×

Atasi Insomnia Pasca Melahirkan

Bagikan Artikel :

insominia

Setelah melahirkan, sebagai orangtua terutama ibu akan mengalami gangguan tidur karena tangisan bayi di sepanjang malam. Bayi bisa saja menangis karena merasa lapar, popoknya basah, meras dingin dan banyak alasan lainnya. Hal ini akan menyebabkan ibu mengalami postpartum insomnia.

Insomnia pascamelahirkan terjadi saat ibu yang kelelahan dan sangat membutuhkan istirahat, tidak bisa tidur meski bayinya sedang tidur nyenyak. Insomnia dapat berkembang saat tubuh kita mulai mengasosiasikan waktu malam dengan tidak tidur. Gangguan ini sering dikaitkan dengan depresi pascamelahirkan, tetapi juga dapat muncul dengan sendirinya tanpa gejala depresi yang nyata. Sebenarnya secara ilmiah tidak ada kategori khusus untuk wanita yang mengalami kesulitan tidur setelah melahirkan.

Faktor Penyebab Insomnia Pasca Melahirkan

1. Ketidaknyamanan yang terjadi pada ibu baru yang disebabkan gangguan kesehatan seperti ibu mengalami sembelit setelah bersalin.

2. Mengalami restless leg syndrome yaitu kondisi dimana kaki tidak bisa diam meskipun belum diketahui dengan pasti penyebab kaki tidak bisa diam setelah melahirkan ini, banyak yang menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran untuk mendapatkan tambahan suplemen zat besi.

3. Gangguan sulit tidur bagi ibu yang baru melahirkan dapat juga dipicu karena mendengkur dimana kenaikan berat badan setelah melahirkan akan menyebabkan ibu mengalami kebiasaan tidur mendengkur.

4. Kram kaki yang menyebabkan gangguan menjelang tidur.

5. Bayi yang terlalu aktif dan menganggu ibu diwaktu istirahat malam.

Atasi Insomnia Pasca Melahirkan

Ketika bayi baru lahir, ibu berusaha terjaga sepanjang malam meski tidak terbiasa dengan hal itu. Dalam usahanya itu, mereka menghabiskan waktu untuk berpikir atau mencemaskan banyak hal di tempat tidur sehingga semakin lama semakin terbiasa. Hubungan antara tidur dan tempat tidur kemudian melemah. Oleh karena itu jangan biarkan kekhawatiran atau setumpuk pikiran mendekati tempat tidur.

Jika Anda mendapati diri Anda terbangun dan berpikir lebih dari sekitar 15 menit, segera bangun dari tempat tidur. Pergi dan coba duduk dengan tenang di ruangan yang gelap di bagian lain rumah. Duduklah tanpa melakukan apa-apa sampai Anda merasa lebih rileks dan mungkin sedikit lebih mengantuk, lalu coba kembali tidur.

Jauhkan tablet atau ponsel ketika Anda akan tidur, kemudian hindari konsumsi teh atau kopi terlalu banyak di siang hari.
Selain itu usahakan untuk rutin berolahraga karena olahraga bisa membantu seseorang dalam mengatur pola tidurnya.

Apabila Tidak Bisa Mengatasi Insomnia

Jika Anda merasa tidak bisa mengatasi insomnia itu, segera bicarakan dengan pasangan atau keluarga lainnya dan jika perlu, berkonsultasilah ke dokter. Psikolog pun bisa membantu Anda untuk belajar bagaimana cara menghindari insomnia itu. Pada ibu yang baru melahirkan, insomnia umum terjadi tapi penting sekali bagi Anda untuk segera mencari bantuan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 21, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Warna seperma kuning dan ejakulasi dini

  • Oleh : Saepudin
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Maaf dok mau tanya saya udah lama mengalami warna sperma kuning itu kurang lebih setengah taun awalnya sih gk curiga cuma kesini kesini jadi kepikiran karena keseringan mengalaminya … Untuk cara mengatasinya gimana mohon kasih saran dok mau itu dengan obat atau konsultasi dulu agar lebih terperinci agar tau awalnya datang dari mana ,, makasih dok di tunggu bls’an nya

  • Oleh : Saepudin
  • Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Makanan Pemicu Keguguran

  • Oleh : Nenden Mustika
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

  • Oleh : Nenden Mustika
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Terlambat Haid 2 Bulan

  • Oleh : Een Kumala
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat Malam..
    Saya mau konsultasi ke bu bidan.
    saya sudah tidak haid 2 bulan lebih 2 hari.
    itu karna apa ya bu?

    saya single.
    saya takuf kalau ada sesuatu ditubuh saya.
    siklus menstruasi saya berubah” kadang sesuai kadang lebih dari 35 hari.

    saya biasa nya konsumsi Sangobion Femine untuk melancarkan haid..

    apakah bisa dibantu bu?

  • Oleh : Een Kumala
  • Tanya Bidan