduklah tanpa melakukan apa-apa sampai Anda merasa lebih rileks dan mungkin sedikit lebih mengantuk, lalu coba kembali tidur.

Related Posts :

    Jauhkan tablet atau ponsel ketika Anda akan tidur, kemudian hindari konsumsi teh atau kopi terlalu banyak di siang hari.
    Selain itu usahakan untuk rutin berolahraga karena olahraga bisa membantu seseorang dalam mengatur pola tidurnya.

    Apabila Tidak Bisa Mengatasi Insomnia

    Jika Anda merasa tidak bisa mengatasi insomnia itu, segera bicarakan dengan pasangan atau keluarga lainnya dan jika perlu, berkonsultasilah ke dokter. Psikolog pun bisa membantu Anda untuk belajar bagaimana cara menghindari insomnia itu. Pada ibu yang baru melahirkan, insomnia umum terjadi tapi penting sekali bagi Anda untuk segera mencari bantuan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 21, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstuasi

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok knpa ya saya KB yang 3 bln tpi mens trus.trus saya ganti KB yg andalan.mens nya lama bahkan smpe 1bulan lebih.tpi darah nya gk bnyk sih???

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Konsul hamil

  • Oleh : Nirwana Tanio
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya ingin hamil tapi asi saya msh bnyak.. Apakah itu klebihan hormon atau gmna yah dok.. Anak saya sdh 3th lbih

    Galau tanda Hamil atau akan Haid

  • Oleh : Ovi Oktav
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu bid, saya ada tanda-tanda seperti badan hangat, setiap malam mau tidur dan pagi setelah bangun tidur badan panas, sering buang air kecil, payudara nyeri, sering mengantuk, setelah menyapu saja kelelahan, ada keputihan tapi tidak berlebihan, tapi saya masih seminggu lagi jadwal haidnya, saya berhubungan sama suami pada masa mendekati subur dan waktu masa subur, tanda-tanda itu saya rasakan setelah 5 hari berhubungan di masa subur, itu pertanda hamil atau bukan ya bu bid ? Saya tunggu jawabannya, terima kasih.

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Puput88
  • 2 tahun yang lalu

    Saya sedang telat menstruasi 8 hari tapi di tespeck hasil negatif,kalau di usg apakah sudah bisa terlihat

  • Oleh : Puput88
  • Tanya Bidan